9 Tips Aman dan Nyaman Bepergian Bagi Penderita Asam Urat, Cegah Serangannya!

Selasa 28 Mei 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi - Bagi penderita asam urat mesti mengetahui tips saat bepergian keluar rumah. (Sumber : Freepik.com/@prostooleh).

Ilustrasi - Bagi penderita asam urat mesti mengetahui tips saat bepergian keluar rumah. (Sumber : Freepik.com/@prostooleh).

SUKABUMIUPDATE.com - Serangan asam urat bisa menjadi hal yang menakutkan saat kambuh. Apalagi kemungkinan kambuhnya penyakit ini saat dalam perjalanan atau ke luar negeri dapat mengganggu perjalanan kerja atau liburan.

Mengikuti langkah-langkah antisipasi dan pencegahan sebelum atau selama perjalanan dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman bebas rasa sakit. Serangan asam urat dapat diatasi saat Anda bepergian keluar rumah.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah serangan asam urat saat bepergian keluar rumah, dihimpun dari laman healthcentral.

Baca Juga: 5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

1. Perhatikan Kebiasaan Sehari-hari Anda

Jika Anda berencana bepergian, hindari pemicu asam urat dengan memperhatikan pola makan, tingkat stres, dan hidrasi selama minggu-minggu menjelang perjalanan. Cobalah untuk tetap rileks dan tidur malam yang nyenyak.

Tetap terhidrasi dengan meminum air sesuai jumlah yang disarankan setiap hari, dan jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang Anda tahu mengandung purin tinggi atau memicu asam urat.

2. Bawalah Selalu Obat Bersamamu

Saat bepergian, pastikan untuk mengemas obat resep Anda. Simpan di dekat Anda sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya di mana pun Anda berada. Dokter Anda mungkin dapat menulis resep perjalanan jika Anda mengalami serangan saat jauh dari rumah.

Baca Juga: Memahami Bagaimana Kristal Asam Urat Terbentuk dan 3 Cara Mengobatinya

Jika Anda tidak memiliki resep atau lupa obat, ingatlah bahwa sebagian besar apotek bekerja dengan sistem yang sama dan dapat membantu Anda mendapatkan obat yang Anda perlukan.

3. Teruslah Bergerak

Olahraga dan gerak adalah kunci untuk mengatasi asam urat. Tambahkan sirkulasi darah yang lambat ke tingkat asam urat yang sudah tinggi dan Anda rentan terhadap serangan asam urat.

Ingatlah hal ini saat bepergian dengan pesawat atau kereta api di mana Anda mungkin duduk di ruangan kecil dengan sedikit ruang untuk kaki dalam waktu lama. Berjalan-jalanlah di gang untuk menjaga sirkulasi darah Anda.

Baca Juga: 6 Makanan yang Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Darah

Jika Anda sedang mengemudi, sering-seringlah berhenti untuk berjalan dan melakukan peregangan. Selain itu, jaga agar kaki Anda tetap hangat dengan kaus kaki dan sepatu yang nyaman.

4. Tetap Terhidrasi

Dehidrasi dapat memicu serangan asam urat, jadi pastikan Anda membawa air dan minum cukup air agar urine Anda hampir jernih . Jika bisa, bepergianlah dengan membawa minuman Anda sendiri.

Pertimbangkan untuk mengemas air alkali dan jus ceri atau seledri, yang mengurangi risiko serangan asam urat dengan mencegah asam urat diserap kembali dan mendorong pelepasannya.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Asam Urat yang Harus Anda Ketahui, Si Nyeri Sendi yang Tak Terduga

Sebaiknya hindari cairan pemicu asam urat seperti minuman beralkohol, dan minuman manis dengan sirup jagung fruktosa tinggi.

5. Persiapkan Asupan Makanan Anda

Sebelum Anda tiba di tujuan, cari tahu toko kelontong atau toko makanan kesehatan terdekat. Ambil buah-buahan dan sayuran yang bisa Anda simpan di kamar dan makan saat bepergian.

Buatlah pilihan yang sehat saat makan di luar dengan menghindari makanan tinggi purin seperti jeroan, daging merah, dan makanan laut, dan batasi protein dari daging hingga 4 hingga 7 ons. per hari.

Baca Juga: 8 Pemicu Utama Asam Urat yang Harus Dihindari Jika Ingin Sembuh

6. Makan Makanan yang Akan Membantu

Daripada daging, makanlah produk susu rendah lemak atau bebas lemak, yang tinggi protein dan menurunkan asam urat. Kacang atau lentil memiliki kadar purin sedang dan merupakan sumber protein yang baik.

Sayuran yang tinggi purin tidak mempengaruhi asam urat, jadi fokus pada pola makan sehat yang kaya buah-buahan dan sayuran sangat ideal untuk menjaga kesehatan saat Anda bepergian.

7. Suplemen

Suplemen mudah dikemas dan mencegah serangan asam urat dengan menurunkan asam urat. The Arthritis Foundation merekomendasikan asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, dan methylsulfonylmethane (MSM) untuk menurunkan peradangan.

Baca Juga: 5 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat Jangka Panjang, Dijamin Efektif!

Asam folat untuk memecah homosistein (penyumbang kadar asam urat tinggi) dan vitamin C untuk mengurangi serangan asam urat serta herbal seperti kunyit, jahe, dan bromelain untuk efek anti inflamasinya.

8. Harus Tetap Olahraga

Menjaga rutinitas olahraga teratur membantu mengatasi asam urat, dan bepergian bukanlah waktu yang tepat untuk berhenti melakukannya karena tidak aktif akan memperburuk kondisi Anda.

Jika Anda tidak dapat pergi ke gym terdekat, latihan kardio berdampak rendah seperti jalan cepat dapat dilakukan di mana saja. Jika Anda sedang berlibur ke pantai, berenang membantu mobilitas dan fungsi persendian Anda. Ada juga banyak latihan sederhana semudah peregangan yang bisa Anda lakukan dalam kenyamanan kamar tidur Anda.

Baca Juga: 3 Pengobatan Rumahan untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Cepat Atau Instan

9. Jadwalkan Hari-hari Anda

Rencanakan sebelumnya untuk mengurangi kemungkinan Anda terkena serangan asam urat. Jadwalkan pengingat untuk membantu Anda mengingat untuk meminum obat yang diresepkan, minum air, dan makan makanan seimbang. Bersiap juga membantu menghilangkan stres terkait perjalanan, pemicu lain serangan asam urat.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.