Menurunkan Berat Badan, 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Pisang untuk Kesehatan

Senin 29 April 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.  (Sumber : pexels.com/@Dom J)

Ilustrasi - Pisang merupakan sumber karbohidrat, serat, potasium, dan vitamin B6 yang baik. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. (Sumber : pexels.com/@Dom J)

SUKABUMIUPDATE.com - Pisang adalah buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini memanjang dengan ujung yang membulat dan berwarna kuning saat matang. Pisang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut.

Mengutip Halodoc, buah pisang mengandung serat yang tinggi dan merupakan sumber potasium, vitamin C, hingga antioksidan. Berikut ini kandungan nutrisi yang ada di dalam 100 gram pisang yang sudah matang:

  • Kalori: 89
  • Air: 75 persen
  • Protein: 1,1 gram
  • Karbohidrat: 22,8 gram
  • Gula: 12,2 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Lemak: 0,3 gram

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan mengkonsumsi buah pisang:

1. Baik untuk Pencernaan

Buah pisang mengandung serat makanan yang larut dalam air, seperti pektin. Serat ini membantu melancarkan pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus. Hal ini dapat membantu mencegah atau mengatasi masalah seperti sembelit.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Pisang mengandung kalium, mineral yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dengan mengimbangi efek natrium dalam tubuh. Ini dapat membantu mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi), yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

3. Menurunkan Berat Badan

Pisang adalah camilan yang rendah kalori, yang berarti Anda dapat mengonsumsinya tanpa khawatir terlalu banyak konsumsi kalori. Satu pisang ukuran sedang biasanya mengandung sekitar 105 kalori.

Mengandung serat makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan dan membuat mengonsumsi pisang akan merasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat.

Buah berwarna kuning ini juga dapat digunakan sebagai pengganti makanan tinggi lemak dan gula dalam hidangan atau camilan Anda. Menggantikan camilan tinggi kalori dengan pisang dapat membantu mengurangi asupan kalori harian Anda.

4. Sumber Energi

Bisa menjadi sumber energi, sebab pisang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, terutama dalam bentuk pati dan gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Karbohidrat adalah sumber utama energi dalam diet manusia, dan mereka memberikan energi yang diperlukan untuk beraktivitas sehari-hari.

5. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat dalam pisang bisa membantu atasi anemia meskipun dalam jumlah kecil. Zat besi adalah nutrisi penting yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Konsumsi zat besi yang cukup sangat penting untuk mengatasi anemia defisiensi zat besi.

6. Tingkatkan Kesuburan Pria

Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang, berperan penting dalam produksi hormon seks pria, termasuk testosteron. Hormon testosteron memainkan peran kunci dalam regulasi kesuburan dan produksi sperma yang sehat.

Buah pisang mengandung asam amino arginin, yang telah dikaitkan dengan peningkatan produksi sperma dan motilitas (gerakan sperma). Arginin juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi pria.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah pisang mengandung asam amino bernama triptofan. Triptofan adalah bahan dasar pembentukan serotonin, neurotransmitter yang dapat membantu mengatur tidur dan mood. Ketika tubuh mengubah triptofan menjadi serotonin, ini dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan lebih rileks, yang mendukung tidur yang lebih baik.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)