Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Kamis 25 April 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)

Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Lidah buaya merupakan tanaman mirip kaktus yang telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat untuk mengatasi ruam, luka bakar, luka, dan kondisi kulit lainnya.

Selain penggunaan luar, lidah buaya dianggap oleh beberapa orang dapat mengobati sembelit, mulas, dan hiperglikemia(gula darah tinggi) bila dikonsumsi. Lidah buaya sendiri banyak tersedia dalam bentuk jus, suplemen makanan, bahan dalam krim wajah, losion tubuh, dan salep kulit.

Berikut adalah beberapa penelitian yang mengatakan tentang kemungkinan manfaat lidah buaya bagi kesehatan, dikutip dari verywellheath:

1. Penyembuhan luka

Gel lidah buaya yang dioleskan pada kulit diklaim dapat mempercepat penyembuhan luka, termasuk luka seperti:

  • Terbakar sinar matahari
  • Luka bakar termal
  • Radang dingin
  • Luka bedah
  • Bisul kulit
  • Sariawan di mulut
  • Luka baring

Tinjauan studi tahun 2019 menyimpulkan bahwa lidah buaya lebih efektif daripada petroleum jelly, framycetinkrim antibiotik, dan salep perak sulfadiazin 1% dalam penyembuhan berbagai macam luka, antara lain luka bakar, luka operasi, dan luka baring.

Hal ini juga tampaknya mengurangi rasa sakit selama penyembuhan, salah satunya dengan menjaga jaringan bekas luka tetap terhidrasi dengan baik dan fleksibel.

2. Kesehatan Kulit dan Penuaan

Meskipun beberapa orang mempromosikan lidah buaya sebagai anti-penuaan, hanya ada sedikit bukti bahwa lidah buaya dalam bentuk apapun dapat membalikkan tanda-tanda penuaan pada tingkat sel. Namun, hal ini memiliki manfaat yang pasti bagi kesehatan kulit yang menua secara keseluruhan.

Selain meningkatkan pergantian sel kulit dan mempertahankan kelembapan, gel lidah buaya mengandung antioksidan dan senyawa pelindung UV yang dapat mencegah kerusakan kulit jangka panjang dan photoaging.

Beberapa penelitian bahkan melaporkan bahwa penggunaan lidah buaya setiap hari dapat secara signifikan mengurangi kerutan dan perubahan warna yang terlihat.

3. Mengobati Penyakit Gigi dan Gusi

Ketika dioleskan pada gigi dan gusi, lidah buaya dapat mengurangi penumpukan plak gigi dan pada gilirannya mengurangi risiko gigi berlubang dan penyakit gusi. Sebuah studi tahun 2015 di Contemporary Clinical Dentistry menemukan bahwa efek antibakteri lidah buaya mengurangi bakteri yang mendorong pertumbuhan plak dan perkembangan gigi berlubang.

Ketika digunakan sebagai obat kumur dengan menyikat gigi setiap hari, lidah buaya juga terbukti mencegah radang gusi dan penyakit periodontal (gusi).

4. Mengatasi Refluks Asam dan Mulas

Lidah buaya, bila dikonsumsi secara internal, diperkirakan dapat mengurangi refluks asam dan mulas dengan memperlambat produksi asam lambung. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa dalam lidah buaya dapat mengubah poros usus-otak (GBA) yang mengatur pencernaan, termasuk produksi asam.

Sebuah studi percontohan kecil menyelidiki hipotesis pada orang dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Para peneliti menemukan bahwa sirup lidah buaya mengurangi gejala refluks asam serta obat Prilosec (omeprazole) yang biasa digunakan untuk mengobati GERD.

5. Sembelit

Lidah buaya mempunyai efek pencahar yang kuat yang mungkin berguna dalam pengobatan sembelit sesekali. Tampaknya bertindak serupa dengan obat pencahar stimulan seperti Dulcolax (bisacodyl) yang meningkatkan motilitas usus (kontraksi usus yang memindahkan makanan melalui usus).

Dalam penelitian, lidah buaya terbukti bermanfaat bagi orang-orang yang tidak hanya menderita sindrom iritasi usus besar (IBS-C) yang didominasi sembelit, tetapi juga sindrom iritasi usus besar yang didominasi diare (IBS-D). Hal ini diduga dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare.

6. Diabetes dan Kolesterol Tinggi

Masih ada perdebatan mengenai apakah lidah buaya dapat menurunkan glukosa darah (gula) dengan cara yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 Para pendukungnya berpendapat bahwa hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan sensitivitas insulin (di mana sel lebih mampu menyerap glukosa dalam darah).

Tinjauan studi tahun 2021 yang melibatkan 1.315 peserta menyimpulkan terdapat bukti “moderat” bahwa lidah buaya dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Di sisi lain, terdapat bukti “sedang hingga tinggi” yang menyatakan bahwa hal tersebut dapat mencegah perkembangan penyakit pada orang dengan pradiabetes .

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist
Musik04 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya

Simak Lirik dan Terjemahan Too Much Of A Good Thing Berikut, Lagu Niki Zefanya yang Baru Dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024.
Official Music Video Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya (Sumber : YouTube/NIKI)
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic
Sukabumi04 Mei 2024, 15:45 WIB

Usia 20 Tahun, Ini Tampang Pelaku Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Parungkuda.
Tampang pelaku pembunuhan pembantu di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock