Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Kamis 18 April 2024, 19:45 WIB
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)

Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)

SUKABUMIUPDATE.com - Pradiabetes terjadi ketika kadar gula darah Anda lebih tinggi dari rata-rata namun tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes tipe 2. Meskipun pradiabetes dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, Anda dapat mencegah atau menunda timbulnya penyakit ini dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Berikut adalah beberapa makanan yang wajib dihindari bagi Anda penderita pradiabetes, dikutip dari verywellhealth.

1. Karbohidrat Halus

Karbohidrat olahan ( karbohidrat sederhana ) dicerna dengan cepat dan memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi. Indeks glikemik adalah alat yang membantu Anda memahami bagaimana berbagai karbohidrat memengaruhi kadar gula darah.

Baca Juga: Mengontrol Gula Darah: Alasan Mengonsumsi Nasi Merah Baik untuk Anda Penderita Diabetes

Semakin tinggi nilai indeks GI suatu makanan, maka semakin cepat pula makanan tersebut dipecah oleh tubuh. Karbohidrat dengan GI tinggi meningkatkan gula darah dengan cepat.

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, tepung putih, kue kering, dan makanan ringan telah dihilangkan serat dan nutrisi penting lainnya. Karena karbohidrat olahan kekurangan serat yang membantu Anda merasa kenyang (kenyang dan kenyang setelah makan), karbohidrat cenderung membuat Anda lapar segera setelah makan.

Studi menunjukkan bahwa pola makan tinggi karbohidrat olahan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan penyakit jantung.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

2. Kue dan Kue Manis

Kue-kue manis, donat, kue tar, dan pai mengandung tambahan gula, lemak jenuh, dan kalori yang tinggi, semuanya terkait dengan obesitas, diabetes tipe 2, peradangan, dan penyakit jantung.

Selain menawarkan sedikit atau bahkan tidak ada nilai gizinya, makanan penutup dan kue kering dibuat dari produk susu, gula, dan tepung, yang diketahui menyebabkan lonjakan gula darah.

3. Minuman Manis

Minuman manis, termasuk soda biasa, jus buah, minuman olahraga, minuman energi, serta teh dan kopi dengan tambahan gula, merupakan sumber gula tambahan nomor satu dalam makanan.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Meskipun tidak ada rekomendasi gula yang pasti bagi penderita pradiabetes, batasan gula tambahan adalah kurang dari 25 gram (6 sendok teh) gula untuk sebagian besar wanita dan kurang dari 36 gram (9 sendok teh) gula untuk sebagian besar pria.

Studi menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula (SSB) dapat mengubah metabolisme glukosa, yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Asupan SSB yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.

4. Sereal Manis

Sereal manis panas dan dingin seringkali rendah nutrisi, tinggi gula tambahan, dan dibuat dengan karbohidrat olahan. Sebuah penelitian menemukan rata-rata kandungan gula pada sereal sarapan adalah 20 gram untuk setiap 100 gram porsi.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

Sereal sarapan yang dipasarkan untuk anak-anak biasanya mengandung lebih banyak gula dibandingkan sereal dewasa.

5. Lemak Jenuh

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dan tinggi lemak jenuh menurunkan sensitivitas insulin, yang mungkin berkontribusi pada perkembangan diabetes. Lemak jenuh antara lain mentega, saus krim, daging berlemak tinggi, kulit ayam atau kalkun, dan minyak kelapa.

Lemak jenuh juga dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Kebanyakan orang dewasa harus berusaha mendapatkan kurang dari 10% kalori harian mereka dari lemak jenuh. Misalnya, seseorang yang mengonsumsi makanan 2.000 kalori harus membatasi asupan lemak jenuhnya hingga 20 gram atau kurang.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi: Cara Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

6. Daging Olahan

Daging olahan cenderung memiliki jumlah lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan protein lainnya. Mereka juga tinggi natrium. Beberapa penelitian menghubungkan pola makan tinggi daging olahan, seperti bacon, sosis, salami, hot dog, dan daging makan siang, dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker .

7. Buah Kering

Buah-buahan kering kehilangan air dan volume selama proses pengeringan. Akibatnya, kandungan nutrisi, kalori, dan gulanya menjadi lebih pekat dibandingkan jenis segar utuh.

Buah kering mungkin juga memiliki tambahan gula selama pemrosesan, yang dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah.

Baca Juga: Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

8. Yoghurt Rasa

Meskipun yogurt adalah sumber nutrisi yang baik dan dapat menjadi camilan yang baik untuk penderita pradiabetes, banyak yogurt rasa buah yang mengandung banyak gula. Ini termasuk yogurt dengan buah di bagian bawah dan yogurt dengan topping tambahan, seperti granola, kacang-kacangan, dan permen.

9. Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan makanan yang perlu Anda batasi, terutama jika Anda menderita pradiabetes. Kentang sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti menyebabkan gula darah dan insulin meningkat dengan cepat.

Studi juga menunjukkan bahwa sering mengonsumsi gorengan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan. Secara khusus, satu meta-analisis menemukan bahwa makan tiga porsi kentang goreng per minggu meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hampir 19%.

10. Bumbu Manis, Saus Salad, Selai

Meningkatkan cita rasa makanan Anda melalui bumbu, herba, dan rempah-rempah penting untuk menikmati diet pradiabetes. Namun beberapa saus dan bumbu salad, seperti saus tomat, saus barbekyu, mustard madu, dan saus Perancis yang dibuat secara komersial, mengandung natrium, karbohidrat, lemak, dan kalori dalam jumlah tinggi.

Selain itu, banyak dressing bebas lemak mengandung lebih banyak karbohidrat dibandingkan versi biasa karena lemaknya diganti dengan gula.

Jeli dan selai adalah sumber gula tambahan dan alami yang tersembunyi. Meskipun dibuat dari buah, banyak yang menambahkan gula untuk meningkatkan rasa dan membantu pembentukan gel.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 19:30 WIB

7 Sikap Sederhana yang Membuat Kamu Bisa Dikagumi Banyak Orang

Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan.
Ilustrasi - Ingatlah bahwa sikap-sikap sederhana ini tidak datang dengan sendirinya. Dibutuhkan usaha dan latihan untuk menjadikannya kebiasaan. (Sumber : Freepik.com)
Sehat01 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi carilah pola tidur yang paling cocok untuk penderita asam urat dan konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah tidur yang berkelanjutan.
Ilustrasi. Nyenyak. Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Life01 Mei 2024, 18:49 WIB

6 Rahasia agar Selalu Dipercaya Orang Lain Secara Konsisten, Ini Caranya

Setiap orang harus belajar dan menerapkan prinsip bagaimana caranya agar selalu dipercaya orang lain dalam hidupnya.
Ilustrasi. Berikut cara selalu dipercaya orang lain. | Sumber foto : Pexels/ Tima Miroshnichenko