Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Kamis 18 April 2024, 19:45 WIB
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)

Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)

SUKABUMIUPDATE.com - Pradiabetes terjadi ketika kadar gula darah Anda lebih tinggi dari rata-rata namun tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes tipe 2. Meskipun pradiabetes dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, Anda dapat mencegah atau menunda timbulnya penyakit ini dengan melakukan perubahan gaya hidup.

Berikut adalah beberapa makanan yang wajib dihindari bagi Anda penderita pradiabetes, dikutip dari verywellhealth.

1. Karbohidrat Halus

Karbohidrat olahan ( karbohidrat sederhana ) dicerna dengan cepat dan memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi. Indeks glikemik adalah alat yang membantu Anda memahami bagaimana berbagai karbohidrat memengaruhi kadar gula darah.

Baca Juga: Mengontrol Gula Darah: Alasan Mengonsumsi Nasi Merah Baik untuk Anda Penderita Diabetes

Semakin tinggi nilai indeks GI suatu makanan, maka semakin cepat pula makanan tersebut dipecah oleh tubuh. Karbohidrat dengan GI tinggi meningkatkan gula darah dengan cepat.

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, tepung putih, kue kering, dan makanan ringan telah dihilangkan serat dan nutrisi penting lainnya. Karena karbohidrat olahan kekurangan serat yang membantu Anda merasa kenyang (kenyang dan kenyang setelah makan), karbohidrat cenderung membuat Anda lapar segera setelah makan.

Studi menunjukkan bahwa pola makan tinggi karbohidrat olahan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan penyakit jantung.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

2. Kue dan Kue Manis

Kue-kue manis, donat, kue tar, dan pai mengandung tambahan gula, lemak jenuh, dan kalori yang tinggi, semuanya terkait dengan obesitas, diabetes tipe 2, peradangan, dan penyakit jantung.

Selain menawarkan sedikit atau bahkan tidak ada nilai gizinya, makanan penutup dan kue kering dibuat dari produk susu, gula, dan tepung, yang diketahui menyebabkan lonjakan gula darah.

3. Minuman Manis

Minuman manis, termasuk soda biasa, jus buah, minuman olahraga, minuman energi, serta teh dan kopi dengan tambahan gula, merupakan sumber gula tambahan nomor satu dalam makanan.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Meskipun tidak ada rekomendasi gula yang pasti bagi penderita pradiabetes, batasan gula tambahan adalah kurang dari 25 gram (6 sendok teh) gula untuk sebagian besar wanita dan kurang dari 36 gram (9 sendok teh) gula untuk sebagian besar pria.

Studi menunjukkan bahwa minuman yang dimaniskan dengan gula (SSB) dapat mengubah metabolisme glukosa, yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Asupan SSB yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.

4. Sereal Manis

Sereal manis panas dan dingin seringkali rendah nutrisi, tinggi gula tambahan, dan dibuat dengan karbohidrat olahan. Sebuah penelitian menemukan rata-rata kandungan gula pada sereal sarapan adalah 20 gram untuk setiap 100 gram porsi.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

Sereal sarapan yang dipasarkan untuk anak-anak biasanya mengandung lebih banyak gula dibandingkan sereal dewasa.

5. Lemak Jenuh

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dan tinggi lemak jenuh menurunkan sensitivitas insulin, yang mungkin berkontribusi pada perkembangan diabetes. Lemak jenuh antara lain mentega, saus krim, daging berlemak tinggi, kulit ayam atau kalkun, dan minyak kelapa.

Lemak jenuh juga dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Kebanyakan orang dewasa harus berusaha mendapatkan kurang dari 10% kalori harian mereka dari lemak jenuh. Misalnya, seseorang yang mengonsumsi makanan 2.000 kalori harus membatasi asupan lemak jenuhnya hingga 20 gram atau kurang.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi: Cara Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

6. Daging Olahan

Daging olahan cenderung memiliki jumlah lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan protein lainnya. Mereka juga tinggi natrium. Beberapa penelitian menghubungkan pola makan tinggi daging olahan, seperti bacon, sosis, salami, hot dog, dan daging makan siang, dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker .

7. Buah Kering

Buah-buahan kering kehilangan air dan volume selama proses pengeringan. Akibatnya, kandungan nutrisi, kalori, dan gulanya menjadi lebih pekat dibandingkan jenis segar utuh.

Buah kering mungkin juga memiliki tambahan gula selama pemrosesan, yang dapat berkontribusi pada peningkatan kadar gula darah.

Baca Juga: Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

8. Yoghurt Rasa

Meskipun yogurt adalah sumber nutrisi yang baik dan dapat menjadi camilan yang baik untuk penderita pradiabetes, banyak yogurt rasa buah yang mengandung banyak gula. Ini termasuk yogurt dengan buah di bagian bawah dan yogurt dengan topping tambahan, seperti granola, kacang-kacangan, dan permen.

9. Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan makanan yang perlu Anda batasi, terutama jika Anda menderita pradiabetes. Kentang sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti menyebabkan gula darah dan insulin meningkat dengan cepat.

Studi juga menunjukkan bahwa sering mengonsumsi gorengan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 secara signifikan. Secara khusus, satu meta-analisis menemukan bahwa makan tiga porsi kentang goreng per minggu meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hampir 19%.

10. Bumbu Manis, Saus Salad, Selai

Meningkatkan cita rasa makanan Anda melalui bumbu, herba, dan rempah-rempah penting untuk menikmati diet pradiabetes. Namun beberapa saus dan bumbu salad, seperti saus tomat, saus barbekyu, mustard madu, dan saus Perancis yang dibuat secara komersial, mengandung natrium, karbohidrat, lemak, dan kalori dalam jumlah tinggi.

Selain itu, banyak dressing bebas lemak mengandung lebih banyak karbohidrat dibandingkan versi biasa karena lemaknya diganti dengan gula.

Jeli dan selai adalah sumber gula tambahan dan alami yang tersembunyi. Meskipun dibuat dari buah, banyak yang menambahkan gula untuk meningkatkan rasa dan membantu pembentukan gel.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat27 Juli 2024, 12:12 WIB

Jabar Jago Wacana Miskin Eksekusi, Catatan Hasim Adnan Soal Kinerja Pemprov Jabar

Catatan kritis disampaikan oleh anggota DPRD Jawa Barat, Hasim Adnan dalam sorotan kinerja pemerintah daerah provinsi di masa transisi.
Anggota DPRD Jabar dari fraksi kebangkitan bangsa Hasim Adnan (Sumber: istimewa)
Life27 Juli 2024, 12:00 WIB

8 Cara Mendidik Sikap Sopan Santun pada Anak, Nomor 1 Paling Penting!

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua dan orang dewasa di sekitar mereka. Jadi, menjadi teladan yang baik adalah langkah pertama yang penting untuk mendidik anak agar bersikap sopan santun.
Ilustrasi. Buat aturan mengenai perilaku yang diharapkan dan tegakkan dengan konsisten bisa membantu orang tua untuk mendidik anak agar bersikap sopan santun. (Sumber : Freepik/@user15285612)
Life27 Juli 2024, 11:18 WIB

Yuk! Pahami Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya

Seperti yang terjadi baru-baru ini kasus bullying atau perundungan yang dialami oleh NCL berusia 10 tahun, seorang pelajar SD di Kota Sukabumi menjadi korban dan mengalami pendarahan obat dan ketergantungan obat.
Ilustrasi. Artikel Dampak Bullying di Sekolah dan Cara Mengatasinya (Sumber: Pinterest)
Sukabumi Memilih27 Juli 2024, 11:03 WIB

Panwaslu Kalibunder Sosialisasikan Netralitas ASN dan Penguatan PKD untuk Pilkada Sukabumi

Antisipasi pelanggaran di Pilkada 2024, Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan Netralitas ASN.
Panwaslu Kalibunder Sukabumi gelar sosialisasi pengawasan ASN untuk antisipasi pelanggaran Pikada 2024. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel27 Juli 2024, 11:00 WIB

10 Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Ada Kentang hingga Ubi Jalar

Memvariasikan sumber karbohidrat dalam diet dapat membantu memastikan asupan nutrisi yang seimbang dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Kaya akan pati dan serat, kentang adalah salah satu makanan sumber karbohidrat yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sukabumi27 Juli 2024, 10:42 WIB

Heboh Roti Okko Pakai Pengawet Kosmetik, Pemilik Warung di Sukabumi: Sales Gak Datang Lagi

Pemilik Warung di Sukabumi ungkap sejak dua bulan kebelakang tak mendapat suplai Roti Okko setelah dikabarkan mengandung bahan pengawet kosmetik.
Roti Okko. (Sumber Foto : rotiokko.com)
Life27 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Wanita Suka Sama Kita Tapi Dia Cuek, Malu-malu Kucing!

Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya.
Ilustrasi - Mengetahui apakah seorang wanita menyukaimu meski terlihat cuek bisa menjadi tantangan. Namun, ada beberapa tanda yang dapat membantumu memahami perasaannya. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan27 Juli 2024, 09:44 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Rilis Laporan Kinerja Tahun 2023, Ini Dia Prestasinya

Salah satunya, BPJS Ketenagakerjaan berhasil mencatatkan pertumbuhan kepesertaan yang baik selama tahun 2023.
Suasana di kantor pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. (Sumber : Dok. BPJS Ketenagakerjaan)
Nasional27 Juli 2024, 09:31 WIB

Hadiri JMS 2024, Pj Gubernur Optimistis Jatim Episentrum Baru Industri Media

Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menghadiri Jatim Media Summit 2024 di Ballroom Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Kamis (25/7/2024).
CEO Suara.com Suwarjono dan CEO beritajatim.com Dwi Eko Lokononto memberikan cinderamata ke Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono di Jatim Media Summit (JMS) 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)