Hati-hati Lonjakan Gula Darah! 7 Makanan Tidak Sehat untuk Penderita Diabetes

Senin 25 Maret 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Memperhatikan asupan makanan sangat penting bagi anda yang memiliki gula darah. (Sumber : Freepik.com/@cottonbro studio).

Ilustrasi - Memperhatikan asupan makanan sangat penting bagi anda yang memiliki gula darah. (Sumber : Freepik.com/@cottonbro studio).

SUKABUMIUPDATE.com - Meskipun Anda menderita diabetes, tetap menjadi sehat  adalah tentang membuat keputusan yang baik. Segala sesuatu yang Anda konsumsi merupakan suatu hal yang paling penting. 

Anda mungkin tahu bahwa karbohidrat dapat mempengaruhi Anda. Tapi begitu juga jenis makanan lainnya dan harus memahaminya. Beberapa makanan yang tampaknya tidak berbahaya atau bahkan menyehatkan dapat meningkatkan gula darah atau menyebabkan peradangan.

Itu tentunya sangat berbahaya jika Anda menderita diabetes. Disisi lain, beberapa makanan tersebut mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Serangan Diabetes? Gula Darah Tinggi dan Rendah

Mengetahui bagaimana makanan mempengaruhi Anda dapat membantu Anda menghindari komplikasi terkait diabetes. Berikut kami informasikan kepada Anda makanan apa saja yang tidak sehat untuk diabetes, dikutip dari verrywellhealth.

Dasar-dasar Karbohidrat

Untuk lebih memahami mengapa makanan tertentu tidak dianjurkan, ada baiknya untuk memulai dengan dasar-dasar tentang apa yang membuat suatu makanan menjadi pilihan yang tidak sehat.

Jika Anda menderita diabetes, Anda perlu mengikuti diet rendah karbohidrat. Itu karena terlalu banyak karbohidrat bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak. Gula darah tinggi, yang dikenal sebagai hiperglikemia, menyebabkan masalah kesehatan langsung dan jangka panjang jika Anda menderita diabetes. 

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Aktivitas

Kebanyakan penderita diabetes belajar menghitung karbohidrat mereka untuk memastikan mereka tidak mengonsumsi terlalu banyak dalam satu hari. Ketika setiap karbohidrat penting, Anda perlu mempertimbangkan pilihan Anda dengan hati-hati.

Tujuannya adalah menghindari atau membatasi karbohidrat sederhana dan memasukkan sebagian besar (jika tidak semua) karbohidrat kompleks.

1. Karbohidrat Sederhana (Gula Sederhana)

Karbohidrat sederhana mengacu pada jenis manis. Gula rafinasi, gula meja, permen, minuman ringan, dan produk dengan banyak “tambahan gula” dihitung sebagai gula sederhana.

Baca Juga: Bisa Anda Coba di Rumah, 7 Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Asam Urat

Batasi semua ini. Gula ini diserap dengan cepat oleh tubuh sehingga menyebabkan penumpukan gula dalam aliran darah.

Biasanya tubuh mengontrol gula darah dengan membuat insulin , hormon yang menyeimbangkan kadar gula. Jika Anda menderita diabetes tipe 2, tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar, yang disebut resistensi insulin. 

Saat kadar gula darah meningkat, tubuh seharusnya memproduksi lebih banyak insulin sebagai kompensasinya, namun pada diabetes tipe 2, hal ini juga tidak terjadi. Akibatnya gula darah tidak dapat disimpan untuk energi sehingga menyebabkan kadar gula darah tinggi. 

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Cek Kadar Gula Darah? Penderita Diabetes Tipe 1 dan 2 Simak Disini

Buah-buahan dan sayuran segar termasuk dalam kategori gula sederhana. Namun makanan ini lebih sehat dibandingkan permen, makanan panggang, dan makanan olahan karena juga mengandung serat. Serat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Ini mencegah gula darah melonjak.

2. Lemak Jenuh

Lemak jenuh biasanya ditemukan pada daging, mentega, susu, keju, mentega, lemak babi, dan saus krim. Ada minyak, seperti minyak kelapa dan minyak sawit, yang juga tinggi lemak jenuhnya. Makanan yang digoreng biasanya sangat tinggi lemak jenuhnya.

Pola makan tinggi lemak jenuh dapat menyebabkan resistensi insulin. Dengan resistensi insulin, tubuh Anda tidak menggunakan insulin dengan benar. Hal ini menurunkan gula darah Anda dan menyebabkan banyak komplikasi yang terkait dengan pradiabetes dan diabetes tipe 2. 

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Makanan yang tinggi lemak jenuhnya seringkali juga tinggi kolesterol. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung, terutama pada penderita diabetes tipe 2.  

3. Lemak Trans

Lemak trans bahkan lebih buruk bagi penderita diabetes dibandingkan lemak jenuh. Lemak ini terbentuk ketika minyak cair diubah menjadi lemak padat proses kimia yang disebut hidrogenasi.

Lemak trans ditemukan dalam makanan seperti:

  • Makanan ringan kemasan (kerupuk, keripik, dll.)
  • Makanan panggang yang dibeli di toko (muffin, kue kering, kue)
  • Beberapa item makanan cepat saji seperti kentang goreng

Seperti lemak jenuh, lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Untuk pola makan yang menyehatkan jantung, makanlah lemak trans sesedikit mungkin.

Baca Juga: Kenali Kadar Gula Darah Berbahaya Pada Penderita Diabetes, Yuk Simak Disini!

4. Makanan Beku

Sangat mudah untuk memasukkan sesuatu ke dalam oven atau microwave selama beberapa menit, menghangatkannya, dan menyajikannya. Beberapa dari makanan siap saji ini mungkin tampak cukup menyehatkan. Ayam beku, misalnya, sepertinya tidak terlalu buruk.

Namun, jika daging ayam banyak diproses, ayam pun mungkin merupakan pilihan yang buruk bagi penderita diabetes. Makanan yang telah dimasak sebelumnya dan dijual dalam keadaan beku sering kali mengandung bahan tambahan dan bahan kimia, yang dapat membuatnya kurang bergizi. 

Biasanya juga dibungkus dengan tepung roti, yang memberikan indeks glikemik lebih tinggi dan meningkatkan kandungan lemak. Kelemahan utama lainnya adalah kandungan natrium. Makanan beku seringkali mengandung natrium dalam jumlah besar, yang berasal dari tambahan garam.

Baca Juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia Setelah Makan? Ini Kisarannya

Penderita diabetes sudah berisiko mengalami masalah ini, dan terlalu banyak garam meningkatkan risiko tersebut.

5. Sandwich 

Sandwich menawarkan kesempatan sempurna untuk menikmati makan siang yang seimbang. Protein dan sayuran tanpa lemak, dengan atau tanpa roti gandum, merupakan makanan cepat saji yang ramah diabetes.

Tapi sandwich juga bisa cepat rusak. Daging olahan adalah salah satu masalahnya, karena biasanya mengandung banyak garam. Bumbu juga menjadi perhatian khususnya mayones.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Stabil Setelah Makan: 3 Tips Ini Perlu Dilakukan untuk Hindari Lonjakan

Mayo rendah karbohidrat, dan itu bagus. Ini tinggi lemak, tapi sebagian besar lemak tak jenuh. Itu juga bagus. Namun, kandungan kalorinya yang tinggi menjadikannya pilihan yang buruk bagi siapa pun yang perlu menjaga berat badan. 

Kebanyakan penderita diabetes harus mewaspadai berat badannya, karena penambahan beberapa kilogram pada individu yang tidak banyak bergerak dapat menambah tekanan pada jantung dan menyebabkan resistensi insulin lebih lanjut.

6. Salad

Semangkuk salad juga terdengar sehat. Sayangnya, makanan tersebut mengandung musuh-musuh umum penderita diabetes: lemak, gula, kalori, dan garam.

Baca Juga: Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Ayam? Simak Kandungan Purin dan Tips Memasaknya

7. Minuman Manis

Tentunya, jika Anda mengurangi gula sederhana, Anda mungkin menyadari bahwa minuman ringan dan jus non-buah adalah pilihan yang buruk. Meminum minuman ini adalah cara mudah untuk mendapatkan terlalu banyak gula. Dan terlalu banyak gula menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan diabetes seperti:

Bahkan smoothie buah yang tampaknya sehat pun bisa menjadi masalah. Makanan yang bisa Anda beli siap saji atau dibuat di toko seringkali diberi tambahan gula. Bahkan membuatnya di rumah pun bisa menyebabkan konsumsi gula tambahan jika Anda tidak hati-hati. 

Misalnya, susu tertentu (misalnya susu vanilla almond) mengandung tambahan gula, kecuali Anda secara khusus membeli jenis susu tanpa pemanis.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On