7 Cara Terbaik Menurunkan Gula Darah dengan Cepat dan Kapan Anda Harus Segera ke Dokter

Rabu 20 Maret 2024, 13:45 WIB
Ilustrasi - Anda dapat menurunkan gula darah dengan cepat dengan beberapa cara ini. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Anda dapat menurunkan gula darah dengan cepat dengan beberapa cara ini. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Jika Anda menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2 , lonjakan glukosa darah yang berbahaya ( hiperglikemia parah ) mungkin berarti Anda harus segera menurunkan kadar gula darah. Jika tidak, Anda mungkin berisiko mengalami komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa. Beberapa gejala utama hiperglikemia termasuk rasa haus yang ekstrem, sering buang air kecil, dan mual.

Secara umum, kadar glukosa darah 180 miligram per desiliter (mg/dL) terlalu tinggi, namun kadar glukosa darah (BGL) di atas kisaran target Anda perlu dikhawatirkan. Dokter harus memberitahu Anda berapa batas kadar gula darah Anda, karena mungkin berbeda untuk setiap orang.

Berikut adalah empat cara terbaik untuk menurunkan gula darah dengan cepat, dan kapan harus menghubungi dokter, dikutip dari verrywellhealt.

Baca Juga: Demi Mengurangi Frekuensi Serangan Asam Urat, Lakukan 5 Tips Ini Agar Tidak Kambuh

1. Ambil Insulin

Metode yang disukai dan tercepat untuk mengobati gula darah tinggi (hiperglikemia) adalah dengan menggunakan insulin kerja cepat seperti Humalog, Novolog, atau Apidra. Jika Anda menderita diabetes tipe 1, Anda mungkin bisa mendapatkan dosis koreksi melalui pompa insulin Anda juga.

Insulin kerja lambat, seperti NPH, tidak menurunkan gula darah dengan cepat. Dibutuhkan beberapa jam untuk bekerja. Oleh karena itu, ini bukan pengobatan yang tepat ketika Anda sangat perlu menurunkan BGL Anda.

Insulin bekerja dengan memindahkan glukosa dari darah ke sel Anda. Di sana, Anda bisa langsung menggunakannya sebagai bahan bakar atau sel Anda menyimpannya untuk nanti ketika Anda tidak memiliki cukup energi untuk memenuhi kebutuhan.

Baca Juga: Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

Pastikan Anda berbicara dengan penyedia layanan kesehatan atau dokter Anda tentang berapa banyak insulin kerja cepat yang harus Anda konsumsi untuk menurunkan BGL yang sangat tinggi.

2. Suntikan Intramuskular

Menyuntikkan insulin langsung ke otot dapat membantu tubuh Anda menyerapnya lebih cepat. Namun, hal ini juga lebih mungkin menyebabkan hipoglikemia, yang bisa menjadi parah. Hal ini juga dapat menyebabkan overdosis insulin yang berpotensi fatal.

Catatan penting: bicarakan dahulu dengan layanan kesehatan atau dokter Anda tentang apakah suntikan intramuskular merupakan ide yang baik selama masa gula darah tinggi. Mereka juga dapat memberi tahu Anda di mana dan bagaimana cara memberikan suntikan semacam ini pada diri Anda sendiri.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

3. Minum Obat yang Terlewatkan

Banyak orang yang menderita diabetes atau gula darah melewatkan obat yang diresepkan dokter. Padahal obat-obatan tersebut dapat membantu menjaga gula darah Anda dalam kisaran normal.

Melewatkan satu dosis obat-obatan ini dapat membuat BGL Anda tinggi. Jika Anda terkejut dengan angka yang tinggi, periksa untuk memastikan Anda meminum dosis terakhir. Menyimpannya di tempat penyortir pil sehari-hari dan bukan di botol membuat hal ini menjadi sederhana.

4. Jangan Lewat Dosis Obat

Jika Anda melewatkan satu dosis obat diabetes, minumlah segera setelah Anda mengingatnya. Namun jangan menggandakan dosis obat yang terlewat terlalu dekat dengan jadwal dosis berikutnya . Hal ini dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Jika ragu, periksa kemasan obat untuk mendapatkan panduan, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda, atau bicarakan dengan apoteker. Jika Anda melewatkan beberapa dosis, hubungi dokter Anda untuk mengetahui tindakan terbaik.

5. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik adalah cara tercepat untuk menurunkan gula darah tanpa obat. Olahraga menurunkan resistensi insulin dan membantu tubuh Anda mengubah glukosa menjadi energi.

Selama kontraksi otot, sel-sel Anda mengambil glukosa dari aliran darah dan menggunakannya sebagai energi. Ini menurunkan gula darah Anda selama 24 jam atau lebih setelah Anda berolahraga.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

6. Minum Air

Saat Anda mengalami masa hiperglikemia parah, air dan cairan tanpa pemanis lainnya dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urin. Meskipun mungkin tidak secepat insulin kerja cepat atau olahraga, hal ini dapat membantu Anda mencapai BGL yang aman.

Tetap terhidrasi juga dapat membantu Anda mencegah episode hiperglikemik. Kebanyakan orang membutuhkan sekitar empat hingga enam gelas air setiap hari. Jika Anda sering berolahraga atau cenderung banyak berkeringat, Anda mungkin memerlukan lebih banyak. Jika Anda mengonsumsi obat yang menyebabkan retensi cairan, Anda mungkin memerlukan lebih sedikit.

Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda tentang kebutuhan air harian Anda dan berapa banyak yang harus diminum jika Anda mengalami lonjakan gula darah.

Baca Juga: Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat, Bisa Dilakukan di Rumah

7. Makan dengan Benar

Tidak ada makanan apa pun yang bisa Anda makan yang bisa langsung menurunkan gula darah Anda. Namun, Anda dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengelola glukosa seiring waktu dengan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah seperti:

  • Roti gandum utuh
  • Havermut
  • Kacang-kacangan
  • Kebanyakan kacang-kacangan dan biji-bijian (hindari kacang mete dan kacang macadamia)
  • Kebanyakan buah-buahan (hindari nanas dan melon)
  • Ubi jalar dan ubi
  • Ikan berlemak seperti salmon
  • yogurt

Kapan Harus Mengunjungi Dokter

Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan panduan jika Anda memiliki:

  • Pembacaan gula darah tinggi secara konsisten
  • Sering buang air kecil
  • Tingginya kadar gula dalam urin (didiagnosis menggunakan tes dipstick glukosa di rumah)
  • Meningkatnya rasa haus
  • Mereka mungkin ingin Anda membuat janji untuk membahas pilihan
  • pengobatan dan gaya hidup agar dapat menangani penyakit Anda dengan lebih baik.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik