10 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak, Enak dan Bergizi!

Jumat 12 Januari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Makanan sehat anak adalah makanan yang menyediakan nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. (Sumber : pexels.com/@Jane Doan).

Ilustrasi - Makanan sehat anak adalah makanan yang menyediakan nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. (Sumber : pexels.com/@Jane Doan).

SUKABUMIUPDATE.com - Makanan sehat anak adalah makanan yang menyediakan nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Nutrisi yang dibutuhkan anak antara lain protein, lemak, vitamin, mineral dan lainnya.

Protein adalah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, dan jaringan tubuh lainnya. Lemak menyediakan energi, membantu penyerapan vitamin, dan melindungi organ tubuh. Vitamin dan mineral diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, perkembangan, dan kekebalan tubuh.

Nah , berikut ini ada beberapa makanan yang sehat untuk anak Anda dan juga serbaguna serta mudah disiapkan, dihimpun via eatingwell.

1. Yoghurt

Yogurt mengandung probiotik, bakteri baik yang penting untuk menjaga kesehatan usus. Belilah yogurt tanpa rasa, yang tidak mengandung tambahan gula dan dua kali lipat protein dari yogurt biasa. Kebanyakan yogurt yang diberi rasa mengandung tambahan gula; beberapa produk baru hanya diberi rasa buah saja, tetapi yang polos selalu merupakan pilihan yang aman.

Sangat mudah untuk menambahkan rasa sendiri dengan menambahkan buah beri dan menaburkan sereal gandum utuh di atasnya atau membuat parfait yang menyenangkan dengan buah. Dandani yogurt lebih baik lagi untuk anak-anak dengan mengubahnya menjadi es krim yogurt beku atau kulit yogurt beku .

2. Kacang

Kacang adalah makanan yang sangat bergizi. Mereka kaya akan protein dan serat , ditambah lagi harganya murah dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk menyiapkannya. Belilah kacang kalengan rendah sodium seperti kacang hitam, buncis, atau kacang merah. Cukup buka kalengnya, bilas kacang untuk menghilangkan natrium berlebih dan tambahkan ke hidangan apa pun.

3. Telur

Satu telur besar mengandung 6 gram protein dan menghasilkan vitamin D, vitamin B12, dan zat besi, menurut USDA (United States Department of Agriculture). Beberapa telur juga diperkaya dengan asam lemak omega-3, yang membantu perkembangan otak anak. Jangan khawatir tentang kolesterol lemak jenuh dan lemak trans yang memiliki dampak lebih besar dalam meningkatkan kolesterol jahat dibandingkan telur.

Saat sarapan, hindari kue kering, makanan yang digoreng, dan daging olahan, dan sebagai gantinya berikan telur untuk anak Anda. Jika anak Anda tidak suka telur orak-arik, cobalah penyajian berbeda seperti salad telur atau casserole telur.

4. Alpukat

Alpukat memiliki manfaat kesehatan dan merupakan cara mudah untuk memasukkan lemak sehat ke dalam makanan anak Anda. Mereka kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang mengurangi peradangan dan menjaga kadar kolesterol tetap sehat.

Lemak dalam alpukat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan, sehingga membuat anak kenyang lebih lama. Tapi bagian terbaik dari alpukat? Fleksibilitas mereka. Anda bisa memakannya dengan sendok, menumbuknya di atas roti panggang , memasukkannya ke dalam smoothie, mencampurkannya ke dalam salad ayam atau tuna, atau membuat saus pasta seperti pesto alpukat .

5. Ubi Jalar

Kekurangan waktu dan butuh sesuatu yang bergizi? Cuci ubi, buat beberapa lubang di dalamnya dan masukkan ke dalam microwave selama 3-5 menit (tergantung ukurannya). Iris memanjang, biarkan dingin, lalu taruh di piring anak Anda.

Baik anak Anda berusia 6 bulan, 6 tahun, atau 16 tahun, ubi jalar sangat menarik karena rasanya manis. Mereka mengandung beta karoten yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A, serat, dan potasium, menurut USDA. Asupan kalium yang cukup menjaga tekanan darah dan jantung tetap sehat.

6. Susu

Susu membantu membangun tulang yang kuat karena kaya akan kalsium dan vitamin D. Menurut USDA, satu gelas susu sapi utuh berukuran 8 ons juga tinggi fosfor, vitamin B12 dan potasium, serta memiliki 8 g protein.

Jika anak Anda tidak menyukai susu sapi, ada berbagai alternatif yang tersedia. Susu kedelai memiliki protein paling banyak, dan Anda akan mendapatkan manfaat kalsium dan vitamin D yang sama selama ini. karena susunya difortifikasi.

7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Ganti camilan anak-anak yang rendah serat dan renyah dengan kacang-kacangan dan biji-bijian untuk menghasilkan trio serat, protein, dan lemak sehat yang menyehatkan. Campurkan dengan menawarkan kacang mete, kenari, almond, pecan, biji bunga matahari , biji chia dan banyak lagi.

Jika anak Anda memiliki alergi kacang pohon, biji-bijian mungkin merupakan pilihan yang aman dan cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi penting. Kacang kaya akan magnesium, mineral yang penting dalam perkembangan tulang dan produksi energi.

8. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh memberikan nutrisi yang kurang pada sebagian besar makanan anak-anak. Serat membuat mereka kenyang dan teratur, selain manfaat kesehatan lainnya. Anak-anak membutuhkan sekitar 25 g per hari, namun banyak makanan ringan yang hanya mengandung 1-3 g per porsi.

Carilah 100% gandum utuh atau gandum utuh dalam daftar bahan dan setidaknya 3-5 g serat per porsi. Makanan gandum utuh berserat tinggi untuk anak-anak antara lain oatmeal, pasta gandum utuh, nasi merah, tortilla gandum utuh, dan roti gandum utuh.

Jika anak-anak Anda tidak bisa mengonsumsi pasta gandum utuh, cobalah setengah gandum utuh, setengah putih. Anda juga bisa menggunakan tepung terigu utuh atau tepung terigu putih utuh saat membuat pancake, kue kering , atau adonan pizza.

9. Buah Beri

Satu cangkir buah beri mengandung 4 (atau lebih) g serat dan tinggi vitamin C serta antioksidan lain seperti antosianin. Blueberry, blackberry, dan stroberi juga lebih rendah gula dibandingkan buah-buahan lainnya.

Buah beri segar bisa menjadi camilan yang enak untuk anak-anak atau topping yang enak untuk yogurt. Jika buah beri sedang tidak musimnya, belilah buah beri beku tanpa pemanis dan campurkan ke dalam stoples berisi oat semalaman atau smoothie .

10. Sayuran

Anak-anak dan orang dewasa sama-sama kurang makan sayuran. Jika Anda bisa membuat anak Anda makan sayuran apa pun dengan semakin banyak variasi sayuran, akan semakin baik. Setiap warna memberikan nutrisi yang berbeda.

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan vitamin K, sayuran berwarna oranye dan merah mengandung vitamin A, paprika kaya akan vitamin C, dan sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol mengandung senyawa pelawan kanker dan merupakan makanan yang baik. bakteri usus.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)
Nasional03 Mei 2024, 18:35 WIB

57 Pemimpin Redaksi Deklarasi ICEC di Hari Pers Internasional, Cek Visi dan Misinya!

ICEC sendiri bertujuan untuk bertukar ide dan keahlian dalam mengelola dan memimpin media. Selain itu, untuk membangun redaksi yang berpihak pada kepentingan publik.
Perwakilan dari 57 Pemimpin Redaksi meneken deklarasi Perhimpunan Pemimpin Redaksi Indonesia (Indonesia Chief Editors Club/ICEC). (Sumber: istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)