10 Gejala Depresi Berat Pada Anak dengan Masalah Psikologis, Bunda Yuk Kenali!

Senin 27 November 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi. Gejala Depresi Berat Pada Anak dengan Masalah Psikologis, Bunda Yuk Kenali! (Sumber : pixabay.com/@HulkiOkanTabak)

Ilustrasi. Gejala Depresi Berat Pada Anak dengan Masalah Psikologis, Bunda Yuk Kenali! (Sumber : pixabay.com/@HulkiOkanTabak)

SUKABUMIUPDATE.com - Gejala depresi berat pada anak dengan masalah psikologis mengindikasikan penderitaan emosional dan mental yang serius. 

Anak yang mengalami depresi berat akibat masalah psikologis biasanya menunjukkan sejumlah gejala dan perilaku tertentu. Maka penting untuk diingat bahwa setiap anak berbeda, sehingga gejala depresi berat pada anak juga dapat bervariasi.

Berikut beberapa gejala depresi berat pada anak akibat psikologis bermasalah, dirangkum dari berbagai sumber:

Gejala Depresi Berat Pada Anak dengan Masalah Psikologis

1. Perubahan Emosi

Anak yang depresi berat akibat psikologis bermasalah mungkin menunjukkan fluktuasi emosional yang besar. Contoh sikap dari ciri anak depresi berat ini termasuk kemarahan yang intens, kecemasan, atau perasaan sedih yang mendalam.

Baca Juga: Ekspresi Senang Tapi Aslinya Iri dengan Kita, Begini 10 Ciri-Cirinya!

2. Perubahan Berat Badan

Perubahan berat badan yang signifikan, baik penurunan atau peningkatan berat badan, bisa menjadi indikator masalah kesehatan mental.

Maka dari itu ayah  bunda wajib peka ketika berat badan anak berubah signifikan karena bisa menjadi salah satu gejala depresi berat pada anak.

3. Perubahan Pola Tidur dan Makan

Anak yang depresi berat akibat psikologis bermasalah mungkin mengalami gangguan tidur, seperti insomnia atau tidur berlebihan.

Perubahan pada pola makan juga bisa terjadi, dengan anak yang kehilangan selera makan atau justru mengonsumsi makanan secara berlebihan.

4. Kehilangan Minat

Anak yang depresi berat mungkin kehilangan minat pada aktivitas atau hobi yang dulu mereka nikmati.

Anak yang depresi berat akibat masalah psikologis dapat merasa kehilangan motivasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Depresi Berat Akibat Psikologis Bermasalah, Bunda Perhatikan Sikapnya!

5. Putus Asa

Anak yang depresi berat akibat psikologis bermasalah mungkin menyatakan perasaan putus asa, keputusasaan, atau bahkan mengungkapkan pemikiran tentang bunuh diri.

6. Gangguan Konsentrasi dan Daya Ingat

Kesulitan konsentrasi dan masalah daya ingat sering terjadi pada anak yang mengalami depresi berat. Tanda gejala depresi berat pada anak ini bisa mempengaruhi kinerja sekolah dan aktivitas sehari-hari.

7. Perubahan Ekspresi Seni atau Kreativitas

Anak yang biasanya mengekspresikan diri melalui seni atau aktivitas kreatif mungkin mengalami penurunan minat atau produktivitas dalam hal tersebut.

Baca Juga: 8 Ciri Anak Stres Akibat Mental Bermasalah, Bunda Perhatikan Yuk!

8. Isolasi Sosial

Anak yang depresi berat cenderung menarik diri dari hubungan sosial. Anak yang depresi berat akibat masalah psikologis mungkin menghindari teman-teman dan keluarga, merasa sulit untuk berinteraksi, atau merasa tidak dicintai.

9. Gejala Fisik Tidak Jelas

Meskipun depresi adalah gangguan mental, dapat memengaruhi tubuh fisik. Anak yang depresi berat akibat masalah psikologis mungkin mengeluh sakit kepala, nyeri perut, atau gejala fisik lainnya tanpa adanya penyebab medis yang jelas.

10. Perubahan Perilaku

Anak yang depresi berat akibat psikologis bermasalah mungkin mengalami perubahan drastis dalam perilaku mereka.

Baca Juga: 12 Ciri Anak Stres Akibat Psikologis Bermasalah, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Tak hanya itu, Anak yang depresi berat akibat masalah psikologis bisa menjadi sangat pendiam, menarik diri dari teman dan keluarga, atau sebaliknya, mungkin menunjukkan perilaku agresif atau merusak diri sendiri.

Depresi berat pada anak adalah masalah serius yang memerlukan perhatian dan perawatan, maka dari orang tua jangan abai ya!

Jika orang tua memiliki kekhawatiran tentang kesejahteraan emosional anak, sangat penting untuk mencari bantuan profesional segera.

Konsultasikan dengan dokter, psikolog anak, atau konselor untuk evaluasi yang lebih mendalam dan mendapatkan panduan mengenai langkah-langkah yang perlu diambil untuk membantu anak.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 April 2024, 10:00 WIB

Sering Bertengkar, 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meski Saling Mencintai

Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi.
Ilustrasi - Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 April 2024, 22:33 WIB

Operasional Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka hingga Malam Hari Kecuali Hujan

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, sekira pukul 19.00 WIB, berbeda dengan hari pertama kemarin yang sudah ditutup pada sore hari.
Buka tutup tol Bocimi seksi 2 saat libur lebaran | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi12 April 2024, 22:23 WIB

Urai Kemacetan di Lebaran H+2, Polisi Terapkan Skema One Way di Sekitar Exit Tol Parungkuda

Rekayasa lalu lintas satu arah alias one way di sepanjang ruas jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di sekitar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, telah berakhir pada Jumat (12/4/2024).
Polantas berlakukan skema one way di sekitar Exit Tol Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari