4 Jenis Kandungan Vitamin Terbaik untuk ADHD yang Perlu Diketahui

Jumat 27 Oktober 2023, 09:27 WIB
Ilustrasi orang tua dan anak sedang memasak makanan sehat yang cocok untuk ADHD. | Foto: Pexels.com /August de Richelieu

Ilustrasi orang tua dan anak sedang memasak makanan sehat yang cocok untuk ADHD. | Foto: Pexels.com /August de Richelieu

SUKABUMIUPDATE.com - Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan suatu gangguan mental yang bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa, yang dapat menyebabkan penderitanya sulit konsentrasi, hiperaktif hingga impulsif. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, karena gejalanya dapat berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari, pekerjaan, hingga hubungan dengan pasangan.

Jika gejalanya dirasa sudah tidak bisa dikendalikan, sebaiknya pergi ke dokter agar diberi solusi pengobatan yang cocok untuk ke depannya. Jika serangkaian pemeriksaan sudah dilakukan, maka dokter akan menyarankan terapi perilaku, konseling, hingga pemberian obat untuk mengurangi gejalanya.

Selain itu, biasanya dokter akan menyarankan beberapa vitamin atau suplemen untuk meringankan gejala pengidap ADHD. Melansir dari situs healthline, berikut beberapa jenis kandungan vitamin atau suplemen untuk penderita ADHD

1. Minyak Ikan Omega 3

Suplemen minyak ikan adalah sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. Suplemen ini aman dikonsumsi semua orang, termasuk anak-anak. Namun penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya. Hal ini mungkin menimbulkan risiko bagi sebagian orang.

Baca Juga: 6 Tips Menjalin Hubungan dengan Penderita ADHD, Yuk Simak!

Asam lemak sangat penting untuk kesehatan otak. Karena orang dengan kelainan ADHD cenderung memiliki kadar asam docosahexaenoic (DHA) yang lebih rendah dibandingkan orang lain. Dan ini merupakan jenis asam lemak omega-3.

Menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Komplementer dan Integratif (NCCIH), beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen asam lemak omega-3 dapat membantu mengobati ADHD. Namun, beberapa Penelitian lain menemukan hasil yang kurang menjanjikan, dan diperlukan lebih banyak penelitian kembali.

2. Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang berperan dalam pembentukan hemoglobin, yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan, mioglobin, dan protein lain yang membawa serta menyimpan oksigen untuk penguatan otot. Hal ini sangat penting untuk perkembangan sel otak, hormon, pertumbuhan fisik, hingga mendukung metabolisme otot.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan Sejarah Penelitian Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, kadar zat besi yang rendah telah dikaitkan dengan gejala ADHD. Zat besi juga tersedia dari berbagai sumber makanan, seperti daging merah, daging ayam, dan makanan laut. Kacang-kacangan, buncis, sayuran berdaun hijau, dan produk biji-bijian yang diperkaya juga mengandung zat besi.

3. Zinc atau Seng

Zink atau seng adalah mineral paling melimpah kedua di dalam tubuh manusia setelah zat besi, dan zat tersebut terdapat di setiap sel. Hal ini diperlukan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim yang membantu metabolisme, pencernaan, fungsi saraf dan banyak proses lainnya.

Beberapa makanan yang mengandung zinc (seng) ialah terdapat pada jamur, lobster, daging ayam, daging merah, produk susuk, udang, dan biji-bijian. Menurut penelitian, makanan yang mengandung zinc dapat membantu meringankan gejala ADHD

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Melatih Fokus Anak ADHD, Terapkan di Rumah

4. Magnesium

Magnesium merupakan mineral paling melimpah keempat di dalam tubuh manusia. Zat ini memainkan beberapa peran penting dalam kesehatan tubuh dan otak.

Mengonsumsi makanan yang kaya magnesium, seperti produk susu, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau juga dapat membantu Anda untuk menikmati kesehatan yang lebih baik, termasuk penderita ADHD.

Karena jika tubuh kita kekurangan magnesium, dapat menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, khususnya kesehatan mental seperti mudah tersinggung, kebingungan mental, sehingga berkurangnya konsentrasi dan fokus. Hal ini akan memperburuk gejala ADHD.

Mengkonsumsi terlalu banyak zat besi, zinc (seng), atau magnesium bisa berbahaya untuk tubuh jika penderita ADHD memiliki kondisi kesehatan tertentu, dokter mungkin akan menganjurkan untuk menghindari suplemen atau makanan tertentu.

Sumber: healthline

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Life

ADHD dan Depresi, Apakah Ada Kaitannya?

Rabu 25 Oktober 2023, 14:29 WIB
ADHD dan Depresi, Apakah Ada Kaitannya?
Berita Terkini
Life17 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bahasa Cinta yang Diungkapkan

Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun.
Ilustrasi - Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Kedua Orang Tua, Sebagai Bentuk Kasih Sayang dari Seorang Anak

Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik.
Ilustrasi doa untuk kedua orangtua - Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik. | (Sumber : Pixabay.com)
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 17:34 WIB

DPRD Sukabumi Harap PPK Pilkada 2024 Dapat Bekerja dengan Sukses Tanpa Ekses

Usep menjelaskan bahwa kesuksesan PPK adalah kunci dalam menjalankan demokrasi yang baik dan adil untuk memilih pemimpin Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat
Anggota DPRD Usep Wawan berfoto bersama Bupati Sukabumi, Ketua KPU, Forkopimda dan PPK Pilkada 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik17 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Saturn Sza yang Viral di TikTok

Lagu Saturn dari Sza banyak diputar sebagai backsound video galau yang  viral di TikTok hingga Instagram.
SZA, penyanyi yang mempopulerkan lagu Kill Bill | Foto: Instagram/@sza
Sehat17 Mei 2024, 16:00 WIB

5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup.
Ilustrasi - Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 15:45 WIB

5 Manfaat Bermain Pura-pura yang Dapat Mengembangkan Imajinasi Anak-anak

Dari memupuk kreativitas hingga mendorong pertumbuhan sosial dan emosional anak, bermain pura-pura atau permainan imajinatif bermanfaat karena berbagai alasan.
Ilustrasi anak-anak yang sedang memainkan permainan pura-pura (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life17 Mei 2024, 15:15 WIB

9 Manfaat Kesehatan Menyusui Bayi Bagi Ibu, Salah Satunya Menurunkan Resiko Kanker

ASI memiliki berbagai manfaat bagi si kecil. Tetapi, menyusui juga berdampak baik pada Ibunya
manfaat kesehatan memberikan ASI pada Bayi bagi seorang Ibu (Sumber : Pexels.com/@AnnaShvets)
Nasional17 Mei 2024, 15:01 WIB

Ini Harta Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Disindir Hidup Bermewah-mewahan

Ketua KPU Hasyim As'yari disindir anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony soal gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Istimewa
Inspirasi17 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Life17 Mei 2024, 14:45 WIB

Dapat Melindungi Dari Penyakit, Berikut 8 Manfaat Luar Biasa ASI Bagi Bayi

Menyusui memiliki berbagai manfaat bagi bayi, salah satunya adalah dapat melindungi si kecil dari penyakit
Ilustrasi manfaat memberikan ASI kepada bayi yang bisa dijauhkan dari penyakit (Sumber : Freepik.com/@bristekjegor)