7 Cara Ampuh Melatih Fokus Anak ADHD, Terapkan di Rumah

Rabu 25 Oktober 2023, 12:54 WIB
Ilustrasi anak ADHD sedang fokus belajar. | Foto: Pexels.com/Julia M Cameron

Ilustrasi anak ADHD sedang fokus belajar. | Foto: Pexels.com/Julia M Cameron

SUKABUMIUPDATE.com - Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD merupakan gangguan mental yang bisa terjadi pada anak, yang menyebabkan kurangnya fokus dan konsentrasi, hiperaktif dan impulsif. Hal ini membuat si kecil tidak bisa duduk diam saat jam pelajaran, sulit mengikuti instruksi, dan terlihat tidak mendengarkan. Sehingga membuat prestasinya di sekolah selalu menurun.

Fokus merupakan kognitif yang akan membuat anak mampu mengerjakan sesuatu hal hingga selesai tanpa menghiraukan gangguan apapun.

Anak-anak sering mengalami sulit fokus ketika jam pelajaran dan hal itu normal, hal tersebut dapat berkurang dengan seiringnya waktu. Namun tidak pada anak dengan gangguan ADHD. Kesulitan untuk fokus dapat berlanjut, bahkan bisa menjadi lebih parah ketika tidak diatasi dengan cepat. Maka hal ini akan membuat penderitanya kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari.

Meski sulit fokus tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, namun orang tua bisa melatih fokus si kecil dengan beberapa cara berikut. Sebagaimana telah dilansir dari situs SehatQ, inilah cara melatih fokus anak ADHD yang bisa orang tua terapkan di rumah :

1. Jauhkan dari Gangguan

Salah satu untuk melatih fokus anak yaitu jauhkan anak dari hal-hal yang dapat mengganggunya. Seperti jauhkan anak dari televisi, gadget, maupun lingkungan yang berisik supaya si kecil lebih nyaman ketika sedang belajar.

Pilihkan juga tempat yang nyaman untuk si kecil, seperti di dalam kamar. Hal penting lainnya yaitu, atur posisi meja belajar menghadap ke dinding daripada menghadap ke jendela. Hal ini untuk meminimalisir rasa penasaran si kecil ke area luar rumah, yang akan mengakibatkan si kecil tidak fokus belajar.

2. Berikan Instruksi yang Jelas dan Sederhana

Salah satu kelemahan anak ADHD yaitu sering salah mengira suatu instruksi. Jadi, cobalah orangtua memberikan instruksi yang jelas dan lebih sederhana agar mudah dipahami si kecil.

Cara sederhananya yaitu, dekati si kecil, melakukan kontak mata, sembari anda memberikan instruksi berikan sentuhan lembut pada bahu atau lengan untuk menarik perhatiannya. Usahakan berbicara dengan perlahan dan jelas agar si kecil memahaminya.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Gejala ADHD Orang Dewasa Tanpa Konsumsi Obat

3. Bagi Tugas Menjadi Beberapa Bagian

Cara melatih fokus anak ADHD selanjutnya adalah dengan cara membagi tugas menjadi beberapa bagian. Jangan minta si kecil untuk mengerjakan tugasnya sekaligus, namun atur tugas tersebut menjadi beberapa bagian agar si kecil lebih antusias dan fokus.

Sebagai contoh alih-alih mengerjakan tugas selama 1 jam sekaligus, mintalah si kecil untuk mengerjakan tugasnya jadi 3 sesi dengan durasi 20 menit sekali pengerjaan. Isi sela-sela jam istirahat tersebut dengan bermain maupun ngemil sehat.

4. Tetapkan Jadwal

Selanjutnya yaitu tetapkan jadwal untuk melatih fokus anak ADHD. Umumnya anak ADHD akan kesulitan mengontrol jadwal, dan hal itu akan membuat ia keteteran dalam mengerjakan tugas.

Contohnya, anak ADHD memiliki 3 tugas yang harus dikerjakan dan dikumpulkan pada esok hari. Bunda bisa atur jadwalnya, pada pukul 15.00 minta si kecil kerjakan tugas Matematika terlebih dahulu dengan durasi 20 menit, lalu pukul 15.20 lanjutkan dengan tugas berikutnya selama 20 menit juga. Istirahat terlebih dahulu selama 5 menit agar si kecil tidak jenuh, lanjutkan kembali pada pukul 15.50 untuk mengerjakan tugas selanjutnya selama 20 menit.

Dengan membuat jadwal teratur, akan membantu fokus si kecil, dan tugasnya tidak akan berantakan.

5. Berikan Feedback

Cara melatih fokus anak ADHD selanjutnya adalah dengan memberikan feedback. Jika si kecil sedang mengerjakan tugas, jangan langsung dibiarkan atau ditinggalkan begitu tugasnya selesai ya, Moms.

Jika si kecil melakukannya sesuai instruksi,temani dia dan biarkan mencoba mengerjakannya sekali lagi, dan jika tidak sesuai maka beritahu si kecil tentang kesalahannya dan minta ia agar memperbaikinya.

Baca Juga: Kenali Perbedaan ADHD dan Kecemasan Pada Anak yang Perlu Diketahui

6. Sediakan Waktu Istirahat

Anak dengan kelainan ADHD cenderung hiperaktif atau tidak bisa duduk diam dan hal itu akan menguras energi yang ia miliki. Jadi sediakan hal lain agar si kecil dapat beristirahat.
Seperti mengambil air minum sendiri, menikmati cemilannya sambil menonton tv. Dan setelah waktu istirahat habis, minta si kecil menyelesaikan tugasnya.

7. Berikan Pujian dan Hadiah

Ketika si kecil bisa menyelesaikan tugasnya sampai selesai berikan ia pujian dan sedikit hadiah. Seperti izinkan ia makan cemilan favoritnya atau menonton kartun favoritnya agar hal ini menjadi motivasi bagi si kecil agar selalu mengerjakan tugas hingga selesai dengan baik.

Namun jika si kecil tidak menghiraukan atau membantah, jangan segan Bunda menghukumnya atau setrap untuk mendisiplinkan si kecil. Minta si kecil untuk menenangkan diri dan memikirkan apa kesalahannya.

Itulah beberapa cara untuk melatih fokus anak dengan ADHD. Orang Tua harus lebih bersabar ketika menghadapi anak dengan ADHD. Jika orang tua sama-sama tidak bisa mengendalikan emosi, hal ini akan berdampak buruk pada gejala si kecil ke depannya.

Sumber: SehatQ

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 Mei 2024, 09:00 WIB

6 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Radang Sendi

Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi.
Ilustrasi - Beberapa jenis makanan dapat membantu radang sendi. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat19 Mei 2024, 08:30 WIB

Jangan Abaikan Asam Urat Pada Anak, Ketahui Gejala Hingga Penyebabnya Berikut Ini!

Asam urat tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga bisa mengalaminya meskipun hal ini sangat jarang terjadi.
Ilustrasi. Asam urat pada anak
 Sumber: pexels.com/@BOOM
Life19 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat

Mengadopsi kebiasaan pagi yang sehat tidak hanya membantu meredakan nyeri sendi asam urat, tetapi juga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi.  Kebiasaan Pagi Hari yang Membantu Meredakan Nyeri Sendi Asam Urat (Sumber : Freepik/@stefamerpik)
Food & Travel19 Mei 2024, 07:00 WIB

Mudah dan Simpel, Cara Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi

Membuat Infused Water Mengkudu untuk Meredakan Nyeri Sendi Ternyata Simpel. Yuk Coba!
Ilustrasi. Buah mengkudu dikenal karena berbagai khasiatnya yang baik untuk kesehatan, termasuk sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science19 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 Mei 2024, Yuk Cek Langit di Hari Minggu Ini

Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca Jawa Barat pada 19 Mei 2024 termasuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)