Kenali 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Bantu Melancarkan Pencernaan

Sabtu 16 September 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Kenali 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Bantu Melancarkan Pencernaan (Sumber : Instagram/@ngoveecom)

Ilustrasi. Kenali 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Bantu Melancarkan Pencernaan (Sumber : Instagram/@ngoveecom)

SUKABUMIUPDATE.com - Pepaya adalah salah satu buah tropis yang populer karena rasanya yang manis dan kandungan nutrisinya yang kaya. Pepaya memiliki bentuk seperti bola dengan kulit hijau atau oranye, dan dagingnya berwarna oranye atau merah muda.

Dikutip via halodoc, dalam 152 gram pepaya mengandung nutrisi seperti Kalori: 59, Karbohidrat: 15 gram, Serat: 3 gram, Protein: 1 gram, Vitamin C: 157 persen kebutuhan harian, Vitamin A: 33 persen kebutuhan harian, Folat: 14 persen kebutuhan harian, Potasium: 11 persen kebutuhan harian.

Selain itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium, magnesium, vitamin B, dan K. Pepaya adalah buah tropis yang memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang kaya. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah pepaya:

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat utama buah pepaya untuk kesehatan adalah kemampuannya untuk melancarkan pencernaan. Ini karena pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang membantu dalam pemecahan protein dalam makanan.

Serat dalam pepaya juga membantu dalam melancarkan pencernaan. Serat membantu mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit. Mengonsumsi pepaya secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

2. Kesehatan Jantung

Pepaya mengandung serat yang baik untuk kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Supaya Menjadi Penurut Kepada Orang Tua

Buah pepaya juga mengandung potasium, yang penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Asupan potasium yang cukup dapat membantu mengurangi risiko hipertensi (tekanan darah tinggi), yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

3. Tingkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam pepaya, seperti beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV matahari. Hal ini dapat membantu mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit.

Enzim papain dalam pepaya dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Hal ini dapat memberikan kulit tampilan yang lebih cerah dan bersinar.

Baca Juga: 7 Masalah Perilaku Anak yang Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

4. Jaga Kesehatan Rambut

Pepaya kaya akan vitamin A, yang penting untuk pertumbuhan sel-sel kulit kepala. Vitamin A juga membantu dalam produksi sebum, minyak alami yang membantu menjaga rambut tetap sehat dan lembut. Vitamin A dalam pepaya juga dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru dan mencegah rambut rontok.

5. Cegah Peradangan

Buah ini memiliki manfaat antiinflamasi yang dapat membantu mencegah atau meredakan peradangan dalam tubuh. Pepaya mengandung enzim papain, yang memiliki sifat antiinflamasi. Enzim ini dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kondisi tertentu.

6. Mengoptimalkan Sistem Imun Tubuh

Pepaya mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C adalah antioksidan yang kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan, seperti sel-sel T dan sel-sel fagosit.

Baca Juga: Profil dan Perjalanan Cinta Pratama Arhan, Pemain Sepak Bola Bucin Istri

7. Melancarkan Menstruasi

Beberapa wanita saat memasuki siklus menstruasi akan mengalami nyeri yang sangat tidak nyaman. Mengonsumsi buah pepaya akan meredakan gejala nyeri menjadi lebih baik karena terdapat enzim papain.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)