7 Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi PMS

Jumat 07 Juli 2023, 09:00 WIB
Daun Ginkgo | Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan (Sumber : pixabay.com/@MarzenaP)

Daun Ginkgo | Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan (Sumber : pixabay.com/@MarzenaP)

SUKABUMIUPDATE.com - Ginkgo Biloba, yang dikenal sebagai ginkgo atau gingko dan juga dikenal sebagai pohon rambut gadis. 

Ginkgo Biloba adalah satu-satunya spesies yang masih hidup di divisi Ginkgophyta sementara semua spesies lainnya telah punah. Pohon ini dikenali mirip dengan fosil 270 juta tahun lalu.

Ginkgo Biloba termasuk tanaman yang bisa dijadikan obat herbal. Ini karena sejenis pohon yang berasal dari China juga dikenal karena bermanfaat bagi kesehatan manusia, salah satunya bahan penting suplemen. 

Ginkgo Biloba menjadi salah satu spesies pohon tertua yang masih hidup di dunia dan telah ada selama puluhan ribu tahun. Daun Ginkgo Biloba mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan terpenoid, yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. 

Dalam pengobatan tradisional, ekstrak daun Ginkgo biloba sering digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi otak, mengurangi gejala gangguan peredaran darah, dan mengurangi kerusakan sel saraf.

Baca Juga: 7 Faktor Resiko Speech Delay pada Anak, Autis hingga Screen Time

Mengutip dari laman Web MD via Tempo.co, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi Ginkgo Biloba:

Manfaat Ginkgo Biloba untuk Kesehatan

1. Kecemasan

Mengonsumsi ekstrak ginkgo tertentu yang disebut EGb 761 (Dr. Willmar Schwabe Pharmaceuticals) selama 4 minggu dapat mengurangi sedikit gejala kecemasan.

2. Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer dapat mengganggu daya pikir atau demensia. Mengonsumsi ginkgo sebanyak 240 miligram setiap hari dapat memperbaiki gejala demensia meskipun ginkgo tidak mencegah demensia berkembang atau menjadi lebih buruk.

3. Mengatasi gangguan pendengaran

Pada pasien dengan gangguan pendengaran mendadak, pemberian ginkgo secara intravena (IV) bersamaan dengan perawatan rutin dapat membantu meningkatkan pendengaran. 

4. Sindrom pramenstruasi (PMS)

Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo dapat meredakan nyeri payudara dan gejala lain yang terkait dengan PMS. Untuk pemakaian ini dimulai pada hari ke 16 siklus haid dan dilanjutkan sampai hari ke 5 siklus berikutnya.

5. Skizofrenia

Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo setiap hari selain obat antipsikotik konvensional selama 8 hingga 16 minggu dapat mengurangi beberapa gejala skizofrenia. Mungkin juga mengurangi efek samping dari obat antipsikotik, seperti haus, sembelit, dan tardive dyskinesia, gangguan gerakan.

6. Stroke

Mengkonsumsi ekstrak ginkgo alias suplemen melalui mulut atau IV bersama dengan terapi dapat meningkatkan pemikiran, ingatan, dan kemampuan untuk menyelesaikan aktivitas hidup sehari-hari pada orang yang baru pulih dari stroke. 

7. Pusing (vertigo)

Mengkonsumsi ekstrak daun ginkgo dapat memperbaiki gejala pusing yang disebabkan oleh gangguan keseimbangan. Namun belum dipastikan apakah membantu memperbaiki gejala vertigo pada orang dengan kondisi yang menyebabkan penurunan aliran darah ke otak.

Melansir dari laman Healthline, ginkgo umumnya aman digunakan dalam jumlah sedang untuk orang yang sehat. Namun, Food and Drugs Administration (FDA) tidak mengatur ginkgo dengan ketat seperti obat-obatan lain. Beberapa orang juga dapat mengalami reaksi alergi terhadap ginkgo

Baca Juga: 28 Rekomendasi Nama Anak Bahasa Sunda, Ada Arti Ningrat Siliwangi!

Resiko alergi ini lebih tinggi bagi mereka yang alergi terhadap resin berminyak yang ditemukan dalam tanaman seperti poison ivy, sumac, poison oak, dan kulit mangga.

Ginkgo juga dapat meningkatkan risiko pendarahan. Karena itu, hindari penggunaan ginkgo jika memiliki gangguan pendarahan atau jika menggunakan obat atau suplemen lain yang dapat meningkatkan risiko pendarahan. 

Selain itu, jika sedang menjalani prosedur bedah, berhentilah mengonsumsi ginkgo minimal dua minggu sebelumnya untuk mengurangi resiko pendarahan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)