7 Faktor Resiko Speech Delay pada Anak, Autis hingga Screen Time

Rabu 05 Juli 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi. 7 Faktor Resiko Speech Delay pada Anak, Autis hingga Screeen Time (Sumber : Freepik/@freepic)

Ilustrasi. 7 Faktor Resiko Speech Delay pada Anak, Autis hingga Screeen Time (Sumber : Freepik/@freepic)

SUKABUMIUPDATE.com - Speech delay adalah sebuah kondisi yang dapat dialami bayi dan anak-anak yang menyebabkan mereka mengalami keterlambatan bicara dan berbahasa. Seringkali, meski mengerti ketika seseorang berbicara namun sangat sulit untuk mengucapkan dan mengeluarkan kata kembali.

Kekinian, tersiar kabar bahwa bilingual menjadi salah satu faktor resiko penyebab speech delay.

Bilingual atau mempelajari dua bahasa sebenarnya adalah hal yang umum. Sayangnya, terdapat anggapan bahwa mengajarkan anak sejak dini dengan dua bahasa justru dapat meningkatkan risiko speech delay atau terlambat berbicara. 

Dokter spesialis anak, Mesty Ariotedjo melalui unggahan di kanal Instagram pribadinya pada 1 Juli 2023 lalu pun menyanggah mitos tersebut. 

"Fakta: anak yang bilingual memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dan fleksibilitas kognitif," tulisnya dikutip via Yoursay.Id (portal Suara.com), Rabu (5/7/2023). 

Mengajarkan dan menerapkan penggunaan dua bahasa, khususnya di Indonesia sendiri sudah lama dilakukan oleh para orangtua. Terutama bahasa utama (Indonesia) dan bahasa ibu (daerah). 

Tetapi, seiring perkembangan zaman, orangtua pun kini sudah mulai mengenalkan bahasa asing lainnya sejak dini. Baik itu karena pernikahan beda negara mau pun bahasa asing seperti Inggris yang sudah diakui sebagai bahasa internasional dalam berkomunikasi. 

Hal tersebut tentunya demi kebaikan anak di masa depan dalam bersosialisasi. Disampaikan dr. Mesty, speech delay pada anak tidak dipengaruhi oleh penggunaan bahasa. 

Sejatinya baik anak bilingual atau pun non bilingual bisa saja mengalami speech delay. Pasalnya, speech delay disebabkan oleh beberapa faktor risiko.

Sebagaimana yang sudah dilansir dari Siloam Hospitals, berikut 7 faktor resiko anak mengalami speech delay

Faktor Resiko Speech Delay

1. Genetik 

Genetik atau riwayat keluarga yang mengalami kendala dalam berbahasa merupakan faktor resiko yang memungkinkan anak lebih besar mengalami speech delay, misalnya disleksia dan gagap. 

2. Kondisi Medis Tertentu

Bayi yang mengalami kondisi medis tertentu saat masih di dalam kandungan atau pun baru lahir seperti infeksi TORCH, berat badan lahir rendah, bayi kuning, prematur, mengalami asfiksi atau kurang oksigen saat lahir, dan hipotiroid. Faktor tersebut bisa menjadi penyumbang resiko anak mengalami speech delay di masa perkembangannya. 

Selain yang sudah disebutkan, riwayat medis seperti kejang yang lama, trauma kepala sampai peradangan pada otak juga bisa menjadi faktor resiko speech delay anak. 

3. Masalah Struktur Mulut dan Gangguan Fungsi Oromotor

Faktor risiko yang bisa menyebabkan anak mengalami speech delay selanjutnya adalah struktur mulut dan fungsi oromotor yang bermasalah. 

Misalnya pada struktur mulut seperti kondisi bibir sumbing. Bibir sumbing dapat menyebabkan gangguan pada gerakan lidah dalam memproduksi suara. 

Sementara gangguan fungsi oromotor adalah masalah pada area otak dalam koordinasi dan mengontrol gerakan bibir, lidah serta rahang untuk mengeluarkan suara.

Tidak hanya menyebabkan anak speech delay, fungsi oromotor yang terganggu juga bisa berdampak pada cara makan anak. 

4. Autisme

Anak yang didiagnosa mengalami autisme sebagian besarnya mengalami gangguan bahasa dan sosial. 

Akibatnya, tak sedikit anak autis juga mengalami speech delay. Kendati begitu, speech delay yang pada anak autisme cukup sulit disadari sebab perkembangan lainnya seperti merangkak, duduk dan berdiri berlangsung normal. 

5. Kurang Stimulasi 

Anak yang menerima terlalu banyak stimulasi dapat membuatnya cepat mengalami tantrum. Sebaliknya, anak yang kurang mendapatkan stimulasi di usia tumbuh kembangnya akan berdampak pada kemampuan bicara. 

Maka dari itu, peran orangtua sangat penting dalam tumbuh kembang anak khususnya pada kemampuan berbahasanya. Orangtua diharapkan bisa memberikan pancingan agar anak mau berbicara dan mengajarkan kata-kata sesuai dengan usianya. 

6. Masalah Pendengaran 

Penting bagi orangtua untuk rutin memeriksakan kondisi anak bahkan sejak dalam kandungan. Hal ini sebagai antisipasi untuk mencegah masalah pendengaran pada anak. Pasalnya, kondisi ini dapat terjadi bawaan lahir atau infeksi tertentu. 

Anak yang mengalami masalah pendengaran seperti hanya bisa mendengar pada volume tertentu bisa menjadi faktor risiko ia mengalami speech delay

7. Screen Time Berlebihan

Anak yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk screen time atau bermain gadget rupanya bisa menjadi faktor risiko lainnya anak mengalami speech delay

Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan, anak yang terlalu banyak main gadget terutama saat ia belum bisa berbicara dapat meningkatkan speech delay di kemudian hari. Dibandingkan anak yang tidak bermain gadget.

Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan dan rutin memeriksakan anak ke dokter untuk mengetahui tumbuh kembangnya dengan baik dan sesuai yang diharapkan. 

Sumber: Yoursay.Id (Portal Suara.com)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat11 Mei 2024, 21:00 WIB

Kolesterol Tinggi Ada Solusinya: Tips Menurunkannya Secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Nasional11 Mei 2024, 20:12 WIB

Polri Bakal Berlakukan Pemberitahuan Tilang Lewat WhatsApp

Kompolnas mengapresiasi berbagai inovasi baru yang dibuat Polri untuk pelayanan kepada masyarakat.
(Foto Ilustrasi) Kompolnas akan melakukan supervisi terhadap sejumlah kebijakan Korlantas Polri seperti notifikasi tilang lewat WhatsApp. | Foto: Pixabay.com/@HeikoAL
Sehat11 Mei 2024, 20:00 WIB

Rebusan Daun Salam: Senjata Alami Untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ina_sugiarti/@ikasartikafrozen).
Film11 Mei 2024, 19:00 WIB

Sinopsis Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Film Vina: Sebelum 7 Hari yang tayang pada 8 mei 2024 merupakan kisah nyata yang pernah terjadi beberapa tahun lalu di Cirebon. Kisah seorang gadis yang ditemukan meninggal setelah diserang dan digauli oleh geng motor
Sinopsis dan Daftar Pemain Film Vina: Sebelum 7 Hari yang Diangkat Dari Kisah Nyata (Sumber : Instagram @/vinasebelum7hari.movie)
Life11 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa dan Ucapan untuk Keluarga yang Berangkat Haji, Sangat Menyentuh Hati

Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur.
Ilustrasi - Doa dan ucapan ini bertujuan untuk mendapatkan perjalanan ibadah haji yang lancar, penuh berkah, dan mabrur. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola11 Mei 2024, 17:04 WIB

PT LIB Siapkan 12 VAR Mobile untuk Championship Series Liga 1 2023-2024

Babak Championship Series Liga 1 dijadwalkan mulai pada 14 Mei 2024 hingga babak final pada 31 Mei 2024.
(Foto Ilustrasi) PT LIB memastikan babak Championship Series Liga 1 2023-2024 akan menggunakan teknologi VAR secara mobile. | Foto: Pixabay
Musik11 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu LALALI dari SEVENTEEN, Menampilkan Unit Hip Hop yang Swag

LALALI adalah lagu yang dinyanyikan oleh unit hip hop dari boygrup SEVENTEEN. Lagu ini merupakan sidetrack dari album pertama mereka yang bertajuk 17 IS RIGHT HERE
Lirik Lagu LALALI dari unit hip hop grup SEVENTEEN yang baru dirilis (Sumber : Youtube | HYBE LABELS)
Sukabumi Memilih11 Mei 2024, 16:35 WIB

PKS Jabar Usulkan Iyos Somantri dan Sodikin ke DPP untuk Maju di Pilkada Sukabumi

Kedua tokoh yang diusulkan memiliki kemampuan untuk memimpin Sukabumi.
Iyos Somantri (kiri) dan M Sodikin (kanan) diusulkan DPW PKS Jabar ke DPP PKS sebagai bakal calon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Sehat11 Mei 2024, 16:00 WIB

8 Obat Alami untuk Menyembuhkan Serangan Asam Urat, Bisa Dicoba Dirumah!

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi - Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. | Foto : Cup of Couple/Pexels
Musik11 Mei 2024, 15:00 WIB

Sebentar Lagi Konser di Indonesia, Berikut Lagu Hits Dari NCT DREAM

NCT Dream sebentar lagi akan menggelar konser ketiga di indonesia yang bertajuk The Dream Show 3: DREAM ()SCAPE, yang digelar pada 18 Mei 2024, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.
NCT Dream yang akan menggelar konser ketiga di Indonesia 18 Mei 2024 (Sumber : Instagram @/Nct_dream)