TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

7 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Datang Bulan, Tidak Harus Minum Obat

Sakit perut saat datang bulan menjadi hal yang lumrah dialami para perempuan

Penulis
Jumat 20 Jan 2023, 06:30 WIB

Ilustrasi. Sakit perut saat datang bulan menjadi hal yang lumrah dialami para perempuan | Pexels/Andrea Piacquadio

SUKABUMIUPDATE.com - Datang Bulan merupakan sebutan untuk haid atau menstruasi. Kondisi tersebut merupakan siklus rutin yang dialami perempuan.

Beberapa perempuan kerap mengalami sakit pada bagian perut saat sedang datang bulan. Namun, hal tersebut bisa dianggap wajar,pasalnya proses menstruasi terjadi di dalam perut sebelum darah dikeluarkan melalui vagina.

Umumnya sakit di area perut itu terjadi di hari-hari awal datang bulan bersamaan saat darah yang keluar sedang dalam volume yang banyak.

Baca Juga: Haid Tidak Teratur? Yuk, Mengenal PCOS: Kelainan Hormon pada Wanita Usia Subur

Mengutip dari Akurat.co, siklus datang bulan sendiri ditandai dengan keluarnya darah dari organ intim perempuan yang biasanya terjadi selang 21-35 hari dalam satu bulan dengan durasi normal selama satu minggu.

Organ reproduksi wanita akan mempersiapkan kehamilan tiap bulannya. Persiapan ini ditandai dengan terjadinya penebalan pada dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah.

Apabila kehamilan tidak terjadi, endometrium akan luruh dan keluar bersama darah melalui vagina. Inilah yang dikenal dengan menstruasi.

Baca Juga: Persib Kehilangan 1 Pemain, Daftar Perpindahan Pemain Bursa Transfer Liga 1 hingga 17/1

Lalu, apa yang harus dilakukan perempuan untuk mengatasi nyeri pada area perut saat datang bulan?

1. Banyak Minum Air Putih

Saat datang bulan perbanyaklah minum air putih dan air putih hangat. Walaupun tidak mengurangi rasa kram secara langsung tetapi minum air putih dapat membantu mengatasi perut kembung yang bisa memperberat rasa kram perut.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x