Kembali Suguhkan Gambar Menakjubkan, Teleskop Webb Abadikan Jam Pasir di Luar Angkasa

Kamis 24 November 2022, 22:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Semenjak diluncurkan, teleskop James Webb milik badan antariksa Amerika Serikat NASA terus menyuguhkan pemandangan luar angkasa yang menakjubkan. Kali ini teleskop penerus Hubble itu kembali mengabadikan pemandangan menakjubkan yang terjadi di luar angkasa.

Melansir dari laman nasa.gov, teleskop antariksa NASA itu telah mengungkap fitur protobintang yang dulunya tersembunyi di dalam awan gelap L1527. Dijelaskan jika awan yang sekilas berbentuk seperti jam pasir di Bumi itu menyala-nyala di wilayah pembentuk bintang Taurus ini hanya terlihat dalam cahaya inframerah, menjadikannya target ideal untuk Kamera Inframerah Dekat (NIRCam) Webb.

Protobintang itu sendiri tersembunyi dari pandangan di dalam "leher" bentuk jam pasir ini. Disk protoplanet tepi terlihat sebagai garis gelap di tengah leher. Cahaya dari protobintang bocor di atas dan di bawah cakram ini, menyinari rongga di dalam gas dan debu di sekitarnya.

Fitur paling umum di wilayah ini, awan berwarna biru dan jingga dalam citra inframerah warna yang representatif ini, rongga garis besar yang tercipta saat materi melesat menjauh dari protobintang dan bertabrakan dengan materi di sekitarnya.

Warnanya sendiri disebabkan oleh lapisan debu antara Webb dan awan. Area biru adalah tempat debu paling tipis. Semakin tebal lapisan debu, semakin sedikit cahaya biru yang bisa lolos, menciptakan kantong-kantong jingga.

Webb juga mengungkap filamen hidrogen molekuler yang telah dikejutkan saat protobintang mengeluarkan material darinya. Guncangan dan turbulensi menghambat pembentukan bintang baru, yang seharusnya terbentuk di seluruh awan. Akibatnya, protobintang mendominasi ruang angkasa, mengambil banyak materi untuk dirinya sendiri.

Terlepas dari kekacauan yang disebabkan L1527, usianya baru sekitar 100.000 tahun - tubuh yang relatif muda. Mengingat usianya dan kecerahannya dalam cahaya inframerah jauh seperti yang diamati oleh misi seperti Satelit Astronomi Inframerah, L1527 dianggap sebagai protobintang kelas 0, tahap awal pembentukan bintang.

Protobintang seperti ini, yang masih terkurung dalam awan gelap debu dan gas, masih harus menempuh jalan panjang sebelum menjadi bintang utuh. L1527 belum menghasilkan energinya sendiri melalui fusi nuklir hidrogen, karakteristik penting dari bintang. Bentuknya, meski sebagian besar bulat, juga tidak stabil, berupa gumpalan gas kecil, panas, dan bengkak di antara 20 dan 40% massa Matahari kita.

Saat protobintang terus mengumpulkan massa, intinya secara bertahap memampatkan dan mendekati fusi nuklir yang stabil. Adegan yang diperlihatkan dalam gambar ini memperlihatkan L1527 melakukan hal itu. Awan molekuler di sekitarnya terdiri dari debu dan gas padat yang ditarik ke pusat, tempat tinggal protobintang.

Saat material jatuh, ia berputar di sekitar pusat. Ini menciptakan piringan material yang padat, yang dikenal sebagai piringan akresi, yang memberi makan material ke protobintang. Saat ia memperoleh lebih banyak massa dan memampatkan lebih jauh, suhu intinya akan naik, akhirnya mencapai ambang batas untuk memulai fusi nuklir.

Disk, terlihat pada gambar sebagai pita gelap di depan pusat terang, seukuran tata surya kita. Mengingat kepadatannya, bukan hal yang aneh jika sebagian besar materi ini menggumpal - awal dari planet. Pada akhirnya, pandangan L1527 ini memberikan gambaran seperti apa Matahari dan tata surya kita saat masih bayi.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: nasa.gov

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 22:31 WIB

6 Strategi agar Konsisten Menghindari Makanan Tidak Sehat, Ini Solusinya

Untuk konsisten menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, perlu strategi yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Cara konsisten hindari makanan tidak sehat. (Sumber Foto : Pexels/Nathan Cowley)
Jawa Barat29 Maret 2024, 22:13 WIB

Gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Guncangannya Terasa Hingga Kalapanunggal Sukabumi

BMKG melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 3,0 mengguncang wilayah Kota Bogor Jawa Barat dan sekitarnya pada Jumat (29/3/2024) malam.
Episenter gempa M3,0 di Barat Daya Bogor, Jumat (29/3/2024) pukul 21:22:42 WIB. (Sumber : BMKG)
Sehat29 Maret 2024, 22:03 WIB

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, Picu Diabetes dan Obesitas!

Penting dalam hidup mengetahui bahaya keseringan bergadang. Sebab, hal itu bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh lama kelamaan.
Ilustrasi. Bahaya begadang bagi kesehatan tubuh. (Sumber foto : Pexels/cottonbro pro)
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).