TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Indonesia Peringkat ke-3 TBC di Dunia, Kasus Mencapai 824 Ribu Orang!

Jumat 25 Mar 2022, 12:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - TBC atau Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit menular akibat infeksi bakteri. Umumnya penyakit ini menyerang paru-paru dan dapat juga menyerang organ lain seperti ginjal, tulang belakang bahkan otak.

WHO mengungkapkan ada 1,5 juta orang meninggal karena TBC pada tahun 2020. 

Penyakit ini menempati urutan ke-13 sebagai penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Serta menempati urutan ke 2 sebagai penyakit menular mematikan setelah Covid-19.

photoIlustrasi TBC - (iStock)</span

Indonesia sendiri adalah salah satu Negara yang menempati peringkat ke-3 sebagai Negara yang memiliki jumlah kasus TBC terbanyak di dunia setelah India dan Tiongkok.

Seperti yang diungkapkan Kementerian Kesehatan RI, total penderita TBC di Indonesia mencapai 824 ribu orang dengan total kasus kematian 93 ribu setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk tetap waspada pada salah satu penyakit mematikan ini.

TBC sendiri masuk dalam golongan penyakit kronis yang sifatnya tidak akut. Gejala dari penyakit ini akan muncul dengan tiba-tiba, biasanya ditemukan pada pasien setelah dua sampai tiga minggu, dengan gangguan sesak nafas, nyeri dada, nafsu makan dan berat badan menurun.

Proses pengobatan penderita TBC membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang menderita penyakit ini harus patuh dalam mengkonsumsi obat. 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x