Wakaf MUI dan BI Bangun Halal Tourism Hub Buya Hamka di Maninjau

Sabtu 16 Desember 2023, 20:50 WIB
Sekretaris Wakaf MUI Guntur Subagja Mahardika, Deputi Direktur DEKS BI Diana Yumanita, Ketua Yayasan Buya Hamka Hisham Hamka, Kemenpar Sumaryadi, dan perwakilan ahli waris Keluarga Besar Hajah Fatimah Karim Amrullah | Foto : Ist

Sekretaris Wakaf MUI Guntur Subagja Mahardika, Deputi Direktur DEKS BI Diana Yumanita, Ketua Yayasan Buya Hamka Hisham Hamka, Kemenpar Sumaryadi, dan perwakilan ahli waris Keluarga Besar Hajah Fatimah Karim Amrullah | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Pariwisata ramah muslim (PRM/muslim friendy tourism) potensi besar sebagai kekuatan pariwisata nasional Indonesia. Selain negeri ini memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, juga objek dan destinasi wisata halal dan wisata religi di Indonesia cukup banyak, tersebar di Nusantara.

Salah satu upaya mendukung pengembangan pariwisata yang mengusung nilai-nilai Islam dan etika universal ini, Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LWMUI/Wakaf MUI) bersama Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya akan membangun Pusat Pariwisata Halal (Halal Tourism Hub) Buya Hamka di Kawasan Danau Maninjau, Nagari Sungai Batang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

"Insya Allah, awal tahun 2024 sudah mulai dibangun Halal Tourism Hub Buya Hamka yang akan menjadi gateway pariwisata halal yang diharapkan menjadi role model pariwisata ramah muslim di Indonesia," ungkap Sekretaris Lembaga Wakaf MUI, Guntur Subagja Mahardika, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (16/12/2023). "Model bisnisnya berbasis wakaf produktif," jelas Guntur menambahkan.

Baca Juga: Hindari Kesan Kumuh, DPRD Dorong Penataan Pedagang di Geyser Cisolok Sukabumi

Wakaf MUI dan BI menggandeng Politeknik Pariwisata NHI Kementerian Pariwisata, Yayasan Keluarga Besar Buya Hamka, Keluarga Besar Hajah Fatimah Karim Amrullah dan Buya AR Sutan Mansur, Nagari Sungai Batang, dan komunitas masyarakat Sungai Batang untuk mewujudkan ekosistem pariwisata ramah muslim di Kawasan Danau Maninjau.

Pencanangan (kick-off) Pembangunan Halal Tourism Hub Buya Hamka dilaksanakan di Aula Buya Hamka Gedung Majelis Ulama Indonesia di Jakarta, Kamis (14/12/2023). Hadir Sekretaris Wakaf MUI Guntur Subagja Mahardika, Deputi Direktur DEKS BI Diana Yumanita, Ketua Yayasan Buya Hamka Hisham Hamka, pakar desa wisata dari Poltekpar NHI Kemenpar Sumaryadi, dan perwakilan ahli waris Keluarga Besar Hajah Fatimah Karim Amrullah dan Buya AR Mansur, Satriawan Tanjung.

"Buya Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) adalah founding father yang menjadi salah satu pendiri MUI dan Ketua Umum MUI pertama. Langkah ini sebagai salah satu penghormatan kami kepada ulama besar, tokoh bangsa, figur teladan, yang menginspirasi umat muslim bukan hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara," kata Guntur.

Baca Juga: Istri Habib Rizieq, Syarifah Fadlun bin Yahya Meninggal Dunia karena Sakit

Halal Tourism Hub akan melengkapi Museum Hama dan Masjid Syekh Amrullah di Maninjau yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dari Malaysia, Thailand, dan Singapura,”papar Guntur. Ini juga akan menjadi pusat pengembangan desa wisata di Nagari Sungai Batang dan sekitarnya. “Buya Hamka selain sebagai sosok figur teladan, tapi juga brand yang memberikan nilai tambah tinggi dan memiliki daya tarik wisatawan.

Deputi Direktur DEKS BI Diana Yumanita memaparkan Bank Indonesia konsens dalam pengembangan pariwisata ramah muslim sebagai bagian dari ekosistem rantai nilai halal (halal value chain/HVC) . "Konsep PRM sudah dirumuskan sejak beberapa tahun lalu, alhamdulillah saat ini bisa diwujudkan," tuturnya.

Sumaryadi menjelaskan konsep PRM dimulai sejak 24 Juli 2021 melalui kajian dan diskusi-diskusi hingga melahirkan model yang bisa diimplementasikan. "Terharu dan bersyukur setelah beberapa tahun sekarang kita realisasikan bersama," ungkapnya.

Ketua Yayasan Keluarga Besar Buya Hamka, Hisham Hamka, menyambut baik program pariwisata ramah muslim Buya Hamka. “Kami bersyukur beliau yang sudah wafat 40-an lalu tapi meninggalkan nilai-nilai yang memberikan manfaat bagi anak cucunya,”katanya. Ia juga mengapresiasi film Hamka yang sudah episode kedua menjadi kebanggaan keluarga besar Buya Hamka.

Baca Juga: Maryam, Disabilitas Purabaya Sukabumi Dapat Bantuan Kursi Roda dan Modal Usaha

Satriawan Tanjung yang mewakili ahli waris atas rumah warisan dari Prof Dr Karim Amrullah kepada Fatimah Karim Amrullah, kakak Buya Hamka, mewakafkan berjangka atas lahan sekitar 2.000 meter persegi yang diatasnya terdapat rumah peninggalan yang akan direkonstruksi oleh Wakaf MUI menjadi rumah gadang yang akan menjadi Halal Tourism Hub Buya Hamka, menyampaikan keluarga mendukung atas pemanfaatan aset warisan tersebut untuk kepentingan umat.

"Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan keluarga ahli waris ibu Fatimah Karim Amrullah dan Buya AR Sutan Mansur, menjadi pahala dan berkah untuk wakif serta bermanfaat bagi masyarakat luas," tuturnya.

Diana Yumanita menjelaskan, pengembangan ekosistem rantai nilai halal pariwisata ramah muslim mencakup pengembangan Muslim Friendly Travel Indikator (MuFTI) dan roadmap pengembangan berbasis komunitas/masyarakat.

Pendampingan pengelolaan serta penguatan kelembagaan komunitas berbasis syariah oleh Poltekpar NHI Kemenparekraf dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan perekonomian ekosistem pariwisata ramah muslim.

Baca Juga: Doa Sholat Istikharah, Bacalah Saat Bimbang Menentukan Pilihan

Sumaryadi menjelaskan ada enam sektor yang dikembangkan dalam implementasi smart muslim friendly tourism hub. Pertama, manajemen organisasi; kedua, sales center; ketiga, community business center; keempat, integrated tourist information center; kelima, integrated guest house; keenam, local product showcase.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 00:10 WIB

Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi, Ini Tanggapan PU

Ruas jalan Caringin-Cidahu rusak, warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya perbaiki dengan pengecoran.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi15 Mei 2024, 22:50 WIB

Diduga Kesal Sering Dimarahi, Motif Rahmat Tega Bunuh Ibunya di Kalibunder Sukabumi

Polisi mengungkap motif anak bunuh ibu kandung di Kalibunder Sukabumi. Diduga karena pelaku kesal sering dimarahi korban.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)