Ayep Zaki Hadiri Rapat KPEUI MUI Ke-3, Fokus Implementasi Ziswafta

Selasa 28 November 2023, 08:03 WIB
Ayep Zaki Hadiri Rapat KPEUI MUI Ke-3, Fokus Implementasi Ziswafta (Sumber : Istimewa)

Ayep Zaki Hadiri Rapat KPEUI MUI Ke-3, Fokus Implementasi Ziswafta (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat secara konsisten terus berikhtiar mengawal hasil Sidang Ekonomi Umat 2023 untuk mengimplementasikan Pembangunan ekonomi keumatan.

Rapat KPEUI MUI Ke-3 kali ini diadakan di Thamrin City, Jakarta, Senin (27/11/2023), dalam rangka memonitor para pelaku usaha perdagangan secara langsung.

Dalam Rapat KPEUI MUI Ke-3, Ayep Zaki bersama pengurus KPEUI MUI lainnya yakni Buya Fikri Bareno, Nur Khamim, Ir. Muhammad Suaidy, Iwan, dan Andi YH Juwadi membahas tentang Kemandirian Ekonomi Umat Berbasis Ziswafta (Zakat, Infaq, Sodaqoh, Wakaf dan Taawun). Kegiatan ini menjadi salah satu dari 4 klaster dari hasil sidang Sidang Tahunan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI.

Baca Juga: H Ayep Zaki Bicara Pembangunan Ekonomi Biru di PSPD UGM

Ziwafta adalah konsep dan praktik berbagi rezeki dalam Islam yang memiliki potensi besar untuk memperkuat ekonomi umat. Zifwafta memiliki peran sentral dalam ajaran Islam dan menjadi salah satu dari lima rukun Islam. Zifwafta bukan hanya sekadar amal sosial, tetapi juga instrumen ekonomi yang dapat menggerakkan pertumbuhan dan pembangunan

"Implementasi Kemandirian Ekonomi Umat Berbasis Zifwafta dapat dilakukan dengan cara Fundraising, Fundraising adalah proses mengajak masyarakat baik perseorangan sebagai individu/perwakilan masyarakat maupun lembaga agar menyalurkan dananya kepada organisasi yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Kemandirian Ekonomi Berbasis Ziswaf mempunyai potensi keuangan yang besar di Indonesia." terang Ayep dalam keterangannya.

Baca Juga: 4 Klaster Pemberdayaan Ekonomi Umat, Ayep Zaki: Untuk Kemakmuran Indonesia

Selain itu, Ayep mengatakan bahwa dengan Zifwafta dapat meningkatkan perekonomian nasional dengan meningkatkan permintaan, penawaran barang atau jasa, stabilitas harga, distribusi pendapatan dan meningkatkan penerimaan pajak pemerintah.

Dalam Rapat KPEUI MUI Ke-3, juga dibahas mengenai Gerakan massif yang akan dilakukan seperti pembentukan Dewan Sentral Gerakan KUBAZ (Kemandirian Umat Berbasis Zakat, Infaq, Shadaqah, wakaf dan ta’awun), Pengembangan basis data bersama (database) yang dapat diakses oleh seluruh pengelolan ZISWAF, Akselerasi implementasi terhadap berbagai peraturan perundangan dan melakukan kajian untuk masukan regulasi, Otomatisasi zakat bertahap bagi institusi, katagori institusi pemerintahan, perusahaan, LSM/Ormas, LAZ, dll, dan Insentif bagi Muzakki yang telah membayar Zakat.

Dari pembentukan Gerakan tersebut diharapkan dapat mengembangkan ekosistem Zifwafta yang komprehensif, dan meningkatkan Optimalisasi Fundraising Dana dan dampak positif lainnya untuk ekonomi umat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id
Fashion27 April 2024, 11:30 WIB

7 Tips Berpakaian Agar Terlihat Tinggi, Bikin Badan Jadi Lebih Proporsional

Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman.
Ilustrasi - Dengan sedikit usaha dan strategi, orang bertubuh pendek dapat menemukan pakaian yang pas, stylish, dan nyaman. (Sumber : Pixabay.com/@ditaa12).
Figur27 April 2024, 11:21 WIB

Lahir di Sukabumi, Sastrawan Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Rencananya jenazah Joko Pinurbo akan dimakamkan di Sleman.
Foto Joko Pinurbo pada 2018. | Foto: Instagram/@joko_pinurbo
Inspirasi27 April 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Administrasi Minimal Lulusan SMA dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Administrasi dengan Lokasi Penempatan di Kota Bandung. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)