Terbaru Andre Taulany dan Agnez Mo, 7 Artis yang Dilarang Nyanyikan Lagu Lamanya

Rabu 03 Januari 2024, 14:15 WIB
Ada beberapa artis tanah air yang kini dilarang membawakan lagu lamanya. (Sumber : Instagram).

Ada beberapa artis tanah air yang kini dilarang membawakan lagu lamanya. (Sumber : Instagram).

SIKABUMIUPDATE.com - Ada beberapa artis yang pernah mengalami larangan untuk menyanyikan lagu-lagu lamanya. Alasan di balik larangan ini cukup beragam, mulai dari konflik hak cipta hingga kesepakatan kontrak dengan pihak label atau pencipta lagu

Situasi ini bisa lebih kompleks dan tergantung pada beberapa faktor seperti hak cipta dan konflik perselisihan.

Jika artis yang membawakan lagu tersebut tidak memiliki hak cipta atau tidak memiliki izin dari pencipta, maka mereka mungkin tidak boleh menyanyikan lagu tersebut.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Stres Karena Tekanan Batin Agar Kembali Hidup Bahagia

Apabila artis memiliki perselisihan dengan pencipta lagu, maka pencipta mungkin melarang artis tersebut menyanyikan lagu tersebut.

Mulai dari penyanyi luar negeri Taylor Swift hingga terbaru Agnes Mo dan Stinky mengalami hal tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber via Suara.com, berikut daftar artis dilarang nyanyikan lagu lamanya.

1. Taylor Swift

Profil Taylor Swift, Artis Paling Kaya di Tahun 2023 | Foto: Pinterest/ErinTaylor Swift | Foto: Pinterest/Erin.

Penggemar taylor Swift dibuat kecewa berat lantaran idola mereka dilarang membawakan lagu-lagu lamanya. Terutama lagu yang dirilis saat sang artis masih berada dalam naungan Big Machine Records.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Wanita Sederhana yang Sangat Berkelas di Mata Pria

Larangan itu dikeluarkan oleh mantan pimpinan Big Machine Records yaitu Scott Borchetta dan Scooter Braun pada 2019. Hak atas lagu lawas Taylor Swift setelah album Fearless memang dipegang oleh Big Machine Records. Pemicu pelarangan itu lantaran Taylor hengkang dari Big Machine pada 2018.

Taylor Swift akhirnya merekam ulang semua album lamanya yang berada dalam naungan Big Machine Records menggunakan konsep Taylor's Version agar bisa menyanyikan lagu-lagu hits miliknya itu.

2. Kris Dayanti

Krisdayanti. | Instagram/@krisdayantilemosKrisdayanti. | Instagram/@krisdayantilemos.

Setelah perpisahannya dengan Anang Hermansyah, Krisdayanti dilarang untuk menyanyikan lagu-lagu lamanya. Padahal lagu lawas yang diciptakan oleh Anang itu menjadi salah satu poin yang mengantarkan Kris Dayanti ke puncak kesuksesan.

Baca Juga: 10 Cara Menguatkan Diri Disaat Beban Hidup Semakin Berat

Anang Hermansyah dengan tegas mengharamkan mantan istrinya untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Kris Dayanti sendiri tidak merasa keberatan atas larangan yang ia terima tersebut.

3. Mulan Jameela

Pada tahun 2007 silam, Mulan Jameela dilarang untuk membawakan lagu lamanya yang dipopulerkan bersama Ratu. Alasan mengapa Mulan Jameela dilarang menyanyikan lagu-lagu lamanya adalah karena masalah hak cipta.

Pasalnya lagu lawas itu hak ciptanya dipegang oleh label Ratu yang digawangi oleh Maia Estianty. Jika Mulan ingin menyanyikan lagu tersebut, maka ia harus membayar royalti senilai Rp1 juta untuk setiap lagu.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Pribadi Introvert Terlihat Menarik di Mata Orang Lain

4. Anji

Setelah hengkang dari band Drive, Anji dilarang untuk menyanyikan lagu-lagu dari band yang membesarkan namanya. Hal itu terjadi pada tahun 2011, saat personel Drive menuduh Anji membawakan lagu-lagu hits Drive. Anji sendiri membantah tudingan itu dan mengaku hanya menyanyikan dua lagu saja dan itu pun yang ia ciptakan sendiri.

5. Once Mekel

Ahmad Dhani melarang Once Mekel nyanyikan lagu-lagu Dewa 19 langsung menarik perhatian publik, banyak yang penasaran dengan alasan dibaliknya | Foto: Instagram/@oncemekelofficialAhmad Dhani melarang Once Mekel nyanyikan lagu-lagu Dewa 19 langsung menarik perhatian publik, banyak yang penasaran dengan alasan dibaliknya | Foto: Instagram/@oncemekelofficial.

Ahmad Dhani secara mengejutkan mengeluarkan larangan pada Once Mekel untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Larangan tersebut diungkapkan pada Maret 2023 lantaran Dhani tidak ingin ada konser lain yang menghadirkan lagu Dewa 19 saat pihaknya sedang tur.

Ahmad Dhani memang memegang hak cipta dari lagu-lagu hits dari Dewa 19. Walau demikian, Once Mekel masih boleh menyanyikan lagu ciptaan Dhani dari Ahmad Band, T.R.I.A.D, atau lagu yang diciptakan untuk penyanyi lain seperti Reza Artamevia.

Baca Juga: 10 Cara Menghargai Diri Sendiri Agar Hidup Bahagia Tanpa Terpengaruh Orang Lain

Jika Once melanggar dan tetap membawakan lagu Dewa 19, maka Once akan mendapat sanksi dengan nominal maksimal hingga Rp1 miliar.

6. Agnez Mo

Penyanyi cantik Agnez Mo disorot setelah dilarang untuk membawakan sejumlah lagu andalannya yang diciptakan oleh Ari Bias. Larangan itu diungkapkan Ari Bias pada (28/12/2023).

Beberapa lagu yang dilarang untuk dinyanyikan oleh Agnez Mo adalah Bilang Saja, Ku Di Sini, Bukan Milikmu Lagi, hingga Tak Akan Sampai Di Sini. Menurut Ari Bias, pihaknya sudah menginfokan berlakunya direct license mulai Juli 2023, tetapi pihak Agnez Mo tidak memberikan respon positif.

7. Stinky dan Andre Taulany

Andre Taulany Sedang Membuka Lowongan Kerja, Berminat Daftar? Simak KlasifikasinyaAndre Taulany. | Instagram Andre Taulany.

Selanjutnya ada band Stinky dan Andre Taulany yang dilarang nyanyikan lagu lamanya. Larangan itu dikeluarkan oleh Ndhank Surahman Hartono pada (31/12/2023). Ia adalah pencipta lagu Mungkinkah, yang merupakan lagu paling populer dari Stinky.

Andre Taulany sendiri masih cukup sering membawakan penggalan lagu tersebut di sejumlah acara. Pelarangan disampaikan Ndhank dalam sebuah video yang diunggah di Instagram.

Sumber: Suara.com (Safitri Yulikhah)

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari