10 Artis Korea yang Wajib Militer Tahun 2023, Banyak Member BTS!

Rabu 27 Desember 2023, 16:00 WIB
Banyak Member BTS Wajib Militer: Suga, Jungkook, V, Jimin dan RM BTS | Artis Korea yang Wajib Militer Tahun 2023 | Foto: Instagram/bighit.music_

Banyak Member BTS Wajib Militer: Suga, Jungkook, V, Jimin dan RM BTS | Artis Korea yang Wajib Militer Tahun 2023 | Foto: Instagram/bighit.music_

SUKABUMIUPDATE.com - Wajib militer (wamil) di Korea Selatan adalah suatu kewajiban bagi sebagian besar warga pria yang berusia antara 18 hingga 28 tahun. Kewajiban militer di Korea Selatan diberlakukan sebagai upaya untuk menjaga keamanan nasional mengingat situasi politik yang kompleks di Semenanjung Korea.

Wajib militer di Korea Selatan mencerminkan komitmen pemerintah untuk menjaga keamanan nasional dan mengatasi ancaman yang mungkin timbul di Semenanjung Korea. Wamil juga memainkan peran penting dalam pembentukan identitas nasional dan kebangsaan di Korea Selatan.

Sepanjang tahun 2023 ada banyak artis korea yang mengumumkan bahwa mereka hiatus dari dunia entertainment demi menjalankan wajib militer. Dalam catatan Kaleidoskop 2023, ada sepuluh bintang Korea yang Wajib Militer di tahun 2023, dengan setengah diantaranya adalah member BTS.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Memiliki Sifat Buruk, Bunda Perhatikan Sikapnya!

Artinya, meski terkenal dan punya banyak fans di seluruh dunia, para idola K-pop tidak dibebaskan dari undang-undang wajib militer. Pasalnya, jika warga negara Korea tidak mendaftar wajib militer di umur 30, maka ia akan dipenjara, kecuali jika mendapatkan kebebasan untuk tidak wajib militer.

Berikut deretan aktor dan idola K-Pop yang masuk wamil sepanjang tahun 2023, dirangkum dari Tempo.co, yuk simak!

Artis Korea yang Wajib Militer Tahun 2023

1. Nam Joo Hyuk

Nam Joo Hyuk secara resmi mendaftar pada 20 Maret. Aktor berusia 29 tahun itu mengawali masa wamilnya dengan mengikuti pelatihan dasar selama lima minggu pertama.

Ia dilaporkan telah menyelesaikan pelatihan polisi militer menengah di Sekolah Administrasi Umum Angkatan Darat dan ditugaskan di sebuah batalyon. Nam Joo Hyuk terakhir kali terlihat dalam drama Korea berjudul Twenty-Five Twenty-One.

2. J-Hope BTS

J-Hope menjadi anggota kedua setelah Jin BTS yang harus menjalani wajib militer di 2023. Ia masuk wamil pada April lalu.

Baca Juga: Termasuk Ikan Pari Jawa, 4 Hewan yang Punah Sepanjang Tahun 2023

Sebelum memulai tugas militernya, J-hope sempat berbicara dengan penggemarnya melalui siaran langsung dan juga merilis lagu yang berjudul On the Street yang berkolaborasi dengan J.Cole sebagai hadiah untuk para penggemar. Tugas militer J-Hope diperkirakan akan selesai pada Oktober 2024.

3. Jinyoung GOT7

Sub-vokalis dan visual GOT7 tersebut mendaftar wajib militer pada 8 Mei lalu. Selain sebagai seorang idol, Jinyoung juga dikenal karena perannya dalam serial K-drama dan juga pekerjaannya sebagai penyanyi solo di luar grup GOT7.

Rekannya sesama anggota GOT7, Jay B dan Yugyeom, terlihat mengantarnya bertugas.

4. Member EXO

Pada 11 Mei 2023, Kai EXO harus menjalani wajib militer. Kabar itu membuat para penggemar terkejut karena grup EXO sendiri sedang bersiap untuk comeback setelah beberapa waktu absen.

Sementara itu, Sehun EXO pun telah mengumumkan pendaftaran wamilnya. Pada 13 Desember, dia membagikan surat tulisan tangan kepada para penggemar di Weverse.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Memiliki Sifat Buruk, Perhatikan Sikapnya!

Dalam pengumuman resmi itu terungkap bahwa Sehun menjalani tugasnya mulai 21 Desember. Sehun jadi anggota EXO terakhir yang menjalani wamil.

5. Lee Do Hyun

Lee Do Hyun, aktor yang sedang naik daun yang lahir pada 1995 ini telah mencuri hati publik dengan penampilan memukaunya di berbagai drama, seperti The Glory dan Youth of May. Aktor yang satu ini melaksanakan wajib militernya mulai 14 Agustus 2023.

Penyataan tersebut juga disampaikan langsung oleh agensi Lee Do Hyun, dan sebelum menjalani wajib militernya, Lee Do Hyun mengadakan jumpa penggemar pada 5 Agustus di Grand Theater Pusat Kebudayaan dan Seni Universitas Gwangwoon Donghae di Nowon-gu, Seoul.

6. Suga BTS

BigHit Entertainment mengunggah di Weverse bahwa Suga akan memulai wajib militernya pada 22 September 2023.

"SUGA akan memulai wajib militernya pada 22 September," tulis pernyataan tersebut, dikutip via Tempo, Rabu (27/12/2023).

Pengumuman wamil SUGA BTS juga menambahkan bahwa tidak akan ada acara resmi yang berlangsung di hari Suga mulai wamil atau pada hari ia memasuki kamp pelatihan.

7. RM BTS

Pemimpin grup BTS, Kim Nam-joon atau RM juga mendaftar pada 11 Desember 2023. Sebelum berangkat, rapper tersebut secara khusus meminta para penggemarnya untuk menahan diri agar tidak mengunjungi tempat pendaftaran wamil mereka.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Memiliki Sifat Jahat, Apa Kamu Termasuk?

8. V BTS

Kim Tae-hyung atau V BTS juga sempat mengejutkan semua orang dengan Instagram Story yang memperlihatkan gaya rambut barunya yang telah dicukur. Penampilan itu terjadi beberapa hari sebelum ia menjalani wajib militer pada 11 Desember 2023.

9. Jungkook BTS

Member golden maknae, Jungkook BTS juga menjalankan tugasnya di bulan ini. Sebelum daftar wamil, Jungkook dan V juga melakukan panggilan video untuk menyemangati satu sama lain. Diketahui, Jungkook mendaftar pada 12 Desember 2023.

10. Jimin BTS

Bersama Jungkook, Park Jimin juga mendaftar wamil pada 12 Desember 2023. Dia juga memamerkan kepala plontosnya sehari sebelum pendaftaran.

Saat menjalani tugasnya, Jimin mengejutkan penggemar dengan merilis single digital baru berjudul Closer Than This pada 22 Desember 2023.

Agensi BIGHIT Music mengumumkan perilisan single digital Jimin itu pada Kamis, 21 Desember dini hari waktu Korea Selatan. Lagu tersebut akan dirilis pada Jumat, 22 Desember 2023 pukul 12.00 waktu setempat.

SUMBER: TEMPO.CO | FANI RAMADHANI | SOOMPI | ALLKPOP

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 21:52 WIB

Dinas PU Tangani Ruas Jalan Longsor di Kalibunder Sukabumi

Pasang bronjong hingga perbaikan plat beton, UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. Begini progresnya.
Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB saat monitoring penanganan ruas jalan longsor di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Life07 Mei 2024, 19:30 WIB

Bisa Bunda Terapkan,Inilah 5 Alasan Orang Tua Membesarkan Anak Tanpa Hukuman

alasan orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, membesarkan anak tanpa hukuman.
Ilustrasi membesarkan anak tanpa hukuman (Sumber : pexels.com/@Harrison Haines)