7 Cara Mengatasi Motor yang Boros Bensin, Salah Satunya Ubah Gaya Berkendara!

Kamis 21 September 2023, 13:30 WIB
7 Cara Mengatasi Motor yang Boros Bensin, Salah Satunya Ubah Gaya Berkendara!. (Sumber : Freepik.com@bublikhaus.)

7 Cara Mengatasi Motor yang Boros Bensin, Salah Satunya Ubah Gaya Berkendara!. (Sumber : Freepik.com@bublikhaus.)

SUKABUMIUPDATE.com - Motor adalah salah satu kendaraan yang paling favorit digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kendaraan satu ini dinilai efektif untuk berkendara kemana saja.

Namun, disamping motor yang praktis dan efektif, pengguna kerap mengeluhkan kendaraannya boros bensin. Hal ini tentunya menjadi masalah karena pengeluaran harian menjadi lebih banyak.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi motor boros bensin, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?

1. Harus Mengubah Gaya Berkendara

Mengubah gaya berkendara Anda dapat menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi motor yang boros bensin. Hindari percepatan dan pengereman yang tiba-tiba. Cobalah untuk menjaga kecepatan yang stabil saat berkendara. Penggunaan gas yang terlalu sering dan pengereman yang berlebihan dapat meningkatkan konsumsi bensin.

2. Periksa Tekanan Ban

Memeriksa dan menjaga tekanan ban yang tepat adalah angkah penting dalam mengatasi masalah motor yang boros bensin. Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mengakibatkan berbagai masalah, termasuk konsumsi bensin yang meningkat.

Tekanan ban yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja motor dan konsumsi bensinnya. Ban yang kurang angin meningkatkan resistensi gulir, yang berarti motor perlu bekerja lebih keras untuk bergerak. Ini mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.

Baca Juga: 13 Karakter Orang yang Memiliki Mental Kuat Dalam Menjalani Hidup, Kamu Termasuk?

3. Merawat Mesin Secara Rutin

Merawat mesin motor secara rutin merupakan kunci untuk mengatasi masalah motor yang boros bensin. Mesin yang terawat dengan baik cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan dapat menghemat biaya jangka panjang.

Ganti oli mesin sesuai dengan jadwal yang ditentukan dalam manual pemilik motor Anda. Oli yang kotor atau usang dapat meningkatkan gesekan dalam mesin, yang dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

4. Hindari Muat yang Berlebihan

Menghindari muatan yang berlebihan atau membawa barang yang tidak perlu dalam perjalanan Anda adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah motor yang boros bensin. Muatan yang berlebihan dapat menyebabkan motor bekerja lebih keras, yang akan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mengapa Kamu Hidup Tidak Bahagia? Mungkin Ini Penyebabnya yang Jarang Disadari!

5. Periksa Sistem Bahan Bakar

Pastikan sistem bahan bakar Anda tidak bocor atau mengalami masalah lainnya. Periksa selang bahan bakar, pompa bahan bakar, dan tangki bahan bakar untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik.

6. Gunakan Bensin yang Sesuai

Pastikan juga Anda menggunakan jenis bensin yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Menggunakan bensin yang tidak sesuai dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan membuat motor menjadi boros.

7. Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dapat membantu mengatasi masalah motor yang boros bensin, terutama jika motor Anda membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Cara Mendidik Anak Laki-Laki Dan Perempuan, Bunda Harus Tahu

Bahan bakar beroktan tinggi memiliki sifat yang lebih tahan terhadap detonasional atau ketukan mesin. Ini memungkinkan mesin bekerja dengan lebih efisien dan mencegah kerusakan pada komponen mesin. Dalam beberapa kasus, ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Februari 2024, 22:21 WIB

Antisipasi Kerusakan, Perumdam TJM Sukabumi Perbaiki Kebocoran Pipa di Cicurug

Kepala Perumdam TJM Sukabumi cabang Cicurug, Tatang Somantri, menjelaskan bahwa pekerjaan rutin ini dilakukan untuk mengatasi indikasi kebocoran.
Petugas Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi cabang Cicurug saat memperbaiki saluran pipa di Ruas Jalan Caringin-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Nasional20 Februari 2024, 22:10 WIB

Dorong Jurnalisme Berkualitas, Jokowi Akhirnya Teken Perpres Publisher Rights

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights. Perpres ini disebut sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap produk jurnalisme yang berkualitas.
Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di Hari Pers Nasional di Econventional Hall Ecopark Ancol, Jakarta, Selasa (19/2/2024) | Foto : Capture Youtube Sekretariat Presiden