bankbjb

Jangan Lakukan Kebiasaan Buruk Ini Jika Tidak Ingin Motor Matik Cepat Rusak

Dede Imran
Penulis
Minggu 17 Jul 2022, 10:00 WIB
Jangan Lakukan Kebiasaan Buruk Ini Jika Tidak Ingin Motor Matik Cepat Rusak

SUKABUMIUPDATE.com - Motor matik banyak dipilih karena dianggap lebih mudah digunakan terutama di jalanan perkotaan yang padat dan rawan kemacetan.

Mengendarai motor matik, pengendara tidak perlu repot memindahkan gigi dan mengatur kopling mesin karena telah bekerja secara otomatis.

Melansir dari Suara.com, meski begitu pemilik motor matik sebaiknya tidak terlena. Akibat dimanjakan, secara tidak sadar kerap melakukan kebiasaan yang berpotensi mempercepat kerusakan pada motor matik.

Baca Juga :

Berikut kebiasaan yang membuat motor matik jadi cepat rusak menurut laman Deltalube.

Umumnya, motor matik zaman sekarang sudah dibekali teknologi injeksi dan ECU. Kesalahan pertama yang kerap dilakukan adalah langsung menyalakan mesin ketika kunci kontak di posisi ‘on’.

Padahal, sejatinya pengguna sepeda motor harus menunggu sampai indikator MIL hilang. Hal ini bertujuan agar pemotor bisa mengetahui kondisi motor. Apakah ada kerusakan yang terjadi.

Berikutnya adalah tuas rem ditekan sambil berjalan. Kebiasaan ini paling lazim ditemukan. Pemotor kerap tidak sadar jari tangannya selalu ada di tuas rem dan menekannya.

Dampak yang paling ringan adalah lampu rem yang cepat rusak, sampai yang paling parah yaitu komponen pengereman menjadi cepat aus.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini