10 Cara Mendukung Kesehatan Emosional Anak Berbakat, Yuk Bunda Terapkan Di Rumah

Selasa 18 Juni 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi cara mudah mendukung kesehatan emosional anak berbakat di rumah (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova)

Ilustrasi cara mudah mendukung kesehatan emosional anak berbakat di rumah (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova)

SUKABUMIUPDATE.com - Meskipun penting untuk mendukung anak secara intelektual, namun memelihara kehidupan emosional dan sosial anak juga sama pentingnya. Hal ini berlaku bagi anak yang dua kali luar biasa pemikirannya dan juga untuk mereka yang sangat berbakat.

Seperti yang mungkin pernah orang tua alami, keistimewaan dan bakat ganda tidak hanya berdampak pada kehidupan akademis anak, tetapi juga berpengaruh ke semua aspek lainnya.

Mengutip dari laman davisongfted, bagi banyak anak, rumah adalah tempat mendasar untuk membangun dan mempertahankan kesejahteraan emosional. Meskipun ada banyak cara dalam mendorong kesehatan emosional anak di rumah.

Akan tetapi berikut strategi umum yang mungkin berguna untuk mendukung kesehatan emosional anak berbakat :

Baca Juga: 5 Aturan Makan Malam Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

1. Tentukan Seberapa Terlibatnya Orang Tua

Seberapa besar partisipasi orang tua dalam tugas sehari-hari anak dapat berubah seiring waktu dan mungkin terlihat berbeda untuk setiap keluarga. Maka orang tua perlu menentukan ingin terlibat seberapa banyak dalam kehidupan anak,

2. Tetapkan Tujuan dan Harapan yang Realistis

Memahami apa yang ada di pikiran anak merupakan langkah penting. Menjadwalkan waktu untuk bermain dengan terstruktur atau waktu senggang dapat membantu mereka merasa seimbang dalam memiliki tujuan serta harapan yang realistis.

3. Jaga Jalur Komunikasi Tetap Terbuka

Menyisihkan waktu secara spesifik mendiskusikan apa yang dilakukan anak-anak dapat menciptakan ruang yang aman untuk berekspresi dan memungkinkan orang tua menjadi orang kepercayaan bagi anaknya.

Seperti contoh, orang tua bisa mengadakan pertemuan keluarga mingguan atau berjalan-jalan sebentar hanya dengan anak-anak. Jika mereka kesulitan dengan komunikasi langsung, cari alternatif lain seperti membuat jurnal bersama.

Melibatkan anak dan orang tua berbagi jurnal, akan membantu masing-masing menuliskan pikiran atau perasaan dan menanggapi akan sesuatu mengenai pemikiran serta perasaan satu sama lain.

Baca Juga: Tidak Melulu Soal IQ, Ini 3 Ciri-ciri Umum Anak Berbakat Dilihat Dari Sifatnya

4. Mendorong Ekspresi Diri dan Eksplorasi

Salah satu cara anak menemukan kenyamanan dalam emosinya adalah melalui ekspresi diri. Namun, beberapa anak-anak membutuhkan lebih banyak struktur atau dorongan untuk belajar mengekspresikan diri.

Menemukan aktivitas kreatif seperti akting, menulis, melukis, dan menyanyi bisa menjadi jalan keluarnya. Anak-anak lain mungkin lebih mengekspresikan diri mereka secara fisik melalui tarian, seni bela diri, atau olahraga lainnya. Jika seorang anak didorong untuk mengekspresikan dirinya, kemungkinan besar dia akan mengembangkan pemahaman tentang emosinya sendiri.

5. Ciptakan Zona Tenang Didalam Rumah

Miliki zona tenang di rumah untuk anak-anak dapat membantu mendukung kesejahteraan emosionalnya. Bagi sebagian anak, ini mungkin kamar mereka. Namun, yang lain membutuhkan lebih sedikit masukan sensorik atau ruang lebih kecil agar merasa santai seperti tenda dalam ruangan.

Ruang ini dapat berisi barang-barang yang mereka sukai, membuatnya bahagia, atau memberi anak-anak kenyamanan.

6. Sisihkan Waktu Khusus

Menjadwalkan waktu berdua yang berkualitas dengan anak dapat membantu memupuk ikatan lebih kuat. Waktu tersebut bisa dihabiskan untuk berjalan-jalan bersama atau mengerjakan suatu proyek, keterampilan, atau hobi.

Baca Juga: Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah: 4 Cara Memasukannya Kedalam Pola Makan

7. Bersikaplah Jeli Pada Perilaku Anak

Carilah trend perilaku dalam upaya menentukan apa yang memicu respons emosional yang tidak diinginkan dari anak.

Dengan mengetahui bagaimana anak bereaksi terhadap lingkungannya dapat membantu orang tua membentuk respons yang tepat, dan pada gilirannya membuat anak-anak merasa dipahami atau dihargai.

8. Bersikaplah Konsisten

Seorang anak bisa jadi bingung ketika menerima pesan yang campur aduk, dan bersikap konsisten sebagai orang tua bisa menjadi tantangan.

Jika Anda atau pasangan tidak sependapat, mungkin ada baiknya mengeksplorasi alasan dan menemukan titik temu. Selain itu, akan bermanfaat jika strategi yang digunakan di sekolah diterapkan di rumah dan sebaliknya.

Ketika seorang anak secara konsisten berhasil dalam hal tersebut, maka harapan yang lebih berbeda dapat diterapkan.

9. Jadilah Teladan

Anak-anak belajar tentang dunia di sekitar mereka melalui observasi serta perilaku orang tuanya. Sehingga cara Anda membawa diri dapat mempengaruhi cara anak memahami dan mengekspresikan emosinya. Karena bagi anak, orang tua adalah contoh teladan.

Baca Juga: 11 Cara Ampuh Mengelola dan Mencegah Lonjakan Gula Darah, Bebas Diabetes!

10. Membangun Literasi Emosional

Beberapa anak memerlukan instruksi eksplisit dalam mengidentifikasi dan mengartikulasikan perasaan mereka. Salah satu alat yang dapat memfasilitasi hal ini adalah bagan emosi. Bagan emosi dapat mencakup kata-kata, hewan, foto kehidupan nyata, atau elemen abstrak seperti warna.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel22 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Perkedel Kentang, Makanan Rumahan yang Mudah Dibuat!

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat utama yang dikonsumsi di seluruh dunia dan memiliki banyak manfaat serta kegunaan dalam berbagai jenis masakan.
Ilustrasi. Resep Perkedel Kentang, Makanan Rumahan yang Mudah Dibuat! (Sumber : Freepik/@freepik)
Science22 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 22 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Awal pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi21 Juli 2024, 23:20 WIB

Aksi Maling Nekat Terekam CCTV di Sukabumi, Bawa Kabur Motor di Depan Korban

Terekam CCTV aksi nekat maling motor yang bawa kabur barang curiannya di depan korban di Cicurug Sukabumi.
Sosok pelaku pencurian motor di depan Toko Kosmetik di Jalan Cimelati, Cicurug Sukabumi. (Sumber : Tangkapan Layar CCTV/Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 22:34 WIB

RW 05 Kebon Manggu Kota Sukabumi Peringati 10 Muharram Dengan Santuni Anak Yatim dan Jompo

Pengurus RW 05 Kampung Kebon Manggu Kota Sukabumi peringati 10 muharram 1446 H dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan jompo.
RW 05 Kampung Kebon Manggu, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi menggelar kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim dan jompo dalam rangka memperingati 10 Muharram 1446 H. (Sumber : Istimewa)
Life21 Juli 2024, 22:00 WIB

9 Tips Hidup Bahagia di Usia Tua, Yuk Rencanakan Masa Depan dengan Bijak!

Pastikan Anda merencanakan keuangan dengan baik untuk keamanan finansial di masa tua. Konsultasikan dengan penasihat keuangan jika diperlukan agar hidup bahagia di usia tua nanti.
Ilustrasi. Lansia. Jangan lupa untuk sering tertawa dan menikmati momen-momen ringan. Humor dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)