5 Tips Mudah Mencegah Sembelit Saat Hamil yang Bisa Bunda Terapkan

Kamis 06 Juni 2024, 12:45 WIB
Ilustrasi berolahraga secara rutin dapat membantu ibu hamil mencegah sembelit saat masa kehamilan (Sumber : pexels.com/@Jessicamonte)

Ilustrasi berolahraga secara rutin dapat membantu ibu hamil mencegah sembelit saat masa kehamilan (Sumber : pexels.com/@Jessicamonte)

SUKABUMIUPDATE.com - Sembelit adalah kesulitan buang air besar secara teratur. Bagi ibu hamil ini adalah gejala kehamilan umum, meski akan merasakan sembelit tidak teratur, keras, dan rasa sakit yang menyertainya saat hamil.

Beberapa wanita yang sedang hamil biasa akan hamil ketika sudah memasuki masa kehamilan, biasanya berhubungan dengan hormon kehamilan (yang dapat memperlambat sistem pencernaan).

Sementara bagi orang yang menderita sembelit sebelum hamil, kondisi ini hanyalah kelanjutan atau peningkatan dari masalah normal dari kesehatan mereka.

Baca Juga: 10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

Meski begitu, sembelit dapat menimbulkan efek samping lain yang dialami seperti wasir, yaitu pembengkakan pembuluh darah di rektum yang sangat tidak nyaman sampai menyebabkan nyeri, gatal, atau berdarah.

Melakukan beberapa perubahan gaya hidup ketika hamil mungkin dapat membantu terhindar dari sembelit dan bisa meredakan sembelit yang sudah terlanjur di alami. Meskipun langkah-langkah ini mungkin tidak berhasil untuk semua orang, tetapi sebagiannya mendapati bahwa perawatan rutin membantu menjaga pergerakan usus mereka.

Merangkum dari laman verywellfamily.com, berikut tips untuk mencegah sembelit saat hamil:

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

1. Minum Lebih Banyak Air Putih

Minum air putih yang cukup setiap hari dapat membantu membuat buang air besar lebih sering dan mudah dikeluarkan. Maka dari itu, tetap terhidrasi penting bagi semua orang, terutama saat hamil.

2. Makan Lebih Banyak Serat

Serat ditemukan dalam sumber alami seperti buah-buahan dan sayuran, juga dalam kacang-kacangan serta beberapa biji-bijian. Sumber alami ini akan membantu buang air besar menjadi lebih teratur.

3. Lebih Banyak Berolahraga

Olahraga dikenal dapat membantu menjaga buang air besar secara teratur. Ini tidak harus berupa kelas aerobik atau lari beberapa mil. Akan tetapi, dengan menambahkan lebih banyak gerakan pada hari Anda dapat meningkatkan fungsi usus.

Baca Juga: Cara Membuat Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

4. Perhatikan Asupan Kalsium

Terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan sembelit. Kalsium ditemukan dalam banyak makanan dan suplemen, khususnya produk susu. Jika mengkonsumsi susu dan keju secara berlebihan, maka usus Anda mungkin bisa tersumbat.

5. Tanyakan Pada Dokter Tentang Pengobatan

Beberapa obat mungkin dapat meningkatkan Anda mengalami sembelit. Salah satu penyebab utama saat kehamilan adalah mengkonsumsi vitamin prenatal kaya zat besi, yang sering diberikan untuk membantu mencegah anemia.

Sebuah penelitian menemukan bahwa merk vitamin prenatal tertentu mungkin dapat mengurangi sembelit hingga 30%. Ada obat yang tersedia untuk membantu mengatasi sembelit, tetapi umumnya sebagai pilihan terakhir.

Obat - obatan ini dapat menimbulkan masalah khususnya pada kehamilan. Jadi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum meminum apapun meskipun obat tersebut dijual bebas (OTC).

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Pakai Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Wanita Usia 20 Tahun

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi