Lakukan 8 Cara Ini Untuk Membangun Kosakata Anak Agar Lebih Mudah Belajar Membaca

Rabu 05 Juni 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi cara membangun kosakata anak agar bisa lancar dalam membaca (Sumber : Pexels.com/@Linakivaka)

Ilustrasi cara membangun kosakata anak agar bisa lancar dalam membaca (Sumber : Pexels.com/@Linakivaka)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebelum seorang anak belajar membaca, mereka perlu memiliki pemahaman yang baik dan menyeluruh tentang kata-kata dasar serta artinya. Meskipun mungkin terdengar agak berlebihan, tapi ada cara yang sangat mudah untuk membangun kosakata anak prasekolah agar bisa memperkenalkan konsep membaca awal.

Mulai dari membacakan buku dengan suara keras untuk anak prasekolah hingga sekadar terlibat dalam percakapan, bisa membantu si kecil mempelajari kata-kata, cara kerjanya, apa artinya, persamaannya, perbedaannya, dan masih banyak lagi.

Orang tua dapat membantu keterampilan berbahasa bahkan ketika anak mengalami keterlambatan bicara. Faktanya, semakin banyak yang orang tua lakukan untuk membantu anak-anak mengatasi tantangan, maka semakin baik pula persiapan anak tersebut ketika memasuki taman kanak-kanak.

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

Ada beberapa aktivitas pengembangan kosa kata yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan oleh orang tua serta anak setiap hari, sehingga bisa membantu mengajari si kecil kata-kata baru.

Merangkum dari laman verywellfamily.com, berikut beberapa cara untuk membangun kosa kata agar lebih mudah membaca:

1. Kunjungi Perpustakaan Terdekat

Jika mencari tempat yang bagus untuk mulai membangun kosa kata anak prasekolah dan keterampilan membaca awal, Anda bisa mengunjungi perpustakaan setempat. Sebuah penelitian menunjukkan korelasi yang kuat antara penggunaan perpustakaan dan keterampilan membangun literasi pada anak kecil.

2. Pengganti Sinonim

Cara mudah untuk memperkenalkan anak pada kata-kata baru adalah dengan menggunakannya sendiri melalui ucapan ayah atau ibu ketika mengajarkan membaca. Bagaimanapun, orang tua adalah panutan pertama dan terbaik bagi anak.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengganti sinonim berbagai kata. Meskipun sinonim biasanya merupakan kata-kata yang memiliki arti sama, tapi sering kali sinonim lebih deskriptif daripada kata aslinya.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

3. Ajarkan dan Perkuat Alfabet

Menyanyikan lagu ABC dapat memberikan penguatan dan kepercayaan diri kepada anak-anak yang sedang mempelajari alfabet. Orang tua juga bisa memainkan sebuah permainan huruf.

Seperti kalimat “Saya Akan Piknik atau Permainan Alfabet” di mana ayah ataupun ibu memberi nama item yang dimulai dengan huruf sesuai urutan abjad. Si kecil mungkin juga menikmati permainan yang berfokus pada pengembangan keterampilan alfabet.

4. Gunakan Kata-kata Deskriptif

Dalam hal meningkatkan kosakata anak agar lebih baik, maka harus semakin banyak kata yang didengar anak Anda setiap hari. Karena semakin banyak pula ia akan belajar, sehingga akhirnya bisa menggunakan kata itu sendiri.

5. Buat Label

Jika Anda ingin si kecil mempelajari lebih banyak kata, lakukanlah dengan mudah. Selain sering mengucapkannya, cobalah untuk menunjukkan dengan membuat sebuah label.

Kembangkan pemahaman dasar mereka tentang kata-kata terkenal dengan menggunakan pembuat label untuk memberi nama item yang umum digunakan, sehingga anak-anak belajar mengenali seperti apa kata tersebut.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

6. Menjadi Penyortir Super

Melihat adalah belajar dalam memperkenalkan kata-kata baru. Mengajari si kecil cara menyortir dan mengkategorikan suatu kata akan membantu pemikiran logis mereka serta membangun kosa katanya.
Cara yang baik untuk membantu anak-anak prasekolah mempelajari kata-kata baru adalah dengan memahami apa yang mereka dengar dan membantu memvisualisasikannya. Gunakan kartu flash atau potongan gambar dari majalah untuk permainan ini.

7. Latihan Sajak

Bersajak tidak hanya menyenangkan, tetapi juga merupakan cara mudah untuk membuat anak berpikir tentang bagaimana kata-kata yang berbeda dapat berhubungan satu sama lain.

8. Membaca dengan Keras Bersama

Selain menjadi cara yang bagus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama si kecil, membaca dengan suara keras adalah cara yang bagus juga untuk mengenalkan mereka pada kata-kata baru.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi, Polisi Selidiki Penyebabnya

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist