9 Cara Mengajari Anak Berperilaku Baik: Seni Menjadi Ibu Bijak dan Penyayang

Rabu 05 Juni 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi - Orang tua memiliki peran penting dalam mengajari anak berperilaku baik. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)

Ilustrasi - Orang tua memiliki peran penting dalam mengajari anak berperilaku baik. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)

SUKABUMIUPDATE.com - Membesarkan anak yang berperilaku baik telah menjadi tugas berat bagi sebagian besar orang tua saat ini. Orang tua memiliki gaya hidup yang sibuk dan sulit menyeimbangkan komitmen pribadi dan profesional mereka.

Budaya kerja yang padat membuat waktu untuk berinteraksi dan berhubungan dengan anak menjadi lebih sedikit. Oleh karena itu, pembelajaran yang penting untuk mengembangkan karakter yang kuat demi masa depan yang terjamin diabaikan atau tidak ditekankan secara konsisten oleh orang tua.

Bagaimana cara agar anak berperilaku baik? Mengapa anak saya tidak berperilaku baik di hadapan orang lain? Bagaimana cara mengajar anak berperilaku di sekolah? Ini adalah beberapa pertanyaan mencolok yang dilontarkan orang tua.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan agar anaknya dapat berperilaku baik, dihimpun dari laman parenting.firstcry,

1. Akui Perasaan Anak

Sangat penting untuk mengakui perasaan anak Anda dan tidak mengabaikannya. Misalnya, jika anak Anda marah karena Anda mengambil mainannya, usahakan untuk tidak mengabaikan perasaannya dan berusahalah menenangkannya dengan memberikan penjelasan atas tindakan Anda.

Anak perlu mengetahui alasan sebenarnya Anda melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, memberitahu dia bahwa Anda mengambil mainan itu karena sudah waktunya dia menikmati makanan atau karena dia berperilaku tidak pantas akan membantu Anda menyampaikan maksud Anda dengan lebih baik.

2. Atur Ulang Pikiran Anda

Cobalah untuk memahami bahwa anak Anda tidak sengaja bersikap keras atau menyulitkan. Dia hanya tidak memahami pentingnya semua itu. Oleh karena itu, daripada mengungkapkan kekecewaan Anda atas perilaku tidak pantas yang dilakukan anak Anda, cobalah katakan padanya bahwa Anda memahami dia mengalami kesulitan dan tawarkan bantuan.

Ingatlah bahwa anak Anda sedang berjuang untuk mengekspresikan dirinya, dan hanya Anda yang memegang kunci untuk membantunya melampiaskan perasaannya.

3. Mengubah Konsep Disiplin

Kata disiplin berasal dari kata Latin “mengajar”. Anda dapat membuang hukuman karena menegaskan kembali pentingnya perilaku yang baik dan menggunakan kata-kata yang meyakinkan serta isyarat motivasi untuk mendorongnya juga.

Misalnya saja, mengatakan bahwa Anda bangga terhadap anak Anda karena berperilaku baik, dan bersikap baik serta penuh perhatian ketika dia melakukan sesuatu yang benar-benar menyentuh hati, akan mendorongnya untuk terus menunjukkan perilaku terbaiknya.

4. Gunakan Nada Pelan

Jangan pernah berteriak, membentak, atau berteriak ketika Anda harus menyampaikan maksud. Menggunakan nada yang tidak pantas kepada anak-anak sering kali membuat mereka menjauh dan kurang berempati terhadap kekhawatiran Anda.

Ingatlah bahwa anak-anak sangat meniru orang tuanya. Oleh karena itu, penting untuk bersikap tegas dan dengan tenang menekankan inti permasalahan agar anak Anda dapat memahaminya.

5. Berterimakasih Kepada Anak

Jangan pernah gagal untuk merespons atau mengakui tindakan anak Anda. Jika anak Anda sudah pandai merapikan kamarnya, tepuk-tepuk punggungnya karena telah melakukan tugasnya dengan baik, atau ucapkan terima kasih.

Mengucapkan kata-kata positif, seperti “Bagus sekali!”, “Terima Kasih!” itu akan membuat anak Anda merasa senang dan merasakan pencapaian juga.

6. Gunakan Motivasi

Bagan hadiah sangat berguna saat mendisiplinkan anak Anda. Investasikan pada satu dan sediakan stiker untuk menyoroti perilaku baik. Jual gagasan berperilaku baik dengan imbalan yang akan diterima anak Anda setelah memperoleh sejumlah poin tertentu.

7. Berikan Pilihan

Jelaskan kepada anak Anda bahwa perilaku yang baik akan memberinya imbalan dan penghargaan, sedangkan perilaku buruk akan menimbulkan kekecewaan di antara orang-orang yang dicintainya, baik itu keluarga atau teman-temannya.

Memberikan pilihan pada anak memberinya waktu untuk berpikir dan memutuskan apa yang diinginkannya. Hal ini juga mendorongnya untuk membedakan antara benar dan salah dan selalu mengikuti prinsip itu.

8. Kirimkan Peringatan Lembut

Jangan mengakhiri apa pun yang dilakukan anak Anda secara tiba-tiba. Anak-anak benci kalau mereka tidak diberi peringatan sebelumnya tentang apa yang akan terjadi. Misalnya, jika Anda ingin mereka berhenti menonton TV, berikan sinyal “peringatan 5 menit” sebelum tiba waktunya untuk mematikannya.

Dengan cara ini, mereka akan siap secara mental untuk menghadapi apa yang dapat mereka harapkan.

9. Ajarkan Rasa Syukur

Anak-anak perlu diajari rasa syukur dan pentingnya hal itu, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menetapkan rutinitas kecil, baik di pagi hari atau sebelum tidur, untuk bersyukur atas semua yang mereka miliki.

Setelah rutinitas ini ditetapkan, Anda akan melihat betapa cepatnya hal ini tercermin dalam aspek lain kehidupan anak Anda, baik di sekolah, di rumah, atau di pesta dan pertemuan sosial lainnya.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Juni 2024, 22:02 WIB

Terekam CCTV, Pria Dengan Santai Curi Motor di Area Parkir Masjid Cibadak Sukabumi

Aksi pencurian kendaraan motor kembali terjadi. Kali ini terjadi di area parkir Masjid Darul Matin, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 12.20 WIB.
Pelaku pencurian motor di Masjid Darul Matin, Cibadak, tertangkap kamera CCTV saat melancarkan aksinya pada Selasa (25/6/2024) | Foto : capture video cctv / ibnu sanubari
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI
Sehat25 Juni 2024, 18:45 WIB

Asam Lambung Kambuh? Coba 9 Cara Meredakan Refluks Asam Ini di Rumah

Ketika asam lambung naik, maka perut kita akan terasa tidak nyaman. Bisa jadi kembung, mulas, bahkan hingga mual, dan muntah ketika refluks asam naik ke tenggorokan.
Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan di rumah untuk meredakan asam lambung (Sumber : Freepik.com/@8photo)