9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Rabu 22 Mei 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)

Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)

SUKABUMIUPDATE.com - Aktivitas berat atau tidak tepat sebelum tidur bisa mempengaruhi kadar gula darah dan kualitas tidur.

Padahal, bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah tetap stabil adalah hal yang penting, terutama di malam hari.

Berikut beberapa aktivitas berat di malam hari yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, dirangkum dari berbagai sumber:

Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

1. Olahraga Intens

  • Efeknya: Olahraga intens seperti lari cepat, angkat beban berat, atau kelas kebugaran yang sangat intens dapat meningkatkan adrenalin dan kortisol, yang bisa mengganggu tidur dan menyebabkan fluktuasi kadar gula darah.
  • Saran: Penderita diabetes sebaiknya memilih olahraga ringan atau sedang seperti berjalan santai atau yoga beberapa jam sebelum tidur.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Tanpa Obat-obatan

2. Makan Besar atau Makanan Tinggi Karbohidrat

  • Efeknya: Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
  • Saran: Konsumsi makanan ringan dan seimbang sebelum tidur, seperti camilan tinggi protein atau serat yang dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil.

3. Mengonsumsi Kafein atau Minuman Berenergi

  • Efeknya: Kafein dapat meningkatkan gula darah dan membuat sulit tidur. Minuman berenergi sering kali mengandung gula tinggi dan kafein.
  • Saran: Penderita diabetes sebaiknya menghindari kafein setidaknya 4-6 jam sebelum tidur. Pilih minuman tanpa kafein atau herbal tea yang menenangkan.

4. Aktivitas Stres Tinggi

  • Efeknya: Aktivitas yang menimbulkan stres tinggi seperti kerja yang berlebihan, bermain video game intens, atau menonton film horor dapat meningkatkan hormon stres, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah.
  • Saran: Penderita diabetes bisa melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan, atau meditasi.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

5. Penggunaan Gadget Berlebihan

  • Efeknya: Cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur, dan meningkatkan stres, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah.
  • Saran: Penderita diabetes sebaiknya membatasi penggunaan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur. Gunakan mode malam pada perangkat Anda untuk mengurangi cahaya biru.

6. Merokok atau Menggunakan Produk Nikotin

  • Efeknya: Nikotin adalah stimulan yang dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, serta mengganggu tidur. Ini juga dapat mempengaruhi kadar gula darah.
  • Saran: Penderita diabetes sebaiknya menghindari merokok atau menggunakan produk nikotin sebelum tidur. Jika mungkin, pertimbangkan untuk berhenti merokok dengan bantuan profesional kesehatan.

7. Minum Alkohol Berlebihan

  • Efeknya: Alkohol dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah, baik hipoglikemia maupun hiperglikemia. Selain itu, alkohol dapat mengganggu pola tidur sehingga termasuk Aktivitas yang tergolong berat.
  • Saran: Penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi alkohol dan hindari minum alkohol beberapa jam sebelum tidur.

Baca Juga: 10 Cara Mendekati Anak yang Marah pada Orang Tua, Jangan Pernah Menyalahkan Ya Bund!

8. Mengabaikan Pengobatan

  • Efeknya: Lupa atau sengaja melewatkan dosis obat diabetes dapat menyebabkan ketidakstabilan gula darah yang bisa mengganggu tidur dan kesehatan secara keseluruhan.
  • Saran: Pastikan untuk mengambil obat sesuai dengan anjuran dokter dan memiliki rutinitas yang konsisten.

9. Aktivitas Fisik yang Menyebabkan Cedera

  • Efeknya: Aktivitas fisik yang berpotensi menyebabkan cedera atau trauma pada tubuh dapat meningkatkan stres dan menyebabkan rasa sakit yang mengganggu tidur.
  • Saran: Penderita diabetes sebaiknya menghindari aktivitas yang berpotensi berbahaya atau berat yang tidak perlu sebelum tidur. Fokus pada aktivitas yang lembut dan menenangkan.

Baca Juga: 12 Kebiasaan yang Bisa Menjerumuskan Diri ke Hal Tidak Baik dan Tips Menghindarinya

Menghindari aktivitas berat dan tidak tepat di malam hari sangat penting bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah stabil dan memastikan kualitas tidur yang baik.

Fokus pada rutinitas yang menenangkan dan makanan yang seimbang dapat membantu mengelola diabetes dengan lebih efektif dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan pribadi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 12:47 WIB

30 Paket Sabu Ditemukan di Cicurug Sukabumi, Pemiliknya Kabur

Sebanyak 30 paket sabu ditemukan di semak-semak di sekitar Perumahan Gedung Putih RT 5/5, Kampung Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Penemuan 30 paket sabu di Desa Purwasari Cicurug Sukabumi | Foto : Ist
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)