11 Kegiatan untuk Meningkatkan Perkembangan Balita, Salah Satunya Dorong Permainan Pura-Pura

Selasa 30 April 2024, 20:55 WIB
Ilustrasi perkembangan balita / Sumber : pexels.com/@pixabay

Ilustrasi perkembangan balita / Sumber : pexels.com/@pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin salah satu hal terpenting yang dilakukan anak Anda setiap hari adalah bermain. Ini adalah cara balita menjelajahi dunia di sekitarnya sambil melatih keterampilannya. Pengasuh dapat berperan aktif dalam waktu bermain dengan menyelenggarakan kegiatan edukatif dan interaktif di rumah.

Butuh inspirasi? Lihat kumpulan 11 aktivitas perkembangan untuk balita berikut. Semua aktivitas ini mendukung pertumbuhan fisik, kognitif, dan emosional mereka. Mereka juga meningkatkan ikatan orang tua-anak, yang memperkuat hubungan Anda.

1. Cobalah Dengan Bermain Tekstur

Balita adalah pembelajar sensorik yang menyentuh, mencium, dan merasakan untuk memahami dunia di sekitarnya. Gunakan spidol gelap untuk menjiplak huruf dan angka pada papan poster. Kemudian mintalah anak Anda menghias huruf-huruf tersebut dengan benda-benda bertekstur seperti amplas yang sudah dipotong, bola kapas, dan pembersih pipa, namun hindari benda-benda yang dapat menimbulkan bahaya tersedak.

2. Mengukur

Kegiatan tumbuh kembang balita ini menggunakan benda sehari-hari untuk mengajari mereka cara mengukur. Meskipun penggaris adalah alat ukur yang paling umum, bereksperimen lah dengan bentuk pengukuran lain agar proses pembelajaran lebih menarik.

3. Beri Label Pada Peralatan Rumah Tangga

Pilih satu atau dua benda untuk diberi label di rumah Anda seperti lemari es, jendela, dan kursi, dan putar benda-benda yang diberi label tersebut setiap beberapa bulan. Buatlah label dengan ukuran yang sama dan gunakan font dasar agar anak-anak dapat mengidentifikasinya dengan mudah.

4. Perkenalkan Organisasi

Peliharalah semangat menolong anak Anda dengan mendorong pengorganisasian di rumah Anda. Cobalah untuk menerima kualitas ini meskipun hal itu mungkin memperlambat aktivitas dan tugas. 

5. Atur Perburuan Pemulung

Anak-anak adalah penyelidik alami dan mereka suka menjelajah. Perburuan pemulung dapat dilakukan sebelumnya atau ditemukan langsung di tempat. Di supermarket, carilah makanan dengan warna tertentu (misalnya ungu) atau carilah benda-benda dengan bentuk yang sama (misalnya lingkaran) di sekitar rumah. Anda juga dapat berpura-pura tidak dapat menemukan karton jus jeruk atau sepasang kaos kaki. Kirimkan anak Anda ke misi menyenangkan untuk menemukan barang-barang di rumah.

6. Permainan Ambil alih Kota

Kenali kota Anda dengan menunjukkan supermarket, stasiun pemadam kebakaran, pompa bensin, dan tempat menarik lainnya. Saat Anda melewati setiap tempat, diskusikan detail makanan pokok di lingkungan tersebut. Ini termasuk siapa yang bekerja di sana, tujuan kunjungan Anda, dan barang apa saja yang Anda temukan di dalamnya.

7. Nyanyikan Kata Kosakata

Untuk aktivitas perkembangan balita ini, buatlah lagu-lagu lucu tentang kata-kata berima dan berhitung sampai 10, atau nyanyikan lagu klasik seperti "Lagu Alfabet". Orang tua dapat mendukung perkembangan kata-kata anak mereka dengan menggunakan kata-kata dan suara yang berbeda untuk meningkatkan perluasan kosa kata anak mereka, kata Allyn, yang juga direktur eksekutif dan pendiri LitWorld.

8. Buat Daftar Nama Hari

Pada selembar papan poster, buat kotak kalender dan sisakan ruang di bagian atas untuk menambahkan tanda yang mewakili setiap bulan. Tuliskan hari-hari dalam seminggu di bagian atas dan nomor 31 kartu dengan nomor satu sampai 31.

9. Sematkan Gambar

Simpan foto teman dan keluarga di papan buletin di kamar anak Anda untuk mengembangkan asosiasi kata dan meningkatkan daya ingat. Tuliskan nama orang pada catatan tempel (sertakan judul seperti "bibi", "paman", dan "sepupu") dan letakkan di bagian bawah setiap foto. Sering-seringlah merujuk pada kata-kata tersebut, terutama pada pertemuan keluarga. Hapus catatan tempel dari gambar saat anak Anda menjadi lebih akrab dengan semua orang.

10. Siapkan Dinding Jendela Cuaca 

Anak Anda bisa menjadi ahli meteorologi junior dengan membuat jendela cuaca. Ambil selembar kertas putih kosong dan mintalah anak Anda menggambar cuaca hari itu dengan menggunakan media seni apapun seperti krayon, spidol, cat air.

11. Dorong Permainan Pura-pura

Balita belajar tentang dunia di sekelilingnya melalui permainan pura-pura atau khayalan. Mereka tidak hanya dapat meniru beberapa orang dewasa yang mereka lihat dalam kehidupan mereka, namun mereka juga mendapatkan kesempatan untuk menggunakan imajinasi dan kreativitas mereka.

Lengkapi si kecil dengan pakaian sederhana untuk berdandan. Carilah barang-barang pokok di sekitar rumah Anda seperti topi dan aksesoris yang berbeda, atau Anda dapat membeli perlengkapan dokter yang murah atau barang-barang rias lainnya seperti topi dan celemek koki.

Saat Anda berinteraksi dengan si kecil, biarkan mereka yang memimpin. Saat mereka berpura-pura, mereka akan mengembangkan keterampilan sosialnya serta belajar menguasai tindakan dasar seperti mengenakan topi atau mengenakan celemek di atas kepalanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat21 Mei 2024, 14:30 WIB

9 Cara Menghilangkan Sakit Asam Urat Seketika, Bisa Konsumsi Minuman Alami!

Dengan kombinasi dari langkah-langkah sehat, Anda dapat meredakan serangan asam urat dan mengurangi rasa sakit secara signifikan. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan jangka panjang dan pencegahan serangan di masa mendatang.
Ilustrasi. Konsumsi Minuman Alami. Cara Menghilangkan Sakit Asam Urat Seketika! (Sumber : Pexels.com/PolinaTankilevitch)
Internasional21 Mei 2024, 14:00 WIB

Covid-19 di Singapura Meledak Nyaris Dua Kali Lipat, Warga Diminta Pakai Masker

Warga diminta pakai masker, imbas kasus Covid-19 di Singapura kembali meledak
Ilustrasi. Warga diminta pakai masker, imbas kasus Covid-19 di Singapura kembali meledak. (Sumber : pixabay.com/@Tumisu)
Sukabumi21 Mei 2024, 13:55 WIB

Pemkot Sukabumi Komitmen Dukung PPDB Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Kusmana menekankan pentingnya komitmen semua pihak untuk mematuhi aturan yang berlaku dalam PPDB.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menandatangani komitmen dukungan penyelenggaraan PPDB pada Selasa (21/5/2024) di Oproom Setda Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat21 Mei 2024, 13:45 WIB

5 Makanan Terburuk Untuk Kadar Gula Darah, Hindari Sebisa Mungkin!

Ada beberapa makanan buruk yang dapat menjadi penyebab kadar gula darah meningkat, lalu akhirnya menimbulkan berbagai penyakit. Maka dari itu mulailah untuk coba hidup sehat dengan mengubah pola makan lebih sehat
Ilustrasi permen adalah salah satu makanan terburuk yang berpengaruh pada lonjakan gula darah (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih21 Mei 2024, 13:37 WIB

Kurang Data Pendukung, MK Tolak Gugatan PDIP Soal Suara PAN di Sukabumi

Mahkamah Konstitusi menyatakan menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPR RI yang diajukan oleh PDIP terkait dugaan penggelembungan suara PAN di daerah pemilihan Kota dan Kabupaten Sukabumi
Sidang Mahkamah Konstitusi soal gugatan PDIP terkait penggelembungan suara PAN di Dapil Jabar IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. MK
Kecantikan21 Mei 2024, 13:30 WIB

9 Bahan Alami Masker Wajah yang Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif, Bisa Iritasi!

Memilih bahan alami yang aman dan cocok untuk jenis kulit adalah kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa risiko iritasi atau kerusakan kulit.
Ilustrasi. Bahan Alami Masker Wajah yang Tidak Cocok untuk Kulit Sensitif, Bisa Iritasi! (Sumber : Pexel.com/AndreaPiacquadio)
Life21 Mei 2024, 13:15 WIB

10 Kesalahan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak, Jangan Mempermalukannya!

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua saat mendisiplinkan anak.
Ilustrasi. Ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua saat mendisiplinkan anak. (Sumber : pexels/augustderichelieu)
Sehat21 Mei 2024, 13:00 WIB

8 Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh dan Cara Mengelolanya

Faktor Pemicu Asam Urat Susah Sembuh. Kurangnya aktivitas fisik dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan resistensi insulin, yang keduanya dapat meningkatkan risiko asam urat.
Ilustrasi. Orang dewasa sakit asam urat sedang istirahat. (Sumber : Pexels.com/ MarcusAurelius)
Keuangan21 Mei 2024, 12:56 WIB

9,9 Juta Anak Muda Nganggur dan Tak Sekolah, Kerja Sulit Sekolah Mahal?

Disebutkan hingga tahun 2023, ada 9 juta penduduk indonesia khususnya generasi muda usia 14 - 24 tahun tidak bekerja alias nganggur alias jadi pengangguran atau tidak bekerja bahkan tidak bersekolah.
Ilustrasi pencari kerja. BPS catat 9,9 juta anak muda (generasi Z) di indonesia nganggur dan tak sekolah (Sumber: istimewa)
Sehat21 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tulang dan Sendi Tetap Sehat di Usia 40-an

Jika memiliki keinginan agar tulang dan sendi tetap sehat di usia 40-an adalah dengan terus menjaga kesehatan seperti olahraga secara rutin, mengubah pola makan, ganti gaya hidup jadi lebih sehat dari sebelumnya.
Ilustrasi olahraga secara rutin jika ingin tulang dan sendi tetap sehat hingga usia 40-an (Sumber : Freepik.com)