Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Senin 29 April 2024, 13:41 WIB
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik

Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beberapa hal yang bisa membuat Anda lebih meragukan keterampilan mengasuh anak daripada melihat balita Anda memukul anak lain. Meskipun perilaku ini mungkin memalukan, bukan berarti anak Anda akan tumbuh menjadi seorang penindas.

Berikut beberapa penyebab perilaku agresif tersebut, beserta tips dari para ahli tentang cara menghentikan balita Anda memukul anak lain:

Penyebab Balita Memukul

Balita mungkin tidak menyadari bahwa memukul bisa menyakitkan, dan hal ini mungkin sebagian disebabkan oleh fakta bahwa mereka belum sepenuhnya mengembangkan rasa kasih sayang hingga usia 3 tahun. Meskipun anak Anda memahami gagasan tersebut, mereka mungkin tidak dapat menahan diri ketika berada di sekitar anak-anak lain.

Mereka mungkin juga tidak sepenuhnya memahami emosinya sendiri, apalagi emosi orang lain, sehingga kecil kemungkinannya mereka bertindak dengan sengaja untuk membuat marah orang lain. Alasan anak balita untuk memukul cukup wajar dan biasanya termasuk dalam salah satu kategori berikut:

1. Mereka Mencoba Berkomunikasi

Seperti orang lain, balita merasa bosan, lapar, lelah, dan kewalahan. Perbedaannya adalah mereka tidak memiliki keterampilan verbal untuk mengidentifikasi dan mengomunikasikan emosi tersebut, yang dapat membuat mereka semakin frustasi.

Karena kosakata balita belum sepenuhnya berkembang, mereka cenderung menggunakan bahasa tubuh untuk menunjukkan perasaan atau membalas perselisihan,” kata Miriam Schechter, MD, seorang profesor pediatri di Albert Einstein College of Medicine. di Bronx, New York.

2. Mereka Sedang Mempertahankan Wilayahnya

Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa si kecil lebih sering memukul ketika berada di taman bermain atau saat bermain. Hal ini mungkin terjadi karena mereka berada di sekitar anak-anak lain yang mengambil mainannya, mendorongnya ke bawah, atau sekadar menyerbu ruangnya dan mungkin tidak mendengar anak Anda berteriak, "Berhenti!" atau "Milikku!" Karena kemarahan atau kekecewaan yang dirasakan anak Anda sulit untuk dikendalikan.

Baca Juga: 5 Penyebab Balita Menggigit, Salah Satunya Membantu Berkomunikasi

3. Mereka Sedang Mengalami Hari yang Buruk

Saat balita Anda sedang libur, mereka mungkin akan marah karena rewel dan tidak punya banyak keterampilan untuk mengatasinya. Bahkan anak-anak yang tidak sering memukul atau menggigit pun bisa kehilangan kendali saat mereka stres, atau di penghujung hari yang melelahkan.

4. Mereka Meniru Orang Lain

Anak Anda mungkin pernah melihat kakaknya bermain perkelahian dengan temannya dan ingin ia melakukannya juga.

5. Mereka Secara Alami Temperamental

Beberapa anak memang terlahir dengan kepribadian yang kurang santai dan suka memimpin dengan tangan atau giginya. Beberapa anak dengan mudah melepaskan diri, sementara yang lain beralih ke mode petarung jalanan.

6. Mereka Mencoba Hal-hal Baru

Balita terus-menerus bertanya pada diri sendiri, “Jika saya melakukan ini, apa yang akan terjadi?” Hal itu akan terbawa dalam hubungan mereka dengan orang lain, kata Theodore Dix, Ph.D., professor emeritus perkembangan manusia dan ilmu keluarga di University of Texas di Austin. “Mereka tidak memiliki keterampilan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cara yang wajar, sehingga mereka mungkin bertindak memaksa atau terlalu menantang,” jelasnya.

7. Mereka Membutuhkan Ruang Pribadi

Balita mungkin belum memiliki pemahaman yang baik tentang hubungan spasial. Jika mereka merasa terpojok oleh anak-anak lain di area kecil, mereka mungkin akan mencoba memukul atau mencakar bahkan menggigit sebagai jalan keluarnya.

Sumber: Parents.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)