4 Rahasia Mengejutkan dalam Membesarkan Anak Supaya Berperilaku Baik

Minggu 28 April 2024, 10:30 WIB
Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik

Ilustrasi. Cara membesarkan anak supaya berperilaku baik. Sumber : Freepik/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kunci dari disiplin yang cerdas sebenarnya sederhana saja. Tetapkan ekspektasi yang jelas mengenai bagaimana Anda ingin anak berperilaku. Kemudian terserah pada mereka untuk mengendalikan tindakan mereka.

Mungkin terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan yang tepat tentang cara membesarkan anak dengan disiplin positif.

"Ketika memperjelas ekspektasi Anda sejak anak Anda masih balita, mereka akan menginternalisasi ekspektasi tersebut dan mulai mengharapkan hal yang sama dari diri mereka sendiri,” kata Sharon K. Hall, PhD, penulis Raising Kids in the 21st Century, dikutip via parents.com, Minggu (28/4/2024).

 

Dengan kata lain, karena anak-anak secara alami cenderung ingin menyenangkan orang tuanya, mereka pada akhirnya akan mencoba berperilaku seperti yang Anda ajarkan bahkan tanpa keterlibatan langsung. Faktanya, para ahli mengatakan bahwa anak-anak berusia 18 bulan sudah berempati dan responsif terhadap harapan orang tuanya.

Robert Brooks, PhD, salah satu penulis Raising a Self-Disciplined Child mengatakan berita yang lebih baik lagi, mengajarkan disiplin diri kepada anak kecil tidaklah sesulit kedengarannya. Jika Anda berfokus pada hal-hal penting yang dimulai pada usia 2 tahun, anak akan lebih cepat memahaminya, lebih sedikit menolak, dan pada akhirnya berperilaku lebih baik. Pedoman ini akan membantu Anda membesarkan anak yang dapat mengendalikan perilakunya.

Rahasia Agar Anak Berperilaku Baik

  • Tetapkan Aturan yang Tegas dan Harapkan Rasa Hormat

Anak-anak yang memiliki rasa percaya bahwa mereka bisa melakukan apapun yang mereka suka, dan mendapatkan apa pun yang mereka inginkan, cenderung menjadi anak yang akan mudah merengek atau mengamuk ketika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

“Anak-anak yang memahami bahwa ada batasan yang jelas akan belajar bagaimana mengatur diri sendiri dan menghormati batasan,” kata Hal Runkel, terapis keluarga dan penulis Scream Free Parenting.

Baca Juga: 7 Cara Mendorong Anak Mengungkapkan Pikirannya, Yuk Luangkan Waktu Untuk Diskusi

  • Bangun Keterampilan Pemecahan Masalah

Salah satu alasan utama mengapa anak-anak mudah marah atau berperilaku buruk adalah karena mereka merasa frustasi dan tidak berdaya. 

Ketika Anda memberi anak-anak alat yang mereka perlukan untuk memecahkan masalah sendiri, mereka akan berperilaku lebih baik karena mereka akan lebih siap untuk mengurus diri mereka sendiri dan tidak akan berteriak kepada Anda atau bertingkah setiap kali mereka menghadapi tantangan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Wanita Mandiri Lebih Asyik Sendiri Ketimbang Berpasangan, Ini Faktanya

  • Bantu Anak-Anak Melatih Kesabaran

Tidak ada orang yang suka menunggu terutama anak kecil.

Secara perkembangan dan neurologis, hal ini sulit karena anak-anak bertahan hidup dengan membiarkan kebutuhan mereka segera diketahui. Itulah mengapa sangat penting bagi orang tua untuk mulai mengajarkan kesabaran sejak masa balita.

  • Berikan Penekanan pada Empati

Berapa kali Anda harus menjadi wasit dalam sebuah ledakan karena anak prasekolah Anda mengambil mainan temannya atau menolak untuk membaginya dengan saudara perempuannya?

Anak-anak dilahirkan dengan keyakinan bahwa dunia berputar di sekitar mereka. Jadi, semakin cepat membantu mereka memahami bahwa setiap orang mempunyai perasaan dan emosi, maka semakin kecil kemungkinan mereka berperilaku yang mengganggu atau menyakiti orang lain.

Sumber : parents.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Selamat dalam Perjalanan, Agar Kita Senantiasa Dalam Lindungan Allah SWT

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Life12 Mei 2024, 17:00 WIB

Jangan Disepelekan, 7 Cara Membantu Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi

Dari mulai menyanyi dan membaca hingga terlibat dalam permainan drama, ada banyak cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan bahasa anak.
Ilustrasi -  membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi dengan membacakan buku. (Sumber : pexels.com/@Lina Kivaka).
Sukabumi12 Mei 2024, 16:53 WIB

Serikat Pekerja di Sukabumi Menolak Pencabutan Status UHC Non Cut Off

FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off per 1 Mei 2024 bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang memerlukan pelayanan kesehatan.
FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah  BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off | Foto : Ist
Sukabumi12 Mei 2024, 16:11 WIB

Rumah Panggung Milik Lansia Ludes Terbakar Di Jampangkulon Sukabumi

Kebakaran menghanguskan satu rumah panggung milik seorang lansia warga Kampung Panimbaan RT 005/005 Desa Nagraksari, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi.
Rumah panggung ludes terbakar di Jampangkulon Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 16:00 WIB

2 Tanda Gangguan Bahasa Pada Bayi yang Harus Diketahui Orang Tua

Jika balita belum bisa berbicara dan Anda mencurigai adanya kesulitan dalam berbicara, maka bicaralah. Kunci untuk mengobati gangguan bahasa adalah intervensi dini.
Ilustrasi -  Tanda gangguan bahasa pada bayi yang perlu diketahui orang tua. (Sumber : Pexels/George Pak).
Sukabumi12 Mei 2024, 15:51 WIB

Tajam Menganga, Besi Gorong-gorong Rusak di Jalur Lingkar Sukabumi Makan Korban

Besi penutup gorong-gorong di jalan Jalur Lingkar Kota Sukabumi, tepatnya di pertigaan Balandongan, terlihat kondisinya sudah rusak parah, besinya suda pada patah dan tidak beraturan
Kondisi besi gorong-gorong di Jalan Jalur Lingkar Kota Sukabumi (pertigaan balandongan) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi12 Mei 2024, 15:03 WIB

Jadi Spot Favorit Berfoto, Pohon Loa Tua Di Curug Sodong Sukabumi Simpan Cerita Mistik

Pohon Loa tua dengan diameter 3 meter, tinggi sekitar 20 meter, yang berdiri area Curug Sodong, Desa Ciwaru Sukabumi, selain jadi peneduh, juga menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto.
Pohon Loa tua di Curug Sodong Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 15:00 WIB

7 Cara Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi yang Harus Diterapkan Orang Tua

Selama tahun pertama si kecil, kemampuan bahasanya akan berkembang pesat. Dan inilah cara mendorong bayi untuk lebih banyak berbicara.
Ilustrasi - meningkatkan atau mendorong perkembangan bahasa pada bayi. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov).
Life12 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Cara Melatih Kesabaran Anak Agar Bermental Kuat Saat Tumbuh Dewasa

Melatih kesabaran anak memang membutuhkan konsistensi dari orang tua. Hal ini bertujuan agar menuai keberhasilan saat dewasa nanti.
Ilustrasi - Melatih kesabaran anak memang membutuhkan konsistensi dari orang tua. Hal ini bertujuan agar menuai keberhasilan saat dewasa nanti. (Sumber : Pexels/Matilda Wormwood).