Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Rabu 24 April 2024, 11:40 WIB
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik

Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak sangatlah penting karena berbagai alasan bahkan untuk kedisiplinan. Ketika memiliki hubungan yang sehat, anak Anda akan berusaha melakukan yang terbaik di bawah kepemimpinan Anda.

Orang tua yang memberikan kepemimpinan baik dan menaruh rasa hormat pada anaknya juga akan lebih mungkin memotivasi anaknya untuk berperilaku baik pula. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberikan banyak perhatian kepada anak Anda.

Perhatian positif dalam dosis harian dapat mengurangi masalah perilaku. Namun bukan berarti Anda harus mencurahkan setiap waktu untuk anak Anda. Sebaliknya, waktu berkualitas adalah kunci untuk memperkuat ikatan Anda.

1. Bagaimana Perhatian Positif Membantu Anak-Anak

Ketika anak-anak menerima perhatian yang sehat dan positif secara teratur, mereka akan mengurangi perilaku mencari perhatian. Anak-anak cenderung tidak merengek, menanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang, atau mulai mencemooh saudaranya ketika mereka diberi perhatian positif secara teratur.

Perhatian positif juga membuat konsekuensi negatif menjadi lebih efektif. Anak-anak merespons waktu istirahat dengan lebih baik ketika mereka menerima “waktu istirahat” secara teratur.

Seorang anak yang tidak mendapat banyak perhatian tidak akan peduli ketika dia disuruh time-out. Dan pengabaian selektif tidak akan berhasil jika anak Anda sering kali merasa diabaikan. Selain itu, perhatian positif membantu membangun hubungan yang sehat dengan anak Anda. Ketika Anda memiliki ikatan yang erat, konsekuensi positif, seperti pujian , menjadi jauh lebih efektif.

2. Berikan Perhatian Positif

Berikan setiap anak perhatian penuh selama 10 menit setiap hari. Bagi sebagian orang tua, hal ini mungkin kedengarannya tidak terlalu berarti. Namun bagi orang lain terutama orang tua dengan banyak anak, memberikan waktu berduaan dengan anak bisa menjadi sedikit tantangan.

Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama. Seperti mainkan permainan papan, lakukan permainan imajinatif, atau mainkan mainan anak Anda bersama. Untuk anak yang lebih besar, jalan-jalan atau sekedar menghabiskan waktu dengan mengobrol. Jika memungkinkan, izinkan anak Anda memilih aktivitasnya.

3. Jadikan Waktu Bersama lebih Efektif

Sepuluh menit bukanlah waktu yang lama. Penting untuk membantu anak Anda merasa dicintai dan didukung dengan menunjukkan minat pada aktivitasnya. Seperti hal berikut :

- Hapus gangguan selama Anda bersama anak-anak

- Hindari bertanya terlalu banyak pertanyaan

- Mengomentari permainan anak kecil

- Biarkan imajinasi anak Anda menjadi liar

- Mengatasi Hambatan terhadap Perhatian Positif

Mungkin ada saatnya Anda begitu frustasi dengan perilaku anak sehingga Anda tidak ingin menghabiskan waktu bersama. Anda bahkan mungkin berpikir anak-anak tidak pantas mendapatkan waktu berduaan. Namun, penting untuk terus membangun hubungan yang sehat itu. Jadi habiskan waktu bersama anak Anda meskipun dia sedang mengalami hari yang berat.

Bagi orang tua yang memiliki beberapa anak, sebaiknya setiap orang tua menyediakan waktu individu dengan masing-masing anak. Jika hal ini tidak memungkinkan setiap hari, pertimbangkan untuk mencoba memastikan bahwa setiap anak mendapat perhatian individu dari setidaknya satu orang tua setiap hari.

Cobalah untuk melihat perhatian positif sebagai investasi. Meluangkan lebih banyak waktu sekarang dapat menyelamatkan Anda dari keharusan meluangkan lebih banyak waktu untuk mendisiplinkan anak Anda di kemudian hari.

Jika anak Anda menunjukkan masalah perilaku selama bersama, Anda dapat merespons seperti biasa. Untuk masalah perilaku kecil, seperti merengek, pertimbangkan untuk mengabaikan perilaku tersebut. Masalah perilaku yang lebih besar mungkin memerlukan waktu istirahat yang singkat.

Ketika Anda menetapkan waktu berkualitas bersama secara teratur, anak Anda akan menantikan untuk menghabiskan waktu bersama Anda. Dan dia akan lebih cenderung mengikuti aturan dan mendengarkan arahan. Dan ketika memang harus memberinya konsekuensi negatif, konsekuensi tersebut akan lebih efektif jika Anda memberikan perhatian positif secara teratur kepada anak Anda.

Sumber: Very Well Family

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel06 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kategori Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa konsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu merupakan kunci untuk memastikan kesehatan yang baik.
Ilustrasi. Daging Merah. Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan (Sumber : Pexels/MaliM)
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik