Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Rabu 24 April 2024, 11:40 WIB
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik

Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak sangatlah penting karena berbagai alasan bahkan untuk kedisiplinan. Ketika memiliki hubungan yang sehat, anak Anda akan berusaha melakukan yang terbaik di bawah kepemimpinan Anda.

Orang tua yang memberikan kepemimpinan baik dan menaruh rasa hormat pada anaknya juga akan lebih mungkin memotivasi anaknya untuk berperilaku baik pula. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberikan banyak perhatian kepada anak Anda.

Perhatian positif dalam dosis harian dapat mengurangi masalah perilaku. Namun bukan berarti Anda harus mencurahkan setiap waktu untuk anak Anda. Sebaliknya, waktu berkualitas adalah kunci untuk memperkuat ikatan Anda.

1. Bagaimana Perhatian Positif Membantu Anak-Anak

Ketika anak-anak menerima perhatian yang sehat dan positif secara teratur, mereka akan mengurangi perilaku mencari perhatian. Anak-anak cenderung tidak merengek, menanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang, atau mulai mencemooh saudaranya ketika mereka diberi perhatian positif secara teratur.

Perhatian positif juga membuat konsekuensi negatif menjadi lebih efektif. Anak-anak merespons waktu istirahat dengan lebih baik ketika mereka menerima “waktu istirahat” secara teratur.

Seorang anak yang tidak mendapat banyak perhatian tidak akan peduli ketika dia disuruh time-out. Dan pengabaian selektif tidak akan berhasil jika anak Anda sering kali merasa diabaikan. Selain itu, perhatian positif membantu membangun hubungan yang sehat dengan anak Anda. Ketika Anda memiliki ikatan yang erat, konsekuensi positif, seperti pujian , menjadi jauh lebih efektif.

2. Berikan Perhatian Positif

Berikan setiap anak perhatian penuh selama 10 menit setiap hari. Bagi sebagian orang tua, hal ini mungkin kedengarannya tidak terlalu berarti. Namun bagi orang lain terutama orang tua dengan banyak anak, memberikan waktu berduaan dengan anak bisa menjadi sedikit tantangan.

Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama. Seperti mainkan permainan papan, lakukan permainan imajinatif, atau mainkan mainan anak Anda bersama. Untuk anak yang lebih besar, jalan-jalan atau sekedar menghabiskan waktu dengan mengobrol. Jika memungkinkan, izinkan anak Anda memilih aktivitasnya.

3. Jadikan Waktu Bersama lebih Efektif

Sepuluh menit bukanlah waktu yang lama. Penting untuk membantu anak Anda merasa dicintai dan didukung dengan menunjukkan minat pada aktivitasnya. Seperti hal berikut :

- Hapus gangguan selama Anda bersama anak-anak

- Hindari bertanya terlalu banyak pertanyaan

- Mengomentari permainan anak kecil

- Biarkan imajinasi anak Anda menjadi liar

- Mengatasi Hambatan terhadap Perhatian Positif

Mungkin ada saatnya Anda begitu frustasi dengan perilaku anak sehingga Anda tidak ingin menghabiskan waktu bersama. Anda bahkan mungkin berpikir anak-anak tidak pantas mendapatkan waktu berduaan. Namun, penting untuk terus membangun hubungan yang sehat itu. Jadi habiskan waktu bersama anak Anda meskipun dia sedang mengalami hari yang berat.

Bagi orang tua yang memiliki beberapa anak, sebaiknya setiap orang tua menyediakan waktu individu dengan masing-masing anak. Jika hal ini tidak memungkinkan setiap hari, pertimbangkan untuk mencoba memastikan bahwa setiap anak mendapat perhatian individu dari setidaknya satu orang tua setiap hari.

Cobalah untuk melihat perhatian positif sebagai investasi. Meluangkan lebih banyak waktu sekarang dapat menyelamatkan Anda dari keharusan meluangkan lebih banyak waktu untuk mendisiplinkan anak Anda di kemudian hari.

Jika anak Anda menunjukkan masalah perilaku selama bersama, Anda dapat merespons seperti biasa. Untuk masalah perilaku kecil, seperti merengek, pertimbangkan untuk mengabaikan perilaku tersebut. Masalah perilaku yang lebih besar mungkin memerlukan waktu istirahat yang singkat.

Ketika Anda menetapkan waktu berkualitas bersama secara teratur, anak Anda akan menantikan untuk menghabiskan waktu bersama Anda. Dan dia akan lebih cenderung mengikuti aturan dan mendengarkan arahan. Dan ketika memang harus memberinya konsekuensi negatif, konsekuensi tersebut akan lebih efektif jika Anda memberikan perhatian positif secara teratur kepada anak Anda.

Sumber: Very Well Family

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 Mei 2024, 11:14 WIB

Konsolidasi KAHMI-HMI Sukabumi: Mengawal Pilkada Serentak yang Bersih dan Damai

Majelis Daerah Korp Alumni HMI (MD KAHMI) dan HMI Sukabumi mengadakan acara silaturahmi dan konsolidasi dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada Gubernur dan Bupati/Wali Kota) serentak se-Indonesia.
Silaturahmi Kahmi dan HMI Sukabumi menjelang Pilkda 2024 | Foto : SU
Life27 Mei 2024, 11:00 WIB

12 Peraturan Tidak Tertulis yang Harus Dilakukan Agar Hidup Lebih Dihargai Orang

Dengan menerapkan prinsip-prinsip peraturan tidak tertulis ini, Anda tidak hanya akan lebih dihargai oleh orang lain, tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan harmonis dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.
Ilustrasi - Peraturan Tidak Tertulis dalam Hidup Agar Lebih Dihargai Orang (Sumber : pexels.com/@Alexander Suhorucov)
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)