Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Rabu 24 April 2024, 11:40 WIB
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik

Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak sangatlah penting karena berbagai alasan bahkan untuk kedisiplinan. Ketika memiliki hubungan yang sehat, anak Anda akan berusaha melakukan yang terbaik di bawah kepemimpinan Anda.

Orang tua yang memberikan kepemimpinan baik dan menaruh rasa hormat pada anaknya juga akan lebih mungkin memotivasi anaknya untuk berperilaku baik pula. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberikan banyak perhatian kepada anak Anda.

Perhatian positif dalam dosis harian dapat mengurangi masalah perilaku. Namun bukan berarti Anda harus mencurahkan setiap waktu untuk anak Anda. Sebaliknya, waktu berkualitas adalah kunci untuk memperkuat ikatan Anda.

1. Bagaimana Perhatian Positif Membantu Anak-Anak

Ketika anak-anak menerima perhatian yang sehat dan positif secara teratur, mereka akan mengurangi perilaku mencari perhatian. Anak-anak cenderung tidak merengek, menanyakan pertanyaan yang sama berulang-ulang, atau mulai mencemooh saudaranya ketika mereka diberi perhatian positif secara teratur.

Perhatian positif juga membuat konsekuensi negatif menjadi lebih efektif. Anak-anak merespons waktu istirahat dengan lebih baik ketika mereka menerima “waktu istirahat” secara teratur.

Seorang anak yang tidak mendapat banyak perhatian tidak akan peduli ketika dia disuruh time-out. Dan pengabaian selektif tidak akan berhasil jika anak Anda sering kali merasa diabaikan. Selain itu, perhatian positif membantu membangun hubungan yang sehat dengan anak Anda. Ketika Anda memiliki ikatan yang erat, konsekuensi positif, seperti pujian , menjadi jauh lebih efektif.

2. Berikan Perhatian Positif

Berikan setiap anak perhatian penuh selama 10 menit setiap hari. Bagi sebagian orang tua, hal ini mungkin kedengarannya tidak terlalu berarti. Namun bagi orang lain terutama orang tua dengan banyak anak, memberikan waktu berduaan dengan anak bisa menjadi sedikit tantangan.

Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama. Seperti mainkan permainan papan, lakukan permainan imajinatif, atau mainkan mainan anak Anda bersama. Untuk anak yang lebih besar, jalan-jalan atau sekedar menghabiskan waktu dengan mengobrol. Jika memungkinkan, izinkan anak Anda memilih aktivitasnya.

3. Jadikan Waktu Bersama lebih Efektif

Sepuluh menit bukanlah waktu yang lama. Penting untuk membantu anak Anda merasa dicintai dan didukung dengan menunjukkan minat pada aktivitasnya. Seperti hal berikut :

- Hapus gangguan selama Anda bersama anak-anak

- Hindari bertanya terlalu banyak pertanyaan

- Mengomentari permainan anak kecil

- Biarkan imajinasi anak Anda menjadi liar

- Mengatasi Hambatan terhadap Perhatian Positif

Mungkin ada saatnya Anda begitu frustasi dengan perilaku anak sehingga Anda tidak ingin menghabiskan waktu bersama. Anda bahkan mungkin berpikir anak-anak tidak pantas mendapatkan waktu berduaan. Namun, penting untuk terus membangun hubungan yang sehat itu. Jadi habiskan waktu bersama anak Anda meskipun dia sedang mengalami hari yang berat.

Bagi orang tua yang memiliki beberapa anak, sebaiknya setiap orang tua menyediakan waktu individu dengan masing-masing anak. Jika hal ini tidak memungkinkan setiap hari, pertimbangkan untuk mencoba memastikan bahwa setiap anak mendapat perhatian individu dari setidaknya satu orang tua setiap hari.

Cobalah untuk melihat perhatian positif sebagai investasi. Meluangkan lebih banyak waktu sekarang dapat menyelamatkan Anda dari keharusan meluangkan lebih banyak waktu untuk mendisiplinkan anak Anda di kemudian hari.

Jika anak Anda menunjukkan masalah perilaku selama bersama, Anda dapat merespons seperti biasa. Untuk masalah perilaku kecil, seperti merengek, pertimbangkan untuk mengabaikan perilaku tersebut. Masalah perilaku yang lebih besar mungkin memerlukan waktu istirahat yang singkat.

Ketika Anda menetapkan waktu berkualitas bersama secara teratur, anak Anda akan menantikan untuk menghabiskan waktu bersama Anda. Dan dia akan lebih cenderung mengikuti aturan dan mendengarkan arahan. Dan ketika memang harus memberinya konsekuensi negatif, konsekuensi tersebut akan lebih efektif jika Anda memberikan perhatian positif secara teratur kepada anak Anda.

Sumber: Very Well Family

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)