6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Rabu 24 April 2024, 10:31 WIB
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production

Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan orang tua membentak anak-anak mereka pada suatu waktu. Namun, bagi sebagian orang tua, membentak menjadi kebiasaan buruk.

Sebuah penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa berteriak adalah salah satu dari delapan strategi disiplin yang dapat memperburuk masalah perilaku. Hal ini dapat menyebabkan spiral ke bawah dan berteriak mengarah pada perilaku buruk yang menyebabkan lebih banyak teriakan.

Berteriak kehilangan efektivitasnya seiring berjalannya waktu. Sehingga seorang anak yang sering dimarahi akan mulai mengabaikan Anda.

Masalah lain dengan berteriak atau membentak adalah tidak mengajarkan anak bagaimana mengatur perilakunya. Jika seorang anak dimarahi karena memukul saudaranya, mereka tidak akan belajar cara menyelesaikan masalah dengan damai. Maka dari itu, begini cara mendisiplin tanpa membentak yang dapat diterapkan pada anak.

1. Tetapkan Aturan yang Jelas

Anda akan cenderung tidak berteriak jika sudah menetapkan peraturan rumah yang jelas. Dan ini akan membantu jika daftar peraturan rumah tangga dipajang dengan jelas di rumah Anda. Ketika aturan dilanggar, tindak lanjuti dengan konsekuensi langsung.

Tahan keinginan untuk membentak, mengomel. Jika Anda melakukannya, kata-kata yang Anda lontarkan kemungkinan besar tidak akan mengajarkan anak untuk berbuat lebih baik di lain waktu.

2. Jelaskan Konsekuensi Jika Melanggar Peraturan

Jelaskan terlebih dahulu konsekuensi negatif dari pelanggaran peraturan kepada anak Anda. Gunakan waktu istirahat, ambil hak istimewa , atau konsekuensi logis untuk membantu anak Anda belajar dari kesalahan perilaku.

Misalnya, Anda bisa mengatakan: "Jika tidak mengerjakan tugas sebelum makan malam, tidak akan ada TV di malam hari." Dari sana, terserah pada anak Anda untuk membuat pilihan yang baik. Karena keputusan ada di tangan mereka, kecil kemungkinan Anda akan meneriaki mereka karena melakukan tugas mereka.

Pertimbangkan juga konsekuensi mana yang mungkin paling efektif. Ingatlah bahwa konsekuensi yang berhasil bagi satu anak belum tentu berhasil bagi anak lainnya.

Baca Juga: Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

3. Berikan Penguatan Positif

Beri Motivasi pada anak Anda untuk mengikuti aturan dengan menggunakan penguatan positif. Jika ada konsekuensi negatif karena melanggar aturan, pastikan Anda juga menawarkan konsekuensi positif karena mengikuti aturan. Pujilah anak Anda karena mengikuti aturan.

4. Periksa Alasan Anda Berteriak

Jika terlanjur membentak anak Anda, cobalah mencari tahu mengapa Anda bereaksi seperti itu. Jika Anda berteriak karena marah, pelajari strategi untuk menenangkan diri. Ini akan membantu Anda menjadi teladan dalam strategi pengelolaan amarah yang sehat.

5. Berikan Peringatan Jika Tidak Mendengarkan

Daripada membentak, beri anak Anda peringatan ketika dia tidak mendengarkan. Jika Anda menggunakan frasa "ketika...lalu", hal ini akan membuat mereka mengetahui hasil yang mungkin terjadi setelah mereka menindaklanjutinya. Katakan sesuatu seperti, "Saat kamu mengambil mainanmu, kamu akan bisa bermain balok setelah makan malam."

Berteriak seringkali berujung pada perebutan kekuasaan. Semakin sering Anda meneriaki seorang anak untuk melakukan sesuatu, kemungkinan besar dia akan semakin menantang.

6. Hindari Mengomel Berulang Kali

Hindari mengomel atau mengulangi peringatan berulang kali. Sebaliknya, tindak lanjuti dengan konsekuensi untuk menunjukkan bahwa Anda bersungguh-sungguh dengan apa yang Anda katakan. Disiplin yang konsisten adalah kunci untuk membuat anak Anda mengubah perilakunya dan menjadi lebih patuh.

Sumber: Very Well Family

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Mei 2024, 11:30 WIB

7 Minuman Herbal Untuk Meredakan Radang Sendi Akibat Asam Urat, Dijamin Ampuh!

Untuk meredakan sendi akibat asam urat tidak hanya dengan obat dari dokter saja, tapi bisa dibantu dengan mengonsumi minuman herbal secara rutin agar bisa sembuh dengan baik
Ilustrasi minuman herbal  yang dapat mengobati asam urat dan redakan radang sendinya (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Sukabumi27 Mei 2024, 11:14 WIB

Konsolidasi KAHMI-HMI Sukabumi: Mengawal Pilkada Serentak yang Bersih dan Damai

Majelis Daerah Korp Alumni HMI (MD KAHMI) dan HMI Sukabumi mengadakan acara silaturahmi dan konsolidasi dalam rangka menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada Gubernur dan Bupati/Wali Kota) serentak se-Indonesia.
Silaturahmi Kahmi dan HMI Sukabumi menjelang Pilkda 2024 | Foto : SU
Life27 Mei 2024, 11:00 WIB

12 Peraturan Tidak Tertulis yang Harus Dilakukan Agar Hidup Lebih Dihargai Orang

Dengan menerapkan prinsip-prinsip peraturan tidak tertulis ini, Anda tidak hanya akan lebih dihargai oleh orang lain, tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat dan harmonis dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.
Ilustrasi - Peraturan Tidak Tertulis dalam Hidup Agar Lebih Dihargai Orang (Sumber : pexels.com/@Alexander Suhorucov)
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)