Doa Qunut Witir Ramadan: Bacaan Arab, Latin dan Artinya

Jumat 22 Maret 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi - Doa Qunut Witir Ramadan: Bacaan Arab, Latin dan Artinya (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Doa Qunut Witir Ramadan: Bacaan Arab, Latin dan Artinya (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadan sebagai cara untuk menyempurnakan ibadah wajib.

Salah satu amalan yang dianjurkan adalah sholat malam yakni sholat Tarawih dan witir yang dilaksanakan selepas waktu Isya.

Dalam pelaksanaan shalat tarawih dan witir di bulan Ramadan ada yang berbeda saat telah memasuki 10 hari terakhir Ramadan.

Untuk Shalat Witir yang dilakukan di akhir Shalat Tarawih, pada hari ke 15 umat muslim juga membaca doa qunut witir Ramadan.

Baca Juga: Masih Belum Dapat Kerja dan Rezeki Seret? Amalkan Doa Ini Setelah Sholat Subuh

Doa qunut dibacakan dalam sholat pada posisi berdiri setelah i’tidal sebelum sujud. Dalam sholat witir di bulan Ramadhan pun perlu membaca doa qunut. Lantas bagaimana bacaan doa qunut witir Ramadan yang kamu ketahui?

Adapun tiga doa qunut yang sering dilafalkan yakni doa qunut subuh, doa qunut witir, dan doa qunut nazilah. Simak bacaan doa qunut witir berikut ini.

Pengertian Doa Qunut

Dikutip dari banten.suara.com, doa qunut witir adalah doa yang dibaca pada waktu shalat witir sebelum melakukan ruku' ketiga. Doa ini dibaca setelah membaca surah al-Fatihah dan surah yang lain dalam rakaat terakhir shalat Witir.

Baca Juga: Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat, Yuk Umat Muslim Amalkan

Doa qunut witir memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk memohon ampunan dan rahmat Allah, memohon perlindungan dari segala macam bahaya, serta memohon keberkahan dalam hidup.

Doa qunut witir juga merupakan salah satu amalan yang dianjurkan bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah shalat witir.

Hal tersebut didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam membaca doa Qunut dalam shalat Witir.

Rasulullah SAW bersabda, "Bahwasanya Rasulullah SAW pernah qunut pada salat witir sebelum rukuk," (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

Doa qunut witir sendiri memiliki beberapa versi yang bisa dibaca. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat, Yuk Umat Muslim Amalkan

"Allahumma ihdini fiman hadayta,wa 'afini fiman 'afayta, wa tawallani fiman tawallayta, wa barik li fima a'thoyta, wa qini syarra ma qodhoita, fa innaka taqdhi wa la yuqdha 'alayka, wa innahu la yadhillu man walayta, wa la ya'izzu man 'adta, tabarakta rabbana wa ta'alayta. A'udzu billahi minasy syaithanirrajim, wa min syarri kulli dhi ammin anta a'khidzun bina yadihi. Allahumma inna na'udzu bika min an nushrika bika shai'an na'lamuhu, wa nastaghfiruka lima la na'lamu, innaka anta allamu al-ghuyub. Allahumma solli 'ala Muhammad wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim."

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kami pada jalan yang Engkau tunjuki, selamatkanlah kami dari yang Engkau selamatkan, berilah kami perlindungan dari yang Engkau lindungi, berkahilah kami pada apa yang Engkau berikan kepada kami, dan jauhkanlah kami dari kejahatan yang Engkau tetapkan. Sungguh Engkau yang menentukan segala sesuatu dan tidak ada yang dapat menentang-Mu. Engkau tidak akan menolong orang yang Engkau jadikan sebagai musuh-Mu, dan tidak akan membiarkan orang yang Engkau jadikan sebagai teman-Mu merasa hina. Maha Suci Engkau, ya Allah, dan Mahatinggi. Aku berlindung kepada-Mu dari Setan yang terkutuk, dan dari kejahatan semua yang Engkau pegang kendalinya. Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari syirik dengan-Mu, yang kami ketahui dan kami minta ampunan untuk hal-hal yang tidak kami ketahui. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui yang ghaib. Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu atas Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabatnya dan berikanlah keamanan kepada mereka."

Doa qunut witir ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dibaca ketika sholat subuh. Demikian ulasan singkat mengenai doa qunut witir beserta artinya yang dapat kamu ketahui.

Sumber: Suara.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi22 Juni 2024, 00:23 WIB

Pantai Taman Pandan Ciracap Sukabumi, Lokasi Favorit untuk Ngonten

antai Taman Pandan di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, kini menjadi lokasi favorit bagi kaum muda untuk membuat konten di berbagai platform.
Ceuceu, seorang pengunjung Pantai Taman Pandan saat membuat konten untuk berbagai platform | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juni 2024, 00:12 WIB

Jual Motor Hasil Curian di Medsos, Pria Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Seorang pria asal Gunungguruh berinisial RS alias Ajid (29 tahun) diamankan Unit Reskrim Parakansalak. Ajid ditangkap diduga melakukan aksi pencurian sepeda motor.
Pelaku Curanmor saat ditangkap oleh Polsek Parungkuda Polres Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi Memilih21 Juni 2024, 23:39 WIB

Blak-Blakan Golkar Sebut Dukungan Ke Muraz-Andri di Pilkot Sukabumi Masih Dinamis

Ketua DPD Golkar Kota Sukabumi, Widagdo, buka suara terkait kesepakatan koalisi partainya dengan Demokrat yang secara resmi mengusung pasangan bakal calon wali kota Mohamad Muraz dan bakal calon wakil wali kota Andri Hamami
Rapat Anggota Koalisi Sukabumi Maju yang terdiri 6 Parpol, yaitu Gerindra, Golkar, PDIP, PAN, PPP, dan Nasdem, Jumat (21/6/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi21 Juni 2024, 22:00 WIB

Ratusan Aktivis Desak KLHK Cabut IUP PT Wilton: Jangan Sampai Sukabumi Seperti Papua

Ratusan aktivis mahasiswa dan Pemuda Sukabumi mendesak KLHK mencabut izin usaha pertambangan (IUP) PT Wilton Wahana Indonesia.
Ratusan Aktivis Mahasiswa dan pemuda Sukabumi gelar aksi demo di depan gedung KLHK. (Sumber : Istimewa)
Sehat21 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.
Ilustrasi - Beberapa tanda seseorang telah mengidap pradiabetes.  (Sumber : Freepik/Jcomp)
Sukabumi21 Juni 2024, 20:13 WIB

Sejumlah Politisi Isi Lembaga Zakat Kahmi Sukabumi, Sodikin Didapuk Jadi Wantim

Politisi PKS Mohamad Sodikin didapuk menjadi Ketua Dewan Pertimbangan lembaga pengelolaan zakat yang dibentuk oleh Majelis Daerah Kahmi Sukabumi
Unit Pengumpul Zakat Majelis Daerah Kahmi Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat21 Juni 2024, 20:00 WIB

Rekomendasi 6 Camilan Malam Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tetap Aman!

Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes.
Ilustrasi - Camilan malam sebelum tidur ini bisa jadi rekomendasi asupan bagi penderita diabetes. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project).
Life21 Juni 2024, 19:30 WIB

Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari

Kualitas tidur yang buruk dapat memengaruhi kadar gula darah saat tidur.
Ilustrasi. Resiko Diabetes Tipe 2 Terhadap Kualitas Tidur Penderita Gula Darah di Malam Hari (Sumber : Pexels/VladaKarporvich)
Nasional21 Juni 2024, 19:03 WIB

PLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

Transformasi bisnis dan kinerja mentereng sukses membawa PT PLN (Persero) masuk dalam daftar 10 besar perusahaan terbaik di Asia Tenggara versi 500 Fortune Southeast Asia tahun 2024.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo | Foto : Ist
Sehat21 Juni 2024, 19:00 WIB

8 Kebiasaan yang Harus Berhenti Dilakukan Jika Anda Menderita Asam Lambung

Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan sudah seharusnya dihentika bagi Anda penderita asam lambung. (Sumber : Freepik.com)