Apakah Mencium Istri Saat Puasa Ramadan Bisa Bikin Batal? Simak Penjelasannya

Sabtu 16 Maret 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi. Pasutri | Selain makan dan minum, apakah mencium istri termasuk yang membatalkan puasa?  (Sumber : pixabay.com/@StockSnap)

Ilustrasi. Pasutri | Selain makan dan minum, apakah mencium istri termasuk yang membatalkan puasa? (Sumber : pixabay.com/@StockSnap)

SUKABUMIUPDATE.com - Puasa Ramadhan bukan hanya tentang menahan makan dan minum, tetapi juga menahan hawa nafsu. Hawa nafsu yang dimaksud di sini adalah segala dorongan yang dapat membawa kita kepada perbuatan dosa.

Lalu bagaimana saat puasa Ramadan seorang suami apakah boleh mencium istri?

Menahan diri dari hawa nafsu juga termasuk yang mengundang syahwat baik itu hubungan suami istri di siang hari. Sebab, kegiatan tersebut salah satu perkara yang dapat membatalkan puasa Ramadan.

Baca Juga: Merokok Saat Puasa Ramadan Apakah Bikin Batal? Yuk Simak Penjelasannya

Lantas, bagaimana jika hanya bermesraan dan hanya mencium istri, akankah hal itu bisa membatalkan puasa juga? Nah, dibawah ini terdapat hukum islam dalam menyikapi kegiatan tersebut.

Hukum Mencium Istri saat Puasa

Melansir dari situs Nu Online via Suara.com, setiap Muslim yang berpuasa Ramadan harus menghindari hal-hal yang membatalkannya puasa. Salah satunya yakni ejakulasi atau inzal yang diakibatkan adanya persentuhan kulit laki-laki dan perempuan serta bersenggama pada siang hari walaupun tidak ejakulasi.

Pada hakikatnya, memberikan ciuman pada istri saat puasa hukumnya boleh dan tidak membuat puasa batal. Namun, jika ciuman tersebut membangkitkan syahwat atau hawa nafsu, hukumnya menjadi makruh.

Baca Juga: Sikat Gigi Saat Puasa Ramadan Apakah Batal? Simak Penjelasannya

Sebagian besar ulama pun sepakat bahwa hukum ciuman menjadi makruh saat berpuasa jika itu membangkitkan syahwat. Namun jika tidak membangkitkan syahwat, hukumnya boleh. Meski demikian, sebaiknya hindari ciuman saat berpuasa.

Hukum berciuman saat berpuasa ini berlaku untuk pasangan suami istri atau pasangan halal. Jadi jika belum halal, hukum ciuman tentu saja haram.

Berdasarkan sebagian ulama, hukum mencium istri yang menimbulkan syahwat ini masuk ke dalam golongan makruh tahrim. Adapun makhruh ini merupakan perbuatan yang tak dilarang dalam Islam, namun sebaiknya ditinggalkan atau tidak dilakukan.

Sedangkan maksud dari hukum makruh tahrim ini yaitu perbuatan yang jika dilakukan akan mendapat dosa. Itulah mengapa, kegiatan bermesraan atau mencium istri saat berpuasa sebaiknya tidak dilakukan.

Dalam ajaran Islam, interaksi seksual secara langsung serta ejakulasi karena adanya persentuhan kulit menjadi bagian dari hal yang membuat puasa batal. Maka, hindarilah perbuatan-perbuatan yang mengarah pada hal-hal yang demikian.

Selain itu, pelukan, genggaman, rangkulan, maupun sejenisnya juga masuk ke dalam golongan hukum seperti hukum mencium istri. Meski demikian, hukum ini tidak langsung mempengaruhi apakah puasa kita sah atau tidak.

Kesimpulannya, jika saat sedang berpuasa mencium istri dan tak terjadi apa-apa yang membangkitkan hawa nafsu, puasa tersebut hukumnya tetap sah dan tidak membatalkan puasa. Akan tetapi tingkat kesempurnaan puasanya menjadi berkurang.

Demikian ulasan mengenai hukum mencium istri saat puasa yang penting untuk diketahui setiap Muslim. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sumber: Suara.com (Ulil Azmi)

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku