Mimpi Basah di Siang Hari Saat Puasa Ramadan Apakah Batal? Ini Penjelasannya

Rabu 13 Maret 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi mimpi basah - Mimpi basah terkadang terjadi pada orang-orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa ramadan. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi mimpi basah - Mimpi basah terkadang terjadi pada orang-orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa ramadan. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Selain makan dan minum, beberapa perkara yang dapat membatalkan puasa seperti Keluarnya sperma atau air mani dengan sengaja. Hal ini termasuk melakukan hubungan suami istri, masturbasi, dan mengeluarkan sperma dengan cara lainnya.

Lalu bagaimana apabila keluar air mani saat mimpi basah di siang hari di bulan Ramadan? Apakah Batal?

Beberapa orang yang berpuasa Ramadan mungkin pernah mengalami pertanyaan ini. Mimpi basah bisa terjadi di luar kendali seseorang dan bisa terjadi pada pria maupun wanita.

Baca Juga: Apakah Ngupil Bisa Bikin Batal? Yuk Ketahui 8 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan

Mimpi basah adalah pengeluaran sperma yang terjadi secara tidak disengaja saat tidur. Hal ini biasanya disertai dengan mimpi yang bersifat erotis. Mimpi basah merupakan hal yang normal dan alami, terutama pada remaja laki-laki yang sedang mengalami pubertas.

Menanggapi hal tersebut, Ustadz Adi Hidayat dalam YouTube Shiratal Mustaqim, menjelaskan tentang mimpi basah dan hubungannya dengan puasa. Dalam tontonan yang sudah ditonton hampir 500 ribu kali itu, ia terlebih dahulu menjelaskan apa saja hal-hal yang membatalkan puasa.

"Pada umumnya terbagi pada dua bagian, pertama sengaja makan, minum, atau berbagai hal yang semakna dengannya, yang melahirkan energi yang masuk lewat kerongkongan atau di luar jalur-jalur tertentu yang menghadirkan energi khusus," ungkapnya dalam YouTube Shiratal Mustaqim.

Baca Juga: Selain Makan dan Minum, Ini 7 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadan

Lanjutnya, berkaitan dengan nafsu, baik itu hubungan antara laki-laki dan perempuan, atau perbuatan terlarang seperti maksiat yang menimbulkan nafsu dan sejenisnya. Sesuai yang diriwayatkan oleh Bukhari menurut Hadits Qudsi.

"Orang puasa itu mesti meninggalkan makannya, minumnya, syahwatnya demi Aku, maka yang demikian Aku akan berikan pahalanya,".

Hadits lain yang juga menjelaskan mimpi basah tidak membatalkan puasa adalah yang diriwayatkan Aisyah RA:

"Ada tiga golongan yang dibebaskan dari ketentuan hukum, yaitu orang sedang tidur sebelum bangun, anak-anak sampai ia ihtilam (bermimpi basah tanda dewasa), dan orang gila sampai ia sembuh,” (H.R. Nasa’i, Abu Dawud, dan Tirmizi).

"Adapun demikian kalau Anda bermimpi di luar kuasa Anda, tidak pernah Anda rencanakan, maka itu tidak membatalkan puasa," jelas Ustadz Adi Hidayat.

Jika Anda mengalami mimpi basah saat berpuasa di bulan Ramadhan, maka Anda wajib mandi wajib. Mandi wajib adalah mandi yang dilakukan dengan tata cara tertentu untuk membersihkan diri dari hadas besar, seperti mimpi basah, haid, dan nifas. Setelah itu, jangan lupa untuk melaksanakan shalat fardhu jika belum melaksanakannya.

"Tunaikan shalatnya, insya Allah sah," pungkasnya dia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram