6 Tips Jitu Mengatur Pola Tidur Untuk Bayi, Yuk Bunda Terapkan

Senin 11 Maret 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi 6 tips jitu mengatur pola tidur untuk bayi | Foto : Pixabay / @PublicDomainPictures

Ilustrasi 6 tips jitu mengatur pola tidur untuk bayi | Foto : Pixabay / @PublicDomainPictures

SUKABUMIUPDATE.com - Bayi baru lahir menghabiskan waktunya dengan banyak tidur, dan mereka dapat membentuk pola tidur yang teratur hanya dalam beberapa bulan. Jumlah tidur yang dibutuhkan bayi bergantung pada banyak hal, namun berikut beberapa pedoman umum untuk orang tua : 
 
● 1 Hingga 4 Minggu 
 
Bayi semuda ini bisa tidur 15-16 jam per hari, karena belum memiliki "jam" yang menyuruh mereka tidur di malam hari dan tetap terjaga di siang hari. Oleh karena itu, mereka biasanya tidur sekitar 15 hingga 18 jam sehari, namun hanya dalam waktu singkat yaitu 2 hingga 4 jam.
 
● Bayi prematur 
 
Bayi yang lahir sebelum tanggal perkiraan lahir atau prematur mungkin tidur lebih lama, sedangkan bayi kolik yang mungkin menangis selama 3 jam atau lebih per hari mungkin tidur lebih sedikit.
 
● 1 Hingga 4 Bulan 
 
Pada usia 6 minggu, setiap orang tua mungkin mulai memperhatikan pola tidur yang lebih teratur. Pada usia ini bayi mungkin tidur selama 4 hingga 6 jam pada malam hari, atau 14 - 15 jam per hari
 
 
● 4 Hingga 12 Bulan 
 
Bayi tidak hanya lebih bersosialisasi pada usia ini, tetapi pola tidurnya juga mulai menyerupai orang dewasa. Meskipun waktu tidur hingga 14 - 15 jam per hari pada usia ini masih ideal, sebagian besar bayi hingga usia 11 bulan hanya mendapatkan waktu tidur sekitar 12 jam.
 
Pada awal jangka waktu ini, bayi mungkin tidur siang tiga kali sehari. Tidur siang mereka mungkin dimulai pada jam 9 pagi dan berlangsung sekitar satu jam. Tidur siang sering kali terjadi antara siang hingga jam 2 siang dan bertahan satu atau dua jam. Dan tidur siang bayi bisa dimulai dari jam 3 sampai jam 5 sore, akan tetapi durasinya bervariasi.
 
Setelah bayi dapat tidur sepanjang malam (biasanya saat ia berusia sekitar 6 bulan), ia mungkin akan beralih dari tiga kali tidur siang menjadi dua kali tidur siang.
 
Untuk membantu bayi baru lahir menentukan pola tidur impian Anda, berikut beberapa langkah sederhana untuk mengatur jadwal tidur bayi yang telah dilansir dari laman webmd :
 
1. Ketahui Tanda-tanda Bayi Anda Lelah
 
Bayi akan memberi tahu kapan ia perlu tidur. Maka dari itu, perhatikan tanda-tanda umum bahwa mereka merasa lelah : 
 
● Menggosok mata mereka.
 
● Menguap.
 
● Memalingkan muka darimu.
 
● Rewel.
 
Jangan menunggu sampai bayi Anda lelah untuk menidurkannya. Bayi yang kelelahan akan menjadi rewel sebelum kesulitan untuk tertidur. Cobalah untuk selangkah lebih maju dengan mencari tanda-tanda bahwa mereka mulai mengantuk.
 
 
2. Atur Siklus Tidur Siang-Malam Bayi 
 
Ketika bayi sudah berusia 2 minggu, cobalah untuk mengajari mereka bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur dan siang hari adalah saat bersenang-senang. 
 
Pada siang hari, buatlah segala sesuatunya sibuk dan aktif untuk bayi. Usahakan agar mereka tetap terjaga setelah makan, namun jangan khawatir jika mereka tetap tertidur saat tidur siang. Karena bayi tidak selalu mengikuti rencana
 
Saat di luar gelap atau malam hari, jadikan segalanya lebih sederhana untuk bayi Anda. Misalnya, jika Anda harus memberi makan, jaga agar lampu tetap redup dan suara Anda lembut. Mereka akan segera menyadari bahwa malam hari bukanlah hal yang menyenangkan, jadi sebaiknya mereka tidur saat di luar gelap.
 
3. Pisahkan Makan dari Tidur
 
Setelah bulan pertama, cobalah untuk tidak membiarkan bayi Anda tertidur saat menyusu atau menjaganya. Anda ingin mereka mengetahui cara membuat dirinya tertidur tanpa bantuan.
 
Bayi mungkin makan sedikit, tertidur sebentar, lalu makan lagi. Mereka bahkan mungkin melakukan ini beberapa kali berturut-turut. Jika mereka tertidur dan tetap tertidur saat Anda memberinya makan, berhentilah dan baringkan mereka.
 
Catatan: Jangan sekali-kali menyangga botol bayi ke dalam mulut bayi saat Anda masukkan mereka ke tempat tidur. Hal ini dapat menyebabkan tersedak, infeksi telinga, dan gigi berlubang.
 
 
4. Jangan Bangunkan Bayi untuk Menyusui Setelah 2 Bulan
 
Anda biasanya tidak perlu membangunkannya di waktu malam untuk menyusui setelah usia 2 bulan sebagaimana mestinya.
 
Berikut adalah saat-saat dimana harus membangunkan bayi Anda : 
 
● Mereka tidur lebih banyak di siang hari dibandingkan malam hari dan kurang makan di siang hari.
 
● Mereka sudah lebih dari 4 jam tanpa makan di siang hari (3 jam untuk bayi yang disusui). Jika ya, Anda mungkin perlu membangunkannya untuk makan di malam hari, namun mungkin lebih baik mencoba mengubah kebiasaan siang hari daripada terus membangunkannya setiap 4 jam di malam hari.
 
● Untuk bayi prematur atau bayi berkebutuhan khusus, Anda mungkin perlu menyesuaikan pemberian makan.
 
5. Bekerja Sama sebagai Satu Tim
 
Bicaralah dengan pengasuh lain, seperti suami, pengasuh bayi, atau anggota keluarga lain tentang bagaimana mencoba membuat bayi Anda tertidur. Dengan begitu, Anda semua dapat mencoba untuk tetap berpegang pada rutinitas dan melakukan berbagai hal dengan cara yang sama. 
 
Jika memiliki anak yang lebih besar, pertimbangkan untuk menetapkan waktu tidur dan bangun yang teratur agar mereka dapat mengikutinya bahkan di akhir pekan. Dengan begitu, Anda juga akan mengetahui bahwa mereka mendapatkan tidur yang dibutuhkan. 
 
6. Jadilah Orang Tua yang Sabar
 
Selama beberapa bulan pertama kehidupan bayi, kebiasaan tidurnya mungkin sulit diprediksi. Jika bisa, cobalah untuk tidur ketika mereka tertidur. Dan hal ini mungkin menjadi kesempatan terbaik untuk beristirahat.
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola14 Mei 2024, 22:28 WIB

Hasil Leg 1 Championship Series Liga 1: Bali United vs Persib Berakhir Imbang 1-1

Laga sengit Persib Bandung vs Bali United di Leg 1 Championship Series Liga 1 berakhir imbang 1-1.
Striker Persib Bandung David da Silva cetak gol penyeimbang di injury time. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi14 Mei 2024, 21:58 WIB

Rahmat Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi Akan Diperiksa Kejiwaannya

Polisi bakal panggil psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Rahmat pelaku pembunuhan terhadap ibu kandungnya sendiri di Kalibunder Sukabumi.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi saat akan dimasukan ke sel. | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan14 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami, Yuk Biasakan!

Dengan membiasakan rutinitas malam yang sehat dan merawat kulit wajah secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bercahaya secara alami.
Ilustrasi. Mencuci Muka. Inilah Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami (Sumber : Pexels/KarolinaGrabowska)
Sehat14 Mei 2024, 20:30 WIB

Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Seafood campuran seperti frutti di mare, yang mencakup berbagai jenis seafood seperti lobster, kepiting, dan kerang, juga mengandung tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dengan penuh perhatian oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Ikan Tenggiri Kuah Pedas. Karena Tinggi Purin, Ikan Laut Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat (Sumber Foto : via Cookpad)
Sukabumi14 Mei 2024, 20:15 WIB

Rahmat Bunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi, Lalu Tidur dengan Berlumuran Darah

Rahmat alias Herang (25 tahun) membunuh ibu kandungnya, Inas (43 tahun) warga Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Setelah membunuh ibunya, Rahmat langsung tidur di kamarnya dengan kondisi berlumuran darah
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life14 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna, Merasakannya?

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele, namun ternyata memiliki dampak besar pada kualitas hidup kita dan bisa mengurangi makna dan kebahagiaan dalam hidup kita secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menyendiri | Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:57 WIB

Ditusuk Nasabah, Debt Collector di Sukabumi Lapor Polisi Dalam Keadaan Pisau Menancap di Dagu

Berikut kronologi Debt Collector ditusuk nasabah nunggak di Sukabumi. Pelaku masih diburu polisi.
Korban penusukan di Sukabumi saat terbaring di rumah sakit. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 19:45 WIB

Inilah 32 Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi Saat Kolesterol Tinggi

Ada 32 makanan yang ternyata harus dihindari oleh penderitak kolesterol agar kadarnya tidak tinggi. Meski kebanyakan adalah makanan yang sering dikonsumsi, tapi harus mulai dikurangi
Inilah 32 makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Sehat14 Mei 2024, 19:30 WIB

Asam Urat: Jenis-jenis Ikan Laut Lengkap dengan Kandungan Purin Per 100 Gram

Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya.
Ilustrasi ikan laut mackerel - Beberapa jenis ikan boleh dimakan, beberapa harus dimakan secukupnya, dan yang lainnya sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat karena kandungan purinnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sukabumi14 Mei 2024, 19:29 WIB

Polisi Selidiki Kasus Belasan Murid SD Keracunan Jajanan di Sukaraja Sukabumi

Update kasus keracunan massal murid SD di Sukaraja Sukabumi, dua siswa masih belum masuk sekolah.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)