Tes Kepribadian Berdasarkan Selera Musik, Anda Suka Klasik, Rock Apa Metal?

Jumat 23 Februari 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Selera musik dapat mencerminkan aspek-aspek tertentu dari kepribadian seseorang. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).

Ilustrasi - Selera musik dapat mencerminkan aspek-aspek tertentu dari kepribadian seseorang. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Musik adalah sebuah bentuk seni yang terdiri dari nada, irama, dan bunyi yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu karya seni yang indah dan dapat dinikmati oleh semua orang. Musik dapat berupa melodi, harmoni, dan ritme yang dikombinasikan dengan berbagai macam alat musik dan vokal.

Namun tahukah Anda jika selera musik seseorang dapat mengungkap sifat tersembunyi?

Penelitian mengungkapkan bahwa selera musik seseorang merupakan indikator yang baik dari kepribadiannya. Entah Anda seorang ekstrovert atau introvert, semua orang setidaknya menyukai beberapa jenis musik. Dan sering kali, pilihan berhubungan langsung dengan kepribadian seseorang.

Baca Juga: Tes Kepribadian Berdasarkan Hari Favorit dari Senin Sampai Minggu

Berikut ini ada beberapa kepribadian seseorang berdasarkan selera musiknya, dikutip via Jagran Josh.

1. Musik Rock

Rock adalah salah satu genre musik tertua dan terpopuler. Ini berasal dari tahun 1940-an sebagai rock and roll, yang akhirnya memunculkan soft rock, surf rock, alternatif dan punk rock. Beberapa penyanyi dan band paling terkenal, seperti John Lennon, The Beatles, Queen, dan David Bowie, bermula dari musik rock.

Tidak mengherankan jika musik rock dicintai bahkan hingga saat ini, dan orang-orang yang lebih menyukainya dibandingkan genre lain memiliki beberapa ciri kepribadian yang unik. Pecinta musik rock cenderung memberontak dan mencari petualangan.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Hobi Seseorang Bisa Ungkap Sifat Tersembunyi Dalam Diri

Mereka sering kali ekstrovert tetapi bisa juga introvert dengan ketertarikan untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Mereka yang menyukai musik rock seringkali merupakan orang yang pendiam, pendiam, dan juga artistik.

2. Musik Hip-hop dan Rap

Rap dan hip-hop adalah genre musik baru yang muncul secara terpisah pada akhir abad ke-20, namun kini menjadi istilah yang dapat dipertukarkan. Rap dan hip-hop dicirikan oleh fokus yang kuat pada lirik, rima, dan ketukan ritmis.

Orang yang menyukai musik rap dan hip-hop umumnya berjiwa muda dan energik. Mereka memiliki harga diri yang tinggi dan selalu bergerak. Orang-orang seperti itu mendambakan interaksi sosial dan petualangan. Secara keseluruhan, pecinta rap dan hip-hop adalah orang yang ekstrovert, meski selalu ada pengecualian.

Baca Juga: Mengungkap Kepribadian Seseorang Berdasarkan Tanggal Lahirnya

3. Musik Pop

Pop bisa dibilang merupakan genre musik paling populer saat ini. Beberapa artis yang menduduki puncak tangga lagu seperti Taylor Swift, Ariana Grande, dan Justin Bieber adalah bintang pop. Pop telah banyak berkembang sejak kemunculannya di akhir tahun 50an, namun basis penggemarnya tetap sama.

Penggemar musik pop kebanyakan juga ekstrovert. Mereka memiliki harga diri yang tinggi dan pekerja keras. Namun, penelitian mengaitkan penggemar pop dengan tingkat kreativitas yang rendah dan kecenderungan mudah gugup. Meskipun perempuan dan generasi muda lebih menyukai musik pop kontemporer, musik ini memiliki daya tarik universal karena daya tariknya.

Pernahkah Anda menemukan lagu yang tidak bisa hilang dari pikiran Anda? Kemungkinan besar itu adalah lagu pop.

Baca Juga: Sayuran Favorit Bisa Mengungkapkan Kepribadian Seseorang, Suka yang Mana?

4. Musik Klasik

Beethoven dan Mozart adalah contoh musik klasik. Musik klasik yang kuno dan tak lekang oleh waktu dinikmati hingga saat ini dan dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian seseorang.

Pencinta musik klasik sebagian besar adalah individu canggih yang memegang standar tinggi. Mereka agak introvert tetapi memiliki harga diri yang baik dan puas dengan kehidupan. Mereka juga lebih pintar dari yang lain dan cenderung menjalani kehidupan yang mandiri dan aneh.

Ciri mencolok lainnya dari penggemar musik klasik adalah mereka menganggap musik pop, genre yang paling menarik perhatian, membosankan. Ya, Anda membacanya dengan benar, membosankan. Penggemar musik klasik memang cukup sulit untuk dipuaskan.

Baca Juga: Nomor Favorit Bisa Mengungkapkan Kepribadian Seseorang, Anda yang Mana?

5. Heavy Metal

Penggemar metal sering dikaitkan dengan aliran sesat, satanisme, dan kekerasan, tetapi ciri-ciri kepribadian mereka sangat berbeda. Menurut psikolog musik, penggemar metal dan pecinta musik klasik memiliki ciri-ciri kepribadian yang hampir sama, namun yang pertama kebetulan terdiri dari kaum muda.

Penggemar metal sangat intuitif, tertutup, dan lembut. Mereka juga sangat kreatif. Anggap saja mereka kebalikan dari pecinta pop.

6. Musik Trap dan EDM

Trap dan EDM adalah genre musik kontemporer yang bagi penggemarnya merupakan musik paling merdu dan menakjubkan yang pernah ada. Sementara para pencela trap dan EDM berpendapat bahwa mereka tidak lebih dari suara keras yang disamarkan sebagai musik. Apapun masalahnya, trap dan EDM hanya berada di urutan ketiga setelah pop dan rock dalam hal popularitas.

Baca Juga: Tes Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah: EQ, IQ dan Karir Seseorang

Trap dan EDM dicirikan oleh lagu-lagu yang dimaksudkan untuk pesta dan festival. Kebanyakan DJ diasosiasikan dengan genre ini. Oleh karena itu, penggemar trap dan EDM juga dikatakan antusias dan supel.

Mereka adalah pecinta pesta yang senang berkumpul dalam pertemuan sosial. Pecinta EDM dan trap juga karismatik dan kreatif, namun harus mengorbankan fokus dan kelembutan.

7. Musik Jazz dan Soul

Jazz dan soul merupakan genre musik yang berasal dari komunitas Afrika Amerika di Amerika Serikat. Meskipun soul lebih tentang vokal dan ritme, jazz berorientasi pada harmoni dan berjiwa bebas.

Baik penggemar jazz maupun soul, dan bahkan penggemar reggae, memiliki sifat ekstrovert dan sangat kreatif. Orang-orang ini mendambakan pengalaman baru dan terbuka terhadap perubahan. Penggemar musik jazz dan soul juga memiliki harga diri yang tinggi dan cerdas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:59 WIB

Polisi Ungkap Alasan Tak Autopsi Mayat Wanita yang Ditemukan di Sungai Cicatih Sukabumi

Mayat wanita setengah telanjang, berinisal EKS (25 tahun), warga Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, yang ditemukan meninggal dunia di Sungai Cicatih tidak dilakukan autopsi
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi02 Mei 2024, 19:44 WIB

Mimpi Ketua DPRD, Kabupaten Sukabumi Jadi Pertahanan Pangan hingga Wisata

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan dirinya punya mimpi bahwa Kabupaten Sukabumi kedepan harus menjadi (lokasi) pertahanan pangan nasional.
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara | Foto: Dok. SU
Sehat02 Mei 2024, 19:30 WIB

3 Penyebab Utama Asam Urat yang Sering Dianggap Sepele, Tiba-tiba Sakit!

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:18 WIB

Hardiknas 2024, Bupati Bicara Pendidikan Karakter dan Kewajiban Ikuti Pramuka di Sukabumi

Pembina upacara Hardiknas 2024, Bupati Sukabumi Marwan Hamami soroti soal pentingnya pendidikan karakter dan kewajiban mengikuti gerakan pramuka.
Bupati Sukabumi saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hardiknas tahun 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life02 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah

Jangan Ragu untuk Melakukan Kebiasaan Sederhana Ini Agar Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah Hidup.
Ilustrasi. Kebahagiaan. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia. (Sumber : Pexels/BrettSayles)
Life02 Mei 2024, 18:38 WIB

Ketahui 6 Tanda Orang Tua yang Gagal dalam Mendidik Anak, Ini Buktinya

Tidak semua orang tua berhasil dalam mendidik anak. Sebagian di antara mereka justru gagal mendidik anak oleh sebab kesalahan pola asuhnya
Orang tua yang gagal dalam mendidik anak | Foto : Pexels/ Kampus Production
Life02 Mei 2024, 18:30 WIB

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Harus Bergantung Pada Orang Lain

Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi.
Ilustrasi -  Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi. (Sumber : pexels.com/@Matheus Bertelli).
Sukabumi02 Mei 2024, 18:23 WIB

Status UHC Non-Cut Off Dicabut, Dinkes Sukabumi Jelaskan Layanan Kesehatan Warga Miskin

BPJS Kesehatan cabut status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi, ini kata Dinkes soal layanan kesehatan warga miskin.
Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Andi Rahman saat menjelaskan soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Istimewa)
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel