Tes Kepribadian Berdasarkan Selera Musik, Anda Suka Klasik, Rock Apa Metal?

Jumat 23 Februari 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Selera musik dapat mencerminkan aspek-aspek tertentu dari kepribadian seseorang. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).

Ilustrasi - Selera musik dapat mencerminkan aspek-aspek tertentu dari kepribadian seseorang. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Musik adalah sebuah bentuk seni yang terdiri dari nada, irama, dan bunyi yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu karya seni yang indah dan dapat dinikmati oleh semua orang. Musik dapat berupa melodi, harmoni, dan ritme yang dikombinasikan dengan berbagai macam alat musik dan vokal.

Namun tahukah Anda jika selera musik seseorang dapat mengungkap sifat tersembunyi?

Penelitian mengungkapkan bahwa selera musik seseorang merupakan indikator yang baik dari kepribadiannya. Entah Anda seorang ekstrovert atau introvert, semua orang setidaknya menyukai beberapa jenis musik. Dan sering kali, pilihan berhubungan langsung dengan kepribadian seseorang.

Baca Juga: Tes Kepribadian Berdasarkan Hari Favorit dari Senin Sampai Minggu

Berikut ini ada beberapa kepribadian seseorang berdasarkan selera musiknya, dikutip via Jagran Josh.

1. Musik Rock

Rock adalah salah satu genre musik tertua dan terpopuler. Ini berasal dari tahun 1940-an sebagai rock and roll, yang akhirnya memunculkan soft rock, surf rock, alternatif dan punk rock. Beberapa penyanyi dan band paling terkenal, seperti John Lennon, The Beatles, Queen, dan David Bowie, bermula dari musik rock.

Tidak mengherankan jika musik rock dicintai bahkan hingga saat ini, dan orang-orang yang lebih menyukainya dibandingkan genre lain memiliki beberapa ciri kepribadian yang unik. Pecinta musik rock cenderung memberontak dan mencari petualangan.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Hobi Seseorang Bisa Ungkap Sifat Tersembunyi Dalam Diri

Mereka sering kali ekstrovert tetapi bisa juga introvert dengan ketertarikan untuk mengeksplorasi hal-hal baru. Mereka yang menyukai musik rock seringkali merupakan orang yang pendiam, pendiam, dan juga artistik.

2. Musik Hip-hop dan Rap

Rap dan hip-hop adalah genre musik baru yang muncul secara terpisah pada akhir abad ke-20, namun kini menjadi istilah yang dapat dipertukarkan. Rap dan hip-hop dicirikan oleh fokus yang kuat pada lirik, rima, dan ketukan ritmis.

Orang yang menyukai musik rap dan hip-hop umumnya berjiwa muda dan energik. Mereka memiliki harga diri yang tinggi dan selalu bergerak. Orang-orang seperti itu mendambakan interaksi sosial dan petualangan. Secara keseluruhan, pecinta rap dan hip-hop adalah orang yang ekstrovert, meski selalu ada pengecualian.

Baca Juga: Mengungkap Kepribadian Seseorang Berdasarkan Tanggal Lahirnya

3. Musik Pop

Pop bisa dibilang merupakan genre musik paling populer saat ini. Beberapa artis yang menduduki puncak tangga lagu seperti Taylor Swift, Ariana Grande, dan Justin Bieber adalah bintang pop. Pop telah banyak berkembang sejak kemunculannya di akhir tahun 50an, namun basis penggemarnya tetap sama.

Penggemar musik pop kebanyakan juga ekstrovert. Mereka memiliki harga diri yang tinggi dan pekerja keras. Namun, penelitian mengaitkan penggemar pop dengan tingkat kreativitas yang rendah dan kecenderungan mudah gugup. Meskipun perempuan dan generasi muda lebih menyukai musik pop kontemporer, musik ini memiliki daya tarik universal karena daya tariknya.

Pernahkah Anda menemukan lagu yang tidak bisa hilang dari pikiran Anda? Kemungkinan besar itu adalah lagu pop.

Baca Juga: Sayuran Favorit Bisa Mengungkapkan Kepribadian Seseorang, Suka yang Mana?

4. Musik Klasik

Beethoven dan Mozart adalah contoh musik klasik. Musik klasik yang kuno dan tak lekang oleh waktu dinikmati hingga saat ini dan dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian seseorang.

Pencinta musik klasik sebagian besar adalah individu canggih yang memegang standar tinggi. Mereka agak introvert tetapi memiliki harga diri yang baik dan puas dengan kehidupan. Mereka juga lebih pintar dari yang lain dan cenderung menjalani kehidupan yang mandiri dan aneh.

Ciri mencolok lainnya dari penggemar musik klasik adalah mereka menganggap musik pop, genre yang paling menarik perhatian, membosankan. Ya, Anda membacanya dengan benar, membosankan. Penggemar musik klasik memang cukup sulit untuk dipuaskan.

Baca Juga: Nomor Favorit Bisa Mengungkapkan Kepribadian Seseorang, Anda yang Mana?

5. Heavy Metal

Penggemar metal sering dikaitkan dengan aliran sesat, satanisme, dan kekerasan, tetapi ciri-ciri kepribadian mereka sangat berbeda. Menurut psikolog musik, penggemar metal dan pecinta musik klasik memiliki ciri-ciri kepribadian yang hampir sama, namun yang pertama kebetulan terdiri dari kaum muda.

Penggemar metal sangat intuitif, tertutup, dan lembut. Mereka juga sangat kreatif. Anggap saja mereka kebalikan dari pecinta pop.

6. Musik Trap dan EDM

Trap dan EDM adalah genre musik kontemporer yang bagi penggemarnya merupakan musik paling merdu dan menakjubkan yang pernah ada. Sementara para pencela trap dan EDM berpendapat bahwa mereka tidak lebih dari suara keras yang disamarkan sebagai musik. Apapun masalahnya, trap dan EDM hanya berada di urutan ketiga setelah pop dan rock dalam hal popularitas.

Baca Juga: Tes Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah: EQ, IQ dan Karir Seseorang

Trap dan EDM dicirikan oleh lagu-lagu yang dimaksudkan untuk pesta dan festival. Kebanyakan DJ diasosiasikan dengan genre ini. Oleh karena itu, penggemar trap dan EDM juga dikatakan antusias dan supel.

Mereka adalah pecinta pesta yang senang berkumpul dalam pertemuan sosial. Pecinta EDM dan trap juga karismatik dan kreatif, namun harus mengorbankan fokus dan kelembutan.

7. Musik Jazz dan Soul

Jazz dan soul merupakan genre musik yang berasal dari komunitas Afrika Amerika di Amerika Serikat. Meskipun soul lebih tentang vokal dan ritme, jazz berorientasi pada harmoni dan berjiwa bebas.

Baik penggemar jazz maupun soul, dan bahkan penggemar reggae, memiliki sifat ekstrovert dan sangat kreatif. Orang-orang ini mendambakan pengalaman baru dan terbuka terhadap perubahan. Penggemar musik jazz dan soul juga memiliki harga diri yang tinggi dan cerdas.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi15 Juni 2024, 07:01 WIB

Bukit Joglo: Destinasi Hits di Geopark Ciletuh untuk Menikmati Panorama Sukabumi

Bukit Joglo sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.
Bukit Joglo di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang