3 Amalan pada Malam Nisfu Syaban agar Mendapatkan Takdir yang Baik

Senin 19 Februari 2024, 17:53 WIB
Ilustrasi suasana Masjid ketika malam hari tiba. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi suasana Masjid ketika malam hari tiba. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.comNisfu Syaban adalah suatu malam istimewa di bulan Syaban. Nisfu Syaban terjadi setiap pada tanggal ke-15 bulan Syaban. Bulan Syaban sendiri adalah bulan ke-8 pada kalender Hijriah, yaitu sesudah bulan Rajab sebelum bulan Ramadhan.

Tanggal 15 Syaban 1445 H jatuh pada tanggal 25 Februari 2024. Maka dari itu, malam Nisfu Syaban jatuh pada 24 Februari 2024, mulai dari setelah Maghrib.

Malam Nisfu Syaban termasuk malam yang istimewa dalam Islam. Pada malam-malam istimewa ini umat Islam dianjurkan perbanyak melakukan ibadah dan beramal saleh. Di malam Nisfu Syaban Allah menetapkan takdir kita dalam setahun ke depannya. Semua takdir akan dicatat dalam pencatatan takdir seperti rezeki, umur, jodoh dan lainnya.

Baca Juga: Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Tanggal dan Doa yang Bisa Diamalkan

Ada 3 amalan yang dapat dilakukan ketika malam Nisfu Syaban agar mendapatkan pahala yang dan memiliki takdir yang baik, yaitu:

MEMBACA YASIN SEBANYAK 3 KALI

Membaca Yasin dilakukan sesudah sholat Maghrib pada malam Nisfu Syaban. Diusahakan juga untuk melakukan sholat berjamaah. Saat membaca surat Yasin pertama, niatkan untuk panjang umur, disehatkan selalu dan membaca doa Nisfu Syaban ketika sudah membaca surat Yasin. Ketika hendak membaca surat Yasin yang kedua, niatkan untuk rezeki yang berkah dan sama membaca doa Nisfu Syaban setelah membaca Yasin. Terakhir hendak membaca surat Yasin, niatkan untuk khusnul khotimah juga selamat dari segala bala dan musibah lalu membaca surat Yasin dan yang terakhir membaca doa Nisfu Syaban.

MEMBACA DOA NISFU SYABAN

Pada malam Nisfu Syaban sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa. Hal ini berdasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh ‘Aisyah RA yang berartikan, “Ini adalah malam Nisfu Syaban, sesungguhnya Allah memperlihatkaan hamba-hambanya di malam Nisfu Syaban, sehingga Allah mengampuni orang-orangg yang meminta ampunan, mengasihani orang-orang yang meminta belas kasih dab Allah menangguhkan para pendendan sebagimana layaknya.”
Adapun doa Nisfu Syaban yaitu:

“Allahumma ya dzal manni wala yumannu ‘alaika, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thouli wal in‘am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma amanal khoifin. Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fi ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, fam allahumma fi ummil kitabi syaqowati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa‘idan marzuqi muwaffaqan lil khairat. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fi kitabil munzali ‘ala lisani nabiyyikal mursal, “yamhullahu ma yasau wa yusbit, wa ‘indahu ummul kitab” wa shallallahu ‘ala sayyidina muhamm.ad wa ala alihi wa shahbihi wa sallam, walhamdu lillahi rabbil ‘alamin.”

PUASA NISFU SYABAN

Puasa Nisfu Syaban memiliki keutamaan sama dengan puasa Syaban. Puasa Syaban dilaksanakan pada siang hari Nisfu Syaban, yaitu pada tanggal 25 Februari 2024. Puasa ini merupakan sunah, maksudnya tidak apa-apa jika tidak dilaksanakan dan akan mendapat pahala jika melaksanakannya.

Penulis: Ullima Iffah Shandana

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi
Life19 Juli 2024, 13:00 WIB

7 Sikap yang Membuat Seseorang Sulit Sukses Dalam Hidupnya

Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup.
Ilustrasi - Sikap dan perilaku tertentu dapat menjadi penghalang besar dalam mencapai kesuksesan hidup. (Sumber : Pexels.com/@Bruno Castrioto).
Entertainment19 Juli 2024, 12:30 WIB

Jennifer Coppen Tulis Pesan Untuk Suaminya yang Meninggal: Aku Kangen Banget

Jennifer Coppen membagikan pesan yang mengungkapkan perasaan berdukanya atas kepergian sang suami, Dali Wassink, di story instagram @/jennifercoppenreal20 pada Jumat, 19 Juli 2024.
Jennifer Coppen Tulis Pesan Untuk Suaminya yang Meninggal: Aku Kangen Banget (Sumber : Instagram/@dali.wassink)
Bola19 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persib Bandung vs PSM Makassar di Piala Presiden 2024: H2H Hingga Skor Akhir

Persib Bandung akan melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, hari ini Jumat (19/07/2024), mulai pukul 19.30 WIB. | X@persib/@PSM_Makassar
Persib Bandung akan melawan PSM Makassar di Piala Presiden 2024, hari ini Jumat (19/07/2024), mulai pukul 19.30 WIB. | (Sumber : X@persib/@PSM_Makassar).