10 Nama Lain Malam Nisfu Sya’ban yang Dikenal Memiliki Keistimewaan

Senin 19 Februari 2024, 05:00 WIB
Ilustrasi - Malam Nisfu Sya'ban dapat menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan kedekatan diri kepada Allah SWT. | (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)

Ilustrasi - Malam Nisfu Sya'ban dapat menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan kedekatan diri kepada Allah SWT. | (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Nisfu Sya'ban adalah malam ke-15 bulan Sya'ban, yang tahun ini jatuh pada Sabtu 24 Februari 2024. Malam ini dikenal sebagai salah satu malam istimewa dalam Islam, penuh dengan keberkahan dan pengampunan Allah SWT.

Ustadz Sunnatullah menyebutkan ada 10 Nama lain Malam Nisfu Sya'ban. Menurutnya, kemuliaan malam Nisfu Sya'ban karena Allah SWT memberikan banyak anugerah di malam tersebut.

“Oleh karenanya, pada malam ini dikenal sebagai salah satu malam yang memiliki banyak nama, dan masing-masing dari nama-nama itu memiliki keagungan dan kemuliaan tersendiri yang bisa diraih oleh umat Islam,” jelas Ustadz Sunnatullah.

Baca Juga: 6 Bacaan Doa Ziarah Kubur, Tradisi Menjelang Bulan Ramadan

Berikut ini adalah 10 nama lain dari malam Nisfu Sya’ban yang dihimpun dari NU Online.

1. (Mubarakah) Malam yang Diberkahi

Dikatakan malam yang diberkahi karena suatu alasan. Pertama, pada malam Nisfu Sya'ban, Allah memerintahkan para malaikat turun ke langit dunia dan menyebarkan kebaikan kepada umat manusia.

Malam itu, jarak antara manusia dan malaikat sangat dekat. Kedekatan ini menjadi anugerah istimewa yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW. Lalu pada malam Nisfu Sya'ban, air Zamzam bertambah dengan sangat nyata hingga terlihat oleh mata manusia.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

2. (Qismah wa at-takdir) Malam Pembagian Takdir

Pada malam Nisfu Sya'ban turunlah para malaikat untuk melimpahkan keberkahan dan kebaikan serta menentukan nasib seluruh manusia mulai dari rezeki, jodoh, mulia, pangkat hingga pernikahan.

Riwayat lain juga menyebutkan bahwa pada malam pertengahan bulan Sya’ban, Allah SWT mengambil beberapa keputusan yang dikehendaki-Nya lalu menyerahkannya kepada pemiliknya pada malam Lailatul Qadar.

3. (At-takfir) Malam Penghapusan Dosa

Ada alasan untuk menyebut malam penebusan ini karena pada malam ini Allah mengampuni segala dosa hamba-hamba-Nya selama satu tahun sejak malam itu hingga malam Nisfu Sya'ban tahun berikutnya.

Baca Juga: Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Tanggal dan Doa yang Bisa Diamalkan

4. (Al-Ijabah) Malam Diterimanya Doa

Penamaan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam diterimanya doa ini berdasarkan hadits riwayat Imam Baihaqi. “(Terdapat) lima malam, di mana doa tidak ditolak di dalamnya, yaitu: malam Jumat, malam pertama dari bulan Rajab, malam pertengahan bulan Sya’ban, dan dua malam hari raya.”

5. (Al-hayat) Malam Kehidupan

Dikatakan malam kehidupan karena orang yang beribadah kepada Allah SWT pada malam ini tidak akan dibiarkan hatinya mati ketika semua hati manusia mati. Artinya ketika semua makhluk merasa puas dengan dunia dan melupakan akhirat, maka Allah tidak akan membiarkan orang yang beribadah malam itu merasa puas dengan dunia.

Ditambah lagi riwayat Ishaq bin Rahwaih dengan sanadnya dari Wahab bin Munabbih bahwa tidak ada seorang pun yang meninggal pada malam itu. “Jika malam pertengahan bulan Sya’ban telah datang, maka tidak akan ada seorang pun yang mati, mulai dari ujung timur hingga ujung barat, karena sibuknya malaikat pencabut nyawa dengan menerima catatan-catatan (makhluk) dari Tuhan semesta alam.”

6. Hari Raya Malaikat

Ibarat manusia yang mempunyai dua hari raya yang selalu mereka rayakan setiap tahunnya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha, para malaikat juga mempunyai dua hari raya yang selalu mereka rayakan setiap tahunnya yaitu malam Nisfu Sya'ban malam Lailatul Qadar.

7. Malam Syafaat

Menurut Al-Hafiz Syekh Salim as-Sanhuri, malam Nisfu Sya'ban merupakan malam syafaat yang sempurna.

8. (Al-‘itqu) Malam Kemerdekaan

Dikatakan malam kemerdekaan karena separuh umat Nabi Muhammad bangkit dari neraka malam itu. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Sayyidatina Aisyah: “Sungguh Nabi Muhammad sedang duduk pada suatu malam (nisfu Sya’ban), maka datang kepadanya malaikat Jibril. Ia berkata: Sungguh Allah telah memerdekakan dari neraka separuh umatmu.”

9. (Al-bara`ah) Malam Pembebasan

Sebab, pada malam itu Allah menyelamatkan kebebasan hamba-hamba-Nya yang beriman dari neraka; baik yang taat maupun ahli maksiat. Tidak hanya kepada orang beriman yang taat, Allah juga memberikan keselamatan kepada orang beriman yang masih sering berbuat dosa.

10. (Al-jaizah) Malam Hadiah

Malam hadiah dikukuhkan sebagai nama lain dari malam Nisfu Sya'ban karena malam mulia ini hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW dan bukan kepada umat nabi-nabi sebelumnya. Oleh karena itu malam ini merupakan anugerah langsung dari Allah SWT khususnya kepada umat Nabi Muhammad SAW.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juli 2024, 22:16 WIB

Keributan di Tipar Gede Sukabumi, Satu Pengamen Terluka Dihajar Pria Tak Dikenal

Berikut kesaksian pedagang pasar di jalan Tipar Gede Sukabumi terkait sekelompok pengamen dihajar pria tak dikenal berjaket kuning.
Kondisi di sekitar jalan Tipar Gede Kota Sukabumi usai keributan yang melibatkan pengamen dan pria misterius berjaket kuning. (Sumber : Istimewa)
Produk24 Juli 2024, 21:19 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Sukabumi Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tembus Rp80 ribu per kilogram pada Rabu (24/7/2024).
Cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 21:18 WIB

2 Artis Kirim Kode Maju Pilkada Sukabumi, Warganet Dukung Omesh Jadi Bupati, Bobby Wakil Walikota

Dua artis ternama asal Sukabumi, Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana, menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Hal ini terjadi setelah keduanya mengirimkan kode-kode politik menjelang Pilkada Sukabumi 2024.
Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana | Foto : Ist
Life24 Juli 2024, 21:00 WIB

Merasa Sering Dijauhi Orang Lain? Simak 10 Perilaku yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Jika Anda merasa sering dijauhi orang lain, cobalah untuk introspeksi diri dan perhatikan apakah Anda memiliki salah satu dari 10 perilaku ini.
Ilustrasi - Ada beberapa perilaku tertentu yang membuat seseorang atau Anda dijauhi oleh orang lain. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Internasional24 Juli 2024, 20:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist
Nasional24 Juli 2024, 20:11 WIB

Kuasa Hukum Korban Kecewa Ronald Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi Divonis Bebas

Kuasa Hukum keluarga Dini Sera Afrianti menilai putusan Majelis Hakim PN Surabaya ini sangat menciderai keadilan bagi korban.
Gregorius Ronald Tannur anak anggota DPR RI tersangka penganiayaan berujung kematian wanita Sukabumi Dini Sera Afrianti. (Sumber : Istimewa/Instagram)
Bola24 Juli 2024, 20:00 WIB

Rumor Transfer Persib: Mailson Lima Dikabarkan Jadi Pemain Asing Terakhir yang Bakal Direkrut

Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025.
Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025. (Sumber : Instagram/@inst_scout).
Sukabumi24 Juli 2024, 19:34 WIB

Dukung Kenyamanan Mobilitas, Dinas PU Perbaiki Jalan Angkrong Parungkuda Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya pengaspalan ruas Jalan Angkrong di Kecamatan Parungkuda
Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pengaspalan ruas jalan Angkrong, Kecamatan Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juli 2024, 19:24 WIB

Inspektorat Desak RS Bunut Sukabumi Amankan Uang dari Eks Dirut yang Jadi Temuan BPK

Inspektorat Kota Sukabumi mendesak direksi RSUD R Syamsudin SH (Bunut) amankan uang dari eks dirut senilai hampir Rp1 Miliar yang jadi temuan BPK.
Kepala Inspektorat Kota Sukabumi, Een Rukmini saat diwawancara terkait temuan BPK atas keuangan RS Bunut. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola24 Juli 2024, 19:00 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Arema FC Grup B Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : X/@BaliUtd/Istimewa).