10 Nama Lain Malam Nisfu Sya’ban yang Dikenal Memiliki Keistimewaan

Senin 19 Februari 2024, 05:00 WIB
Ilustrasi - Malam Nisfu Sya'ban dapat menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan kedekatan diri kepada Allah SWT. | (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)

Ilustrasi - Malam Nisfu Sya'ban dapat menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan kedekatan diri kepada Allah SWT. | (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Nisfu Sya'ban adalah malam ke-15 bulan Sya'ban, yang tahun ini jatuh pada Sabtu 24 Februari 2024. Malam ini dikenal sebagai salah satu malam istimewa dalam Islam, penuh dengan keberkahan dan pengampunan Allah SWT.

Ustadz Sunnatullah menyebutkan ada 10 Nama lain Malam Nisfu Sya'ban. Menurutnya, kemuliaan malam Nisfu Sya'ban karena Allah SWT memberikan banyak anugerah di malam tersebut.

“Oleh karenanya, pada malam ini dikenal sebagai salah satu malam yang memiliki banyak nama, dan masing-masing dari nama-nama itu memiliki keagungan dan kemuliaan tersendiri yang bisa diraih oleh umat Islam,” jelas Ustadz Sunnatullah.

Baca Juga: 6 Bacaan Doa Ziarah Kubur, Tradisi Menjelang Bulan Ramadan

Berikut ini adalah 10 nama lain dari malam Nisfu Sya’ban yang dihimpun dari NU Online.

1. (Mubarakah) Malam yang Diberkahi

Dikatakan malam yang diberkahi karena suatu alasan. Pertama, pada malam Nisfu Sya'ban, Allah memerintahkan para malaikat turun ke langit dunia dan menyebarkan kebaikan kepada umat manusia.

Malam itu, jarak antara manusia dan malaikat sangat dekat. Kedekatan ini menjadi anugerah istimewa yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW. Lalu pada malam Nisfu Sya'ban, air Zamzam bertambah dengan sangat nyata hingga terlihat oleh mata manusia.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

2. (Qismah wa at-takdir) Malam Pembagian Takdir

Pada malam Nisfu Sya'ban turunlah para malaikat untuk melimpahkan keberkahan dan kebaikan serta menentukan nasib seluruh manusia mulai dari rezeki, jodoh, mulia, pangkat hingga pernikahan.

Riwayat lain juga menyebutkan bahwa pada malam pertengahan bulan Sya’ban, Allah SWT mengambil beberapa keputusan yang dikehendaki-Nya lalu menyerahkannya kepada pemiliknya pada malam Lailatul Qadar.

3. (At-takfir) Malam Penghapusan Dosa

Ada alasan untuk menyebut malam penebusan ini karena pada malam ini Allah mengampuni segala dosa hamba-hamba-Nya selama satu tahun sejak malam itu hingga malam Nisfu Sya'ban tahun berikutnya.

Baca Juga: Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Tanggal dan Doa yang Bisa Diamalkan

4. (Al-Ijabah) Malam Diterimanya Doa

Penamaan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam diterimanya doa ini berdasarkan hadits riwayat Imam Baihaqi. “(Terdapat) lima malam, di mana doa tidak ditolak di dalamnya, yaitu: malam Jumat, malam pertama dari bulan Rajab, malam pertengahan bulan Sya’ban, dan dua malam hari raya.”

5. (Al-hayat) Malam Kehidupan

Dikatakan malam kehidupan karena orang yang beribadah kepada Allah SWT pada malam ini tidak akan dibiarkan hatinya mati ketika semua hati manusia mati. Artinya ketika semua makhluk merasa puas dengan dunia dan melupakan akhirat, maka Allah tidak akan membiarkan orang yang beribadah malam itu merasa puas dengan dunia.

Ditambah lagi riwayat Ishaq bin Rahwaih dengan sanadnya dari Wahab bin Munabbih bahwa tidak ada seorang pun yang meninggal pada malam itu. “Jika malam pertengahan bulan Sya’ban telah datang, maka tidak akan ada seorang pun yang mati, mulai dari ujung timur hingga ujung barat, karena sibuknya malaikat pencabut nyawa dengan menerima catatan-catatan (makhluk) dari Tuhan semesta alam.”

6. Hari Raya Malaikat

Ibarat manusia yang mempunyai dua hari raya yang selalu mereka rayakan setiap tahunnya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha, para malaikat juga mempunyai dua hari raya yang selalu mereka rayakan setiap tahunnya yaitu malam Nisfu Sya'ban malam Lailatul Qadar.

7. Malam Syafaat

Menurut Al-Hafiz Syekh Salim as-Sanhuri, malam Nisfu Sya'ban merupakan malam syafaat yang sempurna.

8. (Al-‘itqu) Malam Kemerdekaan

Dikatakan malam kemerdekaan karena separuh umat Nabi Muhammad bangkit dari neraka malam itu. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Sayyidatina Aisyah: “Sungguh Nabi Muhammad sedang duduk pada suatu malam (nisfu Sya’ban), maka datang kepadanya malaikat Jibril. Ia berkata: Sungguh Allah telah memerdekakan dari neraka separuh umatmu.”

9. (Al-bara`ah) Malam Pembebasan

Sebab, pada malam itu Allah menyelamatkan kebebasan hamba-hamba-Nya yang beriman dari neraka; baik yang taat maupun ahli maksiat. Tidak hanya kepada orang beriman yang taat, Allah juga memberikan keselamatan kepada orang beriman yang masih sering berbuat dosa.

10. (Al-jaizah) Malam Hadiah

Malam hadiah dikukuhkan sebagai nama lain dari malam Nisfu Sya'ban karena malam mulia ini hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW dan bukan kepada umat nabi-nabi sebelumnya. Oleh karena itu malam ini merupakan anugerah langsung dari Allah SWT khususnya kepada umat Nabi Muhammad SAW.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 12:48 WIB

Beredar Video Korban dan Pelaku Pasca-Kejadian, Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Terduga pelaku yang masih berusia muda sudah berada di sel tahanan.
Tangkapan layar video korban (kiri) dan terduga pelaku (kanan), kasus pembunuhan ibu oleh anak kandung di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 12:45 WIB

Jangan Dianggap Sepele, Berikut 7 Kebiasaan Buruk Remaja yang Harus Dihentikan

terkadang kebiasaan sehari-hari yang dilakukan anak remaja, sering dianggap sepele oleh orang tua. Padahal, itu bisa berdampak buruk dikemudian hari
Ilustrasi kebiasaan remaja yang sering dianggap sepele (Sumber : pexels.com/@LizaSummer)
Internasional14 Mei 2024, 12:39 WIB

Helm, Tatap Mata dan Batagor : Kisah 3 Pemuda Thailand Kuliah di Sukabumi

Ketiganya adalah mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, untuk tahun ajaran 2023/2024.
Eldie dan Mae, pemuda Yala, Thailand yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Sumber: tim peliput UMMI)
Life14 Mei 2024, 12:30 WIB

8 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hati Bahagia, Jangan Ragu Lakukan!

Kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia ini dapat membantu Anda mengalami lebih banyak kedamaian dan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi. Sisihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dinikmati dan memberi diri sendiri kesenangan termasuk salah satu kebiasaan sederhana yang bisa membuat hati bahagia. (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola14 Mei 2024, 12:15 WIB

Prediksi Bali United vs Persib Bandung di Leg 1 Semifinal Championship Series

Persib Bandung hari ini akan melakoni leg 1 semifinal Championship Series melawan Bali United.
Persib Bandung hari ini akan melakoni leg 1 semifinal Championship Series melawan Bali United. (Sumber : X@BaliUtd/@persib).
Sehat14 Mei 2024, 12:00 WIB

7 Obat Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat di Rumah, Mudah Didapat!

Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dalam bentuk suplemen dapat membantu mengelola gejala asam urat.
Ilustrasi - Bawang Putih Adalah Salah Satu Obat Alami untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Urat di Rumah yang Mudah Didapat! (Sumber : Pexels/IsabellaMendes)
Life14 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Tips Untuk Menghindari Anak Mengabaikan Tugas Rumah dan Tanggung Jawab

Kadang-kadang, anak mungkin menunjukkan tingkat tanggung jawab yang berbeda-beda yang diberikan kepada teman mereka di rumah. Maka dari itu sebagai orang tua harus mengarahkan dengan baik anak agar bisa bertanggung jawab
Ilustrasi menghindari anak mengabaikan tugas dan tanggung jawab (Sumber : pexels.com/@JuliaMCameron)
Sukabumi14 Mei 2024, 11:42 WIB

Pelaku Ditangkap! Polisi Soal Anak Bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi

Polisi sudah berangkat ke lokasi kejadian dugaan pembunuhan.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap terduga pelaku pembunuhan ibu kandung di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay/KlausHausmann
DPRD Kab. Sukabumi14 Mei 2024, 11:35 WIB

Tuai Pro Kontra Pasca Tragedi Bus SMK, DPRD Sukabumi Minta Study Tour Diatur dan Tak Wajib

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar meminta study tour diatur soal keselamatannya dan tak wajib agar tak beratkan orang tua.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar. (Sumber : Istimewa)
Life14 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Posisi Tidur yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Jika penderita asam urat merasa nyeri atau ketidaknyamanan saat tidur dalam posisi tertentu, pertimbangkan untuk mencoba posisi tidur yang berbeda atau berkonsultasi dengan dokter atau ahli untuk saran yang lebih spesifik tentang manajemen nyeri.
Ilustrasi. Posisi Tidur yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/pixabay)