10 Nama Lain Malam Nisfu Sya’ban yang Dikenal Memiliki Keistimewaan

Senin 19 Februari 2024, 05:00 WIB
Ilustrasi - Malam Nisfu Sya'ban dapat menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan kedekatan diri kepada Allah SWT. | (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)

Ilustrasi - Malam Nisfu Sya'ban dapat menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk meningkatkan kedekatan diri kepada Allah SWT. | (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)

SUKABUMIUPDATE.com - Nisfu Sya'ban adalah malam ke-15 bulan Sya'ban, yang tahun ini jatuh pada Sabtu 24 Februari 2024. Malam ini dikenal sebagai salah satu malam istimewa dalam Islam, penuh dengan keberkahan dan pengampunan Allah SWT.

Ustadz Sunnatullah menyebutkan ada 10 Nama lain Malam Nisfu Sya'ban. Menurutnya, kemuliaan malam Nisfu Sya'ban karena Allah SWT memberikan banyak anugerah di malam tersebut.

“Oleh karenanya, pada malam ini dikenal sebagai salah satu malam yang memiliki banyak nama, dan masing-masing dari nama-nama itu memiliki keagungan dan kemuliaan tersendiri yang bisa diraih oleh umat Islam,” jelas Ustadz Sunnatullah.

Baca Juga: 6 Bacaan Doa Ziarah Kubur, Tradisi Menjelang Bulan Ramadan

Berikut ini adalah 10 nama lain dari malam Nisfu Sya’ban yang dihimpun dari NU Online.

1. (Mubarakah) Malam yang Diberkahi

Dikatakan malam yang diberkahi karena suatu alasan. Pertama, pada malam Nisfu Sya'ban, Allah memerintahkan para malaikat turun ke langit dunia dan menyebarkan kebaikan kepada umat manusia.

Malam itu, jarak antara manusia dan malaikat sangat dekat. Kedekatan ini menjadi anugerah istimewa yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW. Lalu pada malam Nisfu Sya'ban, air Zamzam bertambah dengan sangat nyata hingga terlihat oleh mata manusia.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Arab, Latin dan Terjemahannya

2. (Qismah wa at-takdir) Malam Pembagian Takdir

Pada malam Nisfu Sya'ban turunlah para malaikat untuk melimpahkan keberkahan dan kebaikan serta menentukan nasib seluruh manusia mulai dari rezeki, jodoh, mulia, pangkat hingga pernikahan.

Riwayat lain juga menyebutkan bahwa pada malam pertengahan bulan Sya’ban, Allah SWT mengambil beberapa keputusan yang dikehendaki-Nya lalu menyerahkannya kepada pemiliknya pada malam Lailatul Qadar.

3. (At-takfir) Malam Penghapusan Dosa

Ada alasan untuk menyebut malam penebusan ini karena pada malam ini Allah mengampuni segala dosa hamba-hamba-Nya selama satu tahun sejak malam itu hingga malam Nisfu Sya'ban tahun berikutnya.

Baca Juga: Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Tanggal dan Doa yang Bisa Diamalkan

4. (Al-Ijabah) Malam Diterimanya Doa

Penamaan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam diterimanya doa ini berdasarkan hadits riwayat Imam Baihaqi. “(Terdapat) lima malam, di mana doa tidak ditolak di dalamnya, yaitu: malam Jumat, malam pertama dari bulan Rajab, malam pertengahan bulan Sya’ban, dan dua malam hari raya.”

5. (Al-hayat) Malam Kehidupan

Dikatakan malam kehidupan karena orang yang beribadah kepada Allah SWT pada malam ini tidak akan dibiarkan hatinya mati ketika semua hati manusia mati. Artinya ketika semua makhluk merasa puas dengan dunia dan melupakan akhirat, maka Allah tidak akan membiarkan orang yang beribadah malam itu merasa puas dengan dunia.

Ditambah lagi riwayat Ishaq bin Rahwaih dengan sanadnya dari Wahab bin Munabbih bahwa tidak ada seorang pun yang meninggal pada malam itu. “Jika malam pertengahan bulan Sya’ban telah datang, maka tidak akan ada seorang pun yang mati, mulai dari ujung timur hingga ujung barat, karena sibuknya malaikat pencabut nyawa dengan menerima catatan-catatan (makhluk) dari Tuhan semesta alam.”

6. Hari Raya Malaikat

Ibarat manusia yang mempunyai dua hari raya yang selalu mereka rayakan setiap tahunnya yaitu Idul Fitri dan Idul Adha, para malaikat juga mempunyai dua hari raya yang selalu mereka rayakan setiap tahunnya yaitu malam Nisfu Sya'ban malam Lailatul Qadar.

7. Malam Syafaat

Menurut Al-Hafiz Syekh Salim as-Sanhuri, malam Nisfu Sya'ban merupakan malam syafaat yang sempurna.

8. (Al-‘itqu) Malam Kemerdekaan

Dikatakan malam kemerdekaan karena separuh umat Nabi Muhammad bangkit dari neraka malam itu. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Sayyidatina Aisyah: “Sungguh Nabi Muhammad sedang duduk pada suatu malam (nisfu Sya’ban), maka datang kepadanya malaikat Jibril. Ia berkata: Sungguh Allah telah memerdekakan dari neraka separuh umatmu.”

9. (Al-bara`ah) Malam Pembebasan

Sebab, pada malam itu Allah menyelamatkan kebebasan hamba-hamba-Nya yang beriman dari neraka; baik yang taat maupun ahli maksiat. Tidak hanya kepada orang beriman yang taat, Allah juga memberikan keselamatan kepada orang beriman yang masih sering berbuat dosa.

10. (Al-jaizah) Malam Hadiah

Malam hadiah dikukuhkan sebagai nama lain dari malam Nisfu Sya'ban karena malam mulia ini hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW dan bukan kepada umat nabi-nabi sebelumnya. Oleh karena itu malam ini merupakan anugerah langsung dari Allah SWT khususnya kepada umat Nabi Muhammad SAW.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi23 Oktober 2024, 22:10 WIB

Banggar DPRD Sukabumi dan Pemda Sepakati RAPBD 2025, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025.
Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi sepakati RAPBD 2025 | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi23 Oktober 2024, 21:49 WIB

Kecewa, 16 Anggota Walk Out Saat Paripurna Pembentukan AKD DPRD Kota Sukabumi

Sebanyak 16 Anggota DPRD Kota Sukabumi dikabarkan tak kembali saat jeda istirahat sidang paripurna membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) di ruang sidang Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) malam.
Rapat paripurna pembahasan AKD di Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) | Foto : Dok. Sekwan
Inspirasi23 Oktober 2024, 20:53 WIB

Jejak Inspiratif, Sosok Wamen Pendidikan Dr. Fajar Dimata Guru dan Kakak Kelas di YASTI Sukabumi

Kemunculan nama Fajar Riza Ulhaq di jajaran Kabinet Merah Putih menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru dan kakak kelasnya semasa sekolah tingkat menengah di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, Dr. Fajar merupakan alumni MTs YASTI
Dr. Fajar Riza Ulhaq, Wamen Pendidikan RI 2024-2029 (kiri), Haerudin (Guru MTs Yasti Cisaat Sukabumi) | Foto : Sukabumiupdate.com
Musik23 Oktober 2024, 20:00 WIB

Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan

Festival musik yang akan mendatangkan musisi dari K-Hip Hop dan K-R&B yakni NEVAEVA! Festival 2024 secara resmi mengumumkan batal diselenggarakan.
Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan (Sumber : Instagram/@nevaeva_indonesia)
Jawa Barat23 Oktober 2024, 19:58 WIB

Anggota DPRD Jabar Haji Aka Minta Negara Cari Solusi untuk Masalah Gurandil di Sukabumi

Hal ini lebih khusus disampaikan kepada Dinas ESDM Jabar.
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yusuf Maulana mengikuti rapat kerja dengan mitra kerja Komisi IV di kantor BAPENDA Kabupaten Garut pada Selasa, 22 Oktober 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi23 Oktober 2024, 19:29 WIB

Hilang Kendali di Tikungan Lalu Tabrak Warung, Pemotor Tewas di Simpenan Sukabumi

Mereka diduga kehilangan kendali sehingga terjatuh ke sebelah kiri jalan.
Lokasi kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa
Food & Travel23 Oktober 2024, 19:00 WIB

5 Makanan Khas Kota Tangerang yang Unik dan Menggugah Selera

Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba.
Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba. (Sumber : Instagram/@laksatangerangcikimhua/@sumsum_pisangmas).
Entertainment23 Oktober 2024, 18:30 WIB

NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap

Kabar bahagia datang dari NCT DREAM yang akan comeback dengan merilis album terbaru bertajuk DREAMSCAPE pada 11 November 2024. Renjun akan berpartisipasi usai hiatus.
NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap (Sumber : Instagram/@nct_dream)
Life23 Oktober 2024, 18:00 WIB

Kumpulan Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki dan Perempuan, Yuk Amalkan

Berdoa meminta jodoh terbaik merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba kepada Allah SWT.
Meminta jodoh yang terbaik adalah bentuk usaha untuk mendapatkan pasangan hidup yang bisa membimbing kita dalam menjalankan ibadah dan meraih ridho Allah. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi23 Oktober 2024, 17:53 WIB

Satu Tewas! Pemotor Satria Kecelakaan Tunggal di Jalan Simpenan Sukabumi

Kecelakaan melibatkan pengendara dan penumpang sepeda motor Satria F 150.
Sepeda motor Satria F 150 yang kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa