Posisi Tidur Dapat Mengungkapkan Kepribadian Seseorang, Kamu yang Mana?

Selasa 16 Januari 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi - Posisi tidur adalah hal yang sering diabaikan, tetapi dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian seseorang. (Sumber : Freepik.com/jcomp).

Ilustrasi - Posisi tidur adalah hal yang sering diabaikan, tetapi dapat mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian seseorang. (Sumber : Freepik.com/jcomp).

SUKABUMIUPDATE.com - Posisi tidur adalah hal yang sering kita lakukan sehari-hari, tetapi tahukah Anda bahwa posisi tidur dapat mengungkapkan kepribadian seseorang? Ya posisi tidur dapat membongkar sifat dan karakter seseorang.

Psikolog dan pakar tidur di seluruh dunia telah melakukan beberapa penelitian untuk mengetahui hubungan antara posisi tidur dan kepribadian kita. Alam bawah sadar kita adalah pembangkit tenaga listrik yang mempengaruhi bagaimana kita berfungsi sepanjang hari, bagaimana kita berjalan, kopi apa yang kita pesan, bagaimana kita tidur, dan lain-lain.

Meskipun kita sering tidak memperhatikan bagaimana kita tidur, kita hanya meringkuk di tempat tidur di tempat tidur favorit kita. Namun, banyak karya perintis Dunkell tentang hubungan antara posisi tidur dan ciri-ciri kepribadian. Peneliti tidur Samuel Dunkell menulis dalam bukunya Sleep Positions, “Cara kita tidur adalah cara hidup”.

Baca Juga: 10 Cara Menikmati Hidup yang Menyenangkan dan Menenangkan, Stres Lewat!

Ilmu Tidur telah berperan penting dalam membuktikan bahwa tidur menceritakan tentang ciri-ciri kepribadian Anda yang dapat dikategorikan sebagai neurotisisme, kesadaran, ekstraversi, keramahan, dan keterbukaan.

European Journal of Personality menyatakan bahwa kualitas tidur yang Anda dapatkan minggu ini kemungkinan besar akan mempengaruhi kepribadian Anda lima tahun dari sekarang.

Mari kita cari tahu apa yang diungkapkan posisi tidur Anda tentang kepribadian Anda. Berikut adalah penjelasannya yang dihimpun via jagranjosh.

Baca Juga: 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran dari Tekanan Batin, Hidup Kembali Bahagia!

1. Posisi Tidur: Terlentang

Mengungkap kepribadian berdasarkan tidur telentang. | Freepik.com/jcompIlustrasi - Mengungkap kepribadian berdasarkan tidur telentang. | Freepik.com/jcomp.

Jika kamu tidur telentang, maka kepribadian dirimu mengatakan bahwa kamu senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah individu optimis yang akan menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang berpikiran sama.

Anda biasanya ditemukan memiliki kehadiran yang kuat dan berani di ruangan yang penuh dengan orang. Anda tidak terlibat dalam pembicaraan remeh atau hal-hal yang tidak memenuhi standar Anda atau tidak mendukung Anda. Anda memiliki ekspektasi yang sangat tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain.

Kemungkinan besar seseorang akan mendengar kebenaran dari Anda daripada kebohongan yang dibuat-buat. Anda bekerja dengan sangat teliti dan gigih untuk mencapai tujuan Anda. Anda menjalani hidup secara terstruktur dengan pola pikir yang didorong oleh kesuksesan. Anda sangat menikmati 'me-time' sambil berbaring di tempat tidur dan membayangkan rencana Anda menjadi kenyataan.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Kebahagiaan Sampai Umurnya Tua

Orang yang mandiri dapat mengambil posisi pekerjaan dengan tidur telentang. Orang yang tidur telentang menunjukkan kecenderungan kerajaan seperti 'ratu' atau 'raja' siang dan malam. Mereka memancarkan kepercayaan diri, penerimaan terhadap dunia, dan kebebasan. Mereka diketahui berpikiran terbuka, dan mencari pengalaman atau sensasi dibandingkan dengan gaya tidur lainnya.

2. Posisi Tidur: Menyamping

Mengungkap kepribadian berdasarkan tidur menyamping. | Freepik.comIlustrasi - Mengungkap kepribadian berdasarkan tidur menyamping. | Freepik.com.

Jika Anda tidur miring atau menyamping maka kepribadian Anda menunjukan bahwa Anda adalah tipe orang yang tenang, dapat diandalkan, santai, aktif, giat, dan suka bersosialisasi. Anda selalu menantikan, tidak menyesali masa lalu dan Anda tidak takut dengan masa depan.

Anda sangat mudah beradaptasi, apapun perubahan atau situasinya. Anda selalu mencari hikmahnya dalam segala hal. Anda sangat sadar akan diri sendiri, aspek baik dan buruk Anda sehingga tidak mudah menyinggung perasaan Anda. Anda selalu tersenyum di wajah Anda bahkan selama kesulitan.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Cara Kamu Memegang Ponsel Dapat Menunjukan Karaktermu!

Orang yang tidur miring dengan tangan terentang biasanya mendambakan hubungan dekat atau koneksi dengan seseorang, namun jauh di lubuk hati mereka juga takut tidak akan mendapatkannya.

Mereka memiliki pendekatan hidup yang cukup rasional. Mereka juga cenderung menjadi makhluk yang kompleks karena mereka menunjukkan keterbukaan terhadap pengalaman baru namun pada saat yang sama sangat curiga terhadap orang lain.

Mereka tidak cepat menerima atau mengubah pendapat mereka tentang orang lain. Mereka biasanya lambat dalam mengambil keputusan, tetapi begitu mereka mengambil keputusan, mereka akan tetap berpegang pada keputusan dan pemikirannya sendiri.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Telinga Bisa Mengungkapkan Sifat Tersembunyi Seseorang

Orang yang tidur miring dengan bantal dipeluk atau diselipkan di antara kedua kaki mereka terbukti menjadi individu yang sangat penolong dan lebih mementingkan hubungan daripada aspek kehidupan lainnya.

Meskipun Anda mendambakan bantal untuk dipeluk saat tidur, Anda juga ingin memiliki ikatan yang mendalam dengan orang terdekat, pasangan, atau anggota keluarga. Kemungkinan besar Anda akan memeluk pasangan Anda atau melingkarkan kaki atau lengan Anda di sekelilingnya saat tidur dengannya.

Orang yang tidur miring dalam posisi log dengan kedua kaki dan tangan terentang adalah orang yang mudah tertipu dan terbuka terhadap pengalaman hidup, menurut peneliti tidur Chris Idzikowsk dalam studinya. Mereka kebanyakan bisa bergaul dengan siapa saja, bahkan dengan orang asing. Mereka memiliki tipe sifat yang terlalu percaya.

Baca Juga: Tes Kepribadian: 5 Gaya Berjalan Ungkap Sifat Asli Seseorang, Anda yang Mana?

Orang yang tidur miring dengan lutut ditekuk hingga ke perut dan salah satu lengannya diselipkan di bawah bantal atau pipi dianggap sebagai pemikir alami. Anda selaras dengan emosi Anda, baik negatif maupun positif. Anda merangkul mereka dan bertindak sesuai dengan itu. Anda tampaknya memiliki penampilan luar yang kasar dan dingin, tetapi Anda adalah orang yang emosional di dalam. Anda juga bisa menjadi pasangan atau teman yang baik.

3. Posisi Tidur: Janin

Mengungkap kepribadian berdasarkan tidur janin (bayi). | Freepik.com/@master1305Ilustrasi - Mengungkap kepribadian berdasarkan tidur janin (bayi). | Freepik.com/@master1305.

Apabila Anda tidur dalam posisi janin, maka kepribadian tidur Anda mengatakan bahwa Anda mencari perlindungan, ingin dimengerti, dan diperhatikan oleh orang lain. Posisi tidur janin mirip seperti meringkuk seperti bayi.

Tidur dalam posisi janin membantu Anda melepaskan diri dari masalah duniawi. Anda adalah orang yang berhati-hati dan tidak mudah terbuka. Anda kesulitan mempercayai orang. Mereka memiliki penampilan luar yang tangguh namun cukup emosional di dalam.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Jenis Rambut Mengungkapkan Karakter Tersembunyi Seseorang

Jika seseorang tidur dalam posisi janin, mereka paling nyaman berada di dekat anggota keluarganya atau orang-orang yang berperan besar dalam pengasuhan mereka. Mereka adalah tipe orang yang pemalu, sensitif, polos, dan pemaaf dengan hati nurani yang bersih.

Mereka senang melakukan hal-hal yang tidak memerlukan terlalu banyak orang. Mereka kebanyakan melukis, menggambar, menulis, menari, dan lain-lain di mana mereka dapat menemukan cara untuk mengekspresikan diri.

Posisi tidur janin pertama kali diteorikan oleh peneliti tidur Samuel Dunkell pada tahun 1970-an. Ia mengamati bahwa orang yang tidur dalam posisi janin ternyata lebih emosional dan cemas.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kepribadian Orang yang Lahir di Bulan Januari, Baik dan Humoris!

Mereka biasanya tegang dan tertutup untuk menikmati hidup saat bepergian. Selama penelitian, orang-orang yang tidur dalam posisi janin mengungkapkan perasaan ditinggalkan dalam kehidupan nyata mereka.

Peneliti tidur Chris Idzikowsk juga mengamati bahwa orang yang tidur dalam posisi janin cenderung malu berada di dekat orang baru atau lingkungan baru, namun jika ditemani oleh orang yang tepat, mereka dapat dengan cepat rileks.

4. Posisi Tidur : Tengkurap

Mengungkap kepribadian berdasarkan tidur tengkurap. | Freepik.com/@master1305Ilustrasi - Mengungkap kepribadian berdasarkan tidur tengkurap. | Freepik.com/@master1305.

Tidur tengkurap, maka kepribadian tidur Anda mengatakan bahwa Anda adalah tipe individu yang berkemauan keras, berani mengambil risiko, suka bertualang, bersemangat tinggi, dan pemecah masalah. Anda terbukti efektif dalam memimpin atau menawarkan bimbingan kepada orang lain. Anda lebih suka tidur selama 8 jam penuh, jika tidak lebih, agar tetap energik dan bertenaga.

Baca Juga: 9 Tanda Anak Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Yuk Bunda Kenali

Anda adalah orang yang suka berteman dan terkadang bersikap dingin atau kasar. Anda selalu menghindari konfrontasi. Anda akan mencoba menemukan jalan tengah di setiap ekstremitas. Anda adalah kupu-kupu sosial dan senang dihargai. Anda memiliki getaran hangat yang bersahabat saat Anda berada dalam kondisi terbaik.

Namun, menangani kritik bukanlah sifat terbaik Anda karena Anda adalah orang yang paling sering mengkritik diri sendiri, sehingga mendengarnya dari orang lain membuat Anda tidak nyaman.

Menurut peneliti tidur Dunkell, orang yang tidur tengkurap cenderung kompulsif, impulsif, cemas, dan kaku. Mereka ditemukan kurang percaya diri atau menghambat rasa tidak aman tentang diri mereka sendiri. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika seseorang tidur tengkurap, kemungkinan besar mereka bekerja di bidang manajemen, perbankan, atau akuntansi.

Jika seseorang tidur tengkurap dengan tangan di atas atau di sekeliling bantal dengan kepala menoleh ke satu sisi (kiri atau kanan), maka posisi tidur tengkurap ini selanjutnya dapat dikategorikan sebagai posisi terjun bebas atau skydiver.

Mereka memiliki kepribadian yang ceria, berjiwa bebas, dan selalu siap bertualang. Mereka tidak berbasa-basi dan oleh karena itu kadang-kadang, mereka terlihat kurang ajar, terutama ketika dikritik atau bersikap ekstrem. Menurut peneliti tidur Chris Idzikowsk, orang yang tidur terjun bebas terbukti suka bersosialisasi.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa