10 Cara Menikmati Hidup yang Menyenangkan dan Menenangkan, Stres Lewat!

Selasa 16 Januari 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi - Dengan menerapkan cara-cara ini, Anda dapat meningkatkan peluang untuk hidup bahagia, menyenangkan dan tenang. (Sumber : pexels.com/@THIS IS ZUN).

Ilustrasi - Dengan menerapkan cara-cara ini, Anda dapat meningkatkan peluang untuk hidup bahagia, menyenangkan dan tenang. (Sumber : pexels.com/@THIS IS ZUN).

SUKABUMIUPDATE.com - Hidup yang menyenangkan dan menenangkan adalah impian semua orang. Namun, tidak semua orang bisa mencapainya, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kebahagiaan dan ketenangan hidup seseorang, seperti kondisi ekonomi, lingkungan, dan hubungan sosial.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peluang kita untuk hidup bahagia dan tenang. Berikut adalah 10 cara yang bisa kita coba:

1. Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu kunci untuk hidup bahagia. Ketika kita bersyukur, kita akan fokus pada hal-hal baik dalam hidup kita dan merasa lebih bahagia. Kita bisa bersyukur setiap hari dengan menulis jurnal, mengucapkan syukur sebelum makan, atau sekadar memikirkan hal-hal yang kita syukuri.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Kebahagiaan Sampai Umurnya Tua

2. Membantu Orang Lain

Membantu orang lain dapat membuat kita merasa lebih baik tentang diri sendiri dan dunia di sekitar kita. Ada banyak cara untuk membantu orang lain, seperti menyumbangkan waktu atau uang ke amal, menawarkan bantuan kepada tetangga, atau sekadar bersikap ramah kepada orang asing.

3. Mengembangkan Diri

Mengembangkan diri bisa berarti belajar hal baru, mengejar hobi, atau meningkatkan keterampilan Anda. Ketika Anda mengembangkan diri, Anda akan merasa lebih puas dengan diri sendiri dan lebih percaya diri.

4. Berfokus Pada Hal-hal yang Dapat Anda Kendalikan

Hal-hal yang di luar kendali kita dapat membuat kita stres dan cemas. Jika Anda bisa, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan. Misalnya, Anda tidak dapat mengendalikan cuaca, tetapi Anda dapat mengendalikan bagaimana Anda bereaksi terhadapnya.

Baca Juga: 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran dari Tekanan Batin, Hidup Kembali Bahagia!

5. Mengembangkan Hubungan yang Sehat

Hubungan yang sehat dengan orang lain dapat memberikan dukungan emosional dan membantu Anda merasa bahagia. Luangkan waktu untuk orang-orang yang Anda sayangi dan ciptakan hubungan yang sehat dan saling mendukung.

6. Menjadi Diri Sendiri

Penting untuk menjadi diri sendiri dan tidak mencoba menjadi orang lain. Ketika Anda menjadi diri sendiri, Anda akan merasa lebih nyaman dan percaya diri. Ini akan membuat Anda dapat menikmati hidup menyenangkan dan menenangkan.

7. Manfaatkan Kebebasaan

Setiap orang memiliki kebebasan untuk menentukan jalan hidupnya. Kita bebas memilih apa yang ingin kita lakukan, apa yang ingin kita capai, dan dengan siapa kita ingin menghabiskan waktu. Manfaatkan kebebasan ini untuk membuat hidup Anda lebih menyenangkan dan menenangkan.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Mengalami Tekanan Batin, Kamu Sedang Mengalaminya Juga?

8. Waktu adalah Milikmu

Waktu adalah aset yang berharga. Kita hanya memiliki waktu yang terbatas dalam hidup ini, jadi penting untuk memanfaatkan waktu kita sebaik-baiknya. Jangan menghabiskan waktu Anda untuk hal-hal yang tidak penting. Prioritaskan hal-hal yang penting bagi Anda dan luangkan waktu untuk melakukannya.

Jangan takut untuk mengatakan tidak jika Anda tidak memiliki waktu atau energi untuk melakukan sesuatu. Bersantai adalah bagian penting dari hidup. Luangkan waktu setiap hari untuk bersantai dan memulihkan energi Anda.

9. Jalin Persahabatan yang Positif

Persahabatan yang positif dapat memberikan dukungan emosional dan membuat hidup Anda lebih menyenangkan. Luangkan waktu untuk menjalin persahabatan dengan orang-orang yang positif dan mendukung Anda.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Stres Akibat Tekanan Batin, Dijamin Hidup Kembali Bahagia

10. Berdamai dengan Diri Sendiri

Berdamai dengan diri sendiri berarti menerima diri Anda apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Ini adalah salah satu kunci untuk hidup yang bahagia dan damai.

Jangan membandingkan diri dengan orang lain yang nantinya hanya akan membuat Anda merasa tidak puas dengan diri sendiri. Bersikaplah baik kepada diri sendiri seperti Anda bersikap baik kepada orang lain. Maafkan diri sendiri atas kesalahan yang Anda buat dan belajar dari kesalahan tersebut.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat03 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. Aman Dikonsumsi!
Jeruk Lemon. Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/LisaFotios)
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)