Tes Kepribadian: 5 Gaya Berjalan Ungkap Sifat Asli Seseorang, Anda yang Mana?

Rabu 10 Januari 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi - Ternyata gaya berjalan seseorang dapat mengungkapkan tipe kerpibadiannya. (Sumber : freepik.)

Ilustrasi - Ternyata gaya berjalan seseorang dapat mengungkapkan tipe kerpibadiannya. (Sumber : freepik.)

SUKABUMIUPDATE.com - Gaya berjalan Anda dapat mengungkapkan tipe kepribadian Anda. Penelitian mengungkapkan bahwa gaya berjalan kita, termasuk langkah dan kecepatan, dapat menunjukkan banyak ciri penting tentang kepribadian kita.

Masing-masing dari kita unik dalam caranya masing-masing, begitu pula gaya berjalan kita. Sama seperti gaya tidur kita, warna mata, atau bahkan cara kita memegang ponsel mengungkapkan tipe kepribadian kita.

Penelitian telah terbukti mengungkapkan beberapa wawasan menarik tentang kepribadian seseorang. Psikolog telah mengungkapkan bahwa cara seseorang berjalan juga dapat membantu menemukan apa yang mereka coba sembunyikan tentang diri mereka dari dunia.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Jenis Rambut Mengungkapkan Karakter Tersembunyi Seseorang

Salah satu penelitian paling awal yang mengungkap tipe kepribadian dengan mempelajari gaya berjalan diterbitkan pada tahun 1935 oleh psikolog kelahiran Jerman Werner Wolff.

Selama bertahun-tahun, beberapa penyelidikan terhadap gaya berjalan juga mengungkapkan bahwa seseorang dapat belajar bagaimana mengubah gaya berjalannya atau mengadaptasi gaya berjalan yang berbeda untuk mengubah kesan yang diberikannya.

Misalnya, jika Anda ingin memberi kesan terlihat gagah, Anda bisa beradaptasi dengan berjalan lebih cepat dengan langkah lebih panjang dan gerakan lengan lebih berani.

Baca Juga: 8 Karakter Perempuan yang Disukai Pria, Nomor 3 Paling Diidamkan!

Meskipun demikian, seseorang harus selalu berada dalam kenyamanan dan gaya berjalan alaminya daripada berusaha terlalu keras untuk mengadaptasi gaya lain karena ini juga bisa terlihat sebagai upaya putus asa untuk menjadi seseorang yang bukan diri Anda.

Dihimpun via jagran josh, berikut adalah tipe kepribadian yang dapat mengungkapkan kepribadian seseorang dari gaya berjalan.

1. Berjalan Cepat

Gaya berjalan cepat menunjukan tipe kepribadian orang yang sangat rajin dan ramah. Orang dengan kepribadian fast walker cenderung lebih terbuka terhadap pengalaman baru, ekstrover, dan teliti.

Orang yang berjalan cepat dikenal sebagai orang yang giat dan berani mengambil risiko. Mereka akan memiliki keberanian lebih dari biasanya untuk mengambil inisiatif. Mereka ngotot untuk menjalani kehidupan tanpa keributan. Orang dengan gaya berjalan seperti itu diketahui memiliki ledakan energi yang cepat dan sangat memperhatikan detail.

Ladies, jika pria Anda berjalan cepat dan tidak mengimbangi langkahnya dengan Anda atau berjalan di sampingnya, kemungkinan besar dia adalah tipe kepribadian yang sering membimbing atau memimpin orang banyak dengan berjalan di depannya.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Benci dan Tidak Suka dengan Kamu, Lihat dari Sikap!

2. Berjalan Perlahan

Jika gaya berjalan Anda adalah berjalan lambat, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berhati-hati. Langkah yang lambat dan pendek biasanya menunjukkan bahwa kemungkinan besar Anda adalah seorang introvert.

Orang dengan kepribadian slow walker biasanya lebih mementingkan diri sendiri dan egois. Orang yang berjalan lambat ditemukan terlibat dengan diri mereka sendiri atau aktivitas mereka.

Biasanya, orang dengan gaya berjalan seperti ini terlihat santai dan puas saat berada di dekat dirinya sendiri. Mereka biasanya akan kembali ke latar belakang atau menjauh dari sorotan saat berada di ruangan yang penuh dengan kerumunan.

Baca Juga: Kenali 10 Ciri Orang yang Pura-pura Baik dan Tidak Suka dengan Kita

Meskipun demikian, penelitian menemukan bahwa orang yang berjalan lambat biasanya menjalani gaya hidup yang kurang aktif yang dapat menyebabkan masalah kesehatan di awal kehidupannya atau lebih rentan terhadap kecelakaan karena fungsi neurotik mereka menjadi lambat seiring bertambahnya usia.

3. Berjalan dengan Santai

Berjalan dengan santai atau berjalan-jalan, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda senang menjalani hidup sesuai keinginan Anda sendiri. Anda tidak terburu-buru untuk berada di mana pun kecuali pada saat ini.

Anda selalu santai dan puas serta percaya diri, baik di dalam maupun di luar ruangan. Anda tenang dan tenang bahkan di tengah kerumunan meskipun Anda tidak akan berebut sorotan atau berada di depan orang banyak. Anda senang berkomunikasi dengan orang lain dan mendengarkan percakapan atau sudut pandang mereka.

Baca Juga: 10 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Agar Hidup Tenang dan Bahagia

Banggalah karena gaya berjalan Anda dianggap sebagai salah satu gaya berjalan paling ideal. Anda akan berjalan dengan kepala terangkat tinggi dengan sikap acuh tak acuh yang merupakan tanda besar dari tingkat kepercayaan diri dan kepuasan yang tinggi terhadap diri sendiri.

Seseorang yang berjalan dengan santai dikenal sebagai orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan tingkat urgensi yang rendah. Mereka tidak mencari validasi atau jaminan atas apa pun.

4. Berjalan dengan Langkah Panjang dan Cepat

Gaya berjalan dengan langkah cepat dan panjang, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan pandangan positif terhadap berbagai hal. Anda memiliki tipe kepribadian kompetitif dan berapi-api yang membantu Anda menyelesaikan sesuatu.

Baca Juga: Ivan Gunawan Putuskan Keluar dari Acara Brownis, Usai Ditegur KPI Berpakaian Feminim

Anda adalah orang yang sangat logis, cerdas, dan produktif. Namun, terkadang Anda terlihat dingin dalam hubungan pribadi, namun Anda tetap dikagumi oleh orang-orang di sekitar Anda.

Gaya berjalan ini bukan berarti Anda tidak menikmati hal-hal kecil dalam hidup. Suatu saat Anda akan berhenti untuk mengagumi pemandangan di sekitar Anda atau menghargai momen saat ini. Anda adalah tipe orang yang percaya diri sehingga melakukan kontak mata sambil berjalan adalah hal yang wajar bagi Anda.

Orang dengan gaya berjalan panjang dan cepat juga dikenal multi-tasker. Mereka dapat memecahkan beberapa masalah atau menemukan solusi di kepala mereka sambil berjalan di jalan. Satu hal tentang orang yang memiliki tipe kepribadian tenang adalah mereka mengharapkan orang-orang di sekitar mereka memenuhi harapan atau standar mereka.

5. Berjalan dengan Kaki Menyeret

Apabila gaya berjalan Anda lambat, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda adalah tipe orang yang cemas atau banyak khawatir. Studi untuk memahami apa artinya ketika seseorang menyeret kakinya saat berjalan menemukan bahwa orang dengan gaya berjalan seperti itu biasanya merajuk atau sedih.

Mereka kurang bisa mengendalikan diri dari hal-hal atau pikiran-pikiran yang mengkhawatirkan. Mereka jarang mampu bertahan pada saat ini. Mereka terus menyeret masa lalunya bersama diri mereka sendiri. Mereka terjebak pada berbagai hal untuk waktu yang lama. Mereka memiliki gaya keterikatan cemas dengan benda atau orang.

Mereka kekurangan energi dan antusiasme dalam hidup atau tugas sehari-hari. Mereka menghadapi masalah dalam menyelesaikan sesuatu atau memecahkan masalah. Mereka biasanya terlihat lesu atau kurang giat. Sesederhana menaiki beberapa anak tangga akan membuat mereka kesal atau membuat mereka khawatir.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams