Tes Kepribadian: 5 Gaya Berjalan Ungkap Sifat Asli Seseorang, Anda yang Mana?

Rabu 10 Januari 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi - Ternyata gaya berjalan seseorang dapat mengungkapkan tipe kerpibadiannya. (Sumber : freepik.)

Ilustrasi - Ternyata gaya berjalan seseorang dapat mengungkapkan tipe kerpibadiannya. (Sumber : freepik.)

SUKABUMIUPDATE.com - Gaya berjalan Anda dapat mengungkapkan tipe kepribadian Anda. Penelitian mengungkapkan bahwa gaya berjalan kita, termasuk langkah dan kecepatan, dapat menunjukkan banyak ciri penting tentang kepribadian kita.

Masing-masing dari kita unik dalam caranya masing-masing, begitu pula gaya berjalan kita. Sama seperti gaya tidur kita, warna mata, atau bahkan cara kita memegang ponsel mengungkapkan tipe kepribadian kita.

Penelitian telah terbukti mengungkapkan beberapa wawasan menarik tentang kepribadian seseorang. Psikolog telah mengungkapkan bahwa cara seseorang berjalan juga dapat membantu menemukan apa yang mereka coba sembunyikan tentang diri mereka dari dunia.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Jenis Rambut Mengungkapkan Karakter Tersembunyi Seseorang

Salah satu penelitian paling awal yang mengungkap tipe kepribadian dengan mempelajari gaya berjalan diterbitkan pada tahun 1935 oleh psikolog kelahiran Jerman Werner Wolff.

Selama bertahun-tahun, beberapa penyelidikan terhadap gaya berjalan juga mengungkapkan bahwa seseorang dapat belajar bagaimana mengubah gaya berjalannya atau mengadaptasi gaya berjalan yang berbeda untuk mengubah kesan yang diberikannya.

Misalnya, jika Anda ingin memberi kesan terlihat gagah, Anda bisa beradaptasi dengan berjalan lebih cepat dengan langkah lebih panjang dan gerakan lengan lebih berani.

Baca Juga: 8 Karakter Perempuan yang Disukai Pria, Nomor 3 Paling Diidamkan!

Meskipun demikian, seseorang harus selalu berada dalam kenyamanan dan gaya berjalan alaminya daripada berusaha terlalu keras untuk mengadaptasi gaya lain karena ini juga bisa terlihat sebagai upaya putus asa untuk menjadi seseorang yang bukan diri Anda.

Dihimpun via jagran josh, berikut adalah tipe kepribadian yang dapat mengungkapkan kepribadian seseorang dari gaya berjalan.

1. Berjalan Cepat

Gaya berjalan cepat menunjukan tipe kepribadian orang yang sangat rajin dan ramah. Orang dengan kepribadian fast walker cenderung lebih terbuka terhadap pengalaman baru, ekstrover, dan teliti.

Orang yang berjalan cepat dikenal sebagai orang yang giat dan berani mengambil risiko. Mereka akan memiliki keberanian lebih dari biasanya untuk mengambil inisiatif. Mereka ngotot untuk menjalani kehidupan tanpa keributan. Orang dengan gaya berjalan seperti itu diketahui memiliki ledakan energi yang cepat dan sangat memperhatikan detail.

Ladies, jika pria Anda berjalan cepat dan tidak mengimbangi langkahnya dengan Anda atau berjalan di sampingnya, kemungkinan besar dia adalah tipe kepribadian yang sering membimbing atau memimpin orang banyak dengan berjalan di depannya.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Benci dan Tidak Suka dengan Kamu, Lihat dari Sikap!

2. Berjalan Perlahan

Jika gaya berjalan Anda adalah berjalan lambat, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berhati-hati. Langkah yang lambat dan pendek biasanya menunjukkan bahwa kemungkinan besar Anda adalah seorang introvert.

Orang dengan kepribadian slow walker biasanya lebih mementingkan diri sendiri dan egois. Orang yang berjalan lambat ditemukan terlibat dengan diri mereka sendiri atau aktivitas mereka.

Biasanya, orang dengan gaya berjalan seperti ini terlihat santai dan puas saat berada di dekat dirinya sendiri. Mereka biasanya akan kembali ke latar belakang atau menjauh dari sorotan saat berada di ruangan yang penuh dengan kerumunan.

Baca Juga: Kenali 10 Ciri Orang yang Pura-pura Baik dan Tidak Suka dengan Kita

Meskipun demikian, penelitian menemukan bahwa orang yang berjalan lambat biasanya menjalani gaya hidup yang kurang aktif yang dapat menyebabkan masalah kesehatan di awal kehidupannya atau lebih rentan terhadap kecelakaan karena fungsi neurotik mereka menjadi lambat seiring bertambahnya usia.

3. Berjalan dengan Santai

Berjalan dengan santai atau berjalan-jalan, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda senang menjalani hidup sesuai keinginan Anda sendiri. Anda tidak terburu-buru untuk berada di mana pun kecuali pada saat ini.

Anda selalu santai dan puas serta percaya diri, baik di dalam maupun di luar ruangan. Anda tenang dan tenang bahkan di tengah kerumunan meskipun Anda tidak akan berebut sorotan atau berada di depan orang banyak. Anda senang berkomunikasi dengan orang lain dan mendengarkan percakapan atau sudut pandang mereka.

Baca Juga: 10 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Agar Hidup Tenang dan Bahagia

Banggalah karena gaya berjalan Anda dianggap sebagai salah satu gaya berjalan paling ideal. Anda akan berjalan dengan kepala terangkat tinggi dengan sikap acuh tak acuh yang merupakan tanda besar dari tingkat kepercayaan diri dan kepuasan yang tinggi terhadap diri sendiri.

Seseorang yang berjalan dengan santai dikenal sebagai orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan tingkat urgensi yang rendah. Mereka tidak mencari validasi atau jaminan atas apa pun.

4. Berjalan dengan Langkah Panjang dan Cepat

Gaya berjalan dengan langkah cepat dan panjang, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan pandangan positif terhadap berbagai hal. Anda memiliki tipe kepribadian kompetitif dan berapi-api yang membantu Anda menyelesaikan sesuatu.

Baca Juga: Ivan Gunawan Putuskan Keluar dari Acara Brownis, Usai Ditegur KPI Berpakaian Feminim

Anda adalah orang yang sangat logis, cerdas, dan produktif. Namun, terkadang Anda terlihat dingin dalam hubungan pribadi, namun Anda tetap dikagumi oleh orang-orang di sekitar Anda.

Gaya berjalan ini bukan berarti Anda tidak menikmati hal-hal kecil dalam hidup. Suatu saat Anda akan berhenti untuk mengagumi pemandangan di sekitar Anda atau menghargai momen saat ini. Anda adalah tipe orang yang percaya diri sehingga melakukan kontak mata sambil berjalan adalah hal yang wajar bagi Anda.

Orang dengan gaya berjalan panjang dan cepat juga dikenal multi-tasker. Mereka dapat memecahkan beberapa masalah atau menemukan solusi di kepala mereka sambil berjalan di jalan. Satu hal tentang orang yang memiliki tipe kepribadian tenang adalah mereka mengharapkan orang-orang di sekitar mereka memenuhi harapan atau standar mereka.

5. Berjalan dengan Kaki Menyeret

Apabila gaya berjalan Anda lambat, maka tipe kepribadian berjalan Anda menunjukkan bahwa Anda adalah tipe orang yang cemas atau banyak khawatir. Studi untuk memahami apa artinya ketika seseorang menyeret kakinya saat berjalan menemukan bahwa orang dengan gaya berjalan seperti itu biasanya merajuk atau sedih.

Mereka kurang bisa mengendalikan diri dari hal-hal atau pikiran-pikiran yang mengkhawatirkan. Mereka jarang mampu bertahan pada saat ini. Mereka terus menyeret masa lalunya bersama diri mereka sendiri. Mereka terjebak pada berbagai hal untuk waktu yang lama. Mereka memiliki gaya keterikatan cemas dengan benda atau orang.

Mereka kekurangan energi dan antusiasme dalam hidup atau tugas sehari-hari. Mereka menghadapi masalah dalam menyelesaikan sesuatu atau memecahkan masalah. Mereka biasanya terlihat lesu atau kurang giat. Sesederhana menaiki beberapa anak tangga akan membuat mereka kesal atau membuat mereka khawatir.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Juli 2024, 23:36 WIB

Jembatan 'Viral' di Sukabumi Ditutup, Pemdes Segera Bangun Jembatan Sementara

Jembatan viral di perbatasan Lengkong dan Jampangtengah Sukabumi ditutup, akan dibangun jembatan sementara.
Pemkab Sukabumi tutup jembatan viral yang menghubungkan dua desa di Lengkong dan Jampangtengah. (Sumber : SU/Ragil)
Nasional25 Juli 2024, 22:42 WIB

Kejagung Ajukan Kasasi atas Vonis Bebas Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Harli Siregar mengatakan, pengajuan kasasi ini dilakukan karena putusan PN Surabaya dinilai tidak tepat.
Gregorius Ronald Tannur saat mengikuti sidang di PN Surabaya pada Selasa 2 April 2024. (Sumber : SuaraJatim/Yuliharto Simon)
Nasional25 Juli 2024, 22:23 WIB

3 Media Lokal Gresik Sabet Media Innovation Awards 2024

Penghargaan untuk tiga media lokal Gresik Jawa Timur ini diberikan dalam acara Jatim Media Summit 2024.
Tiga media lokal Gresik Jawa Timur menyabet penghargaan Media Innovation Awards 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Juli 2024, 21:52 WIB

Bupati Sukabumi Buka Suara Terkait Tuduhan Penyalahgunaan APBD 2023

Bupati Sukabumi Marwan Hamami buka suara terkait tuduhan penyalahgunaan anggaran Rp33 Miliar di APBD 2023.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi25 Juli 2024, 21:24 WIB

LPI Desak Inspektorat Sukabumi Proses Hukum Oknum Terlibat Penyalahgunaan Bankum Desa

Puluhan massa yang tergabung dalam Laskar Pasundan Indonesia (LPI) melakukan aksi demonstrasi untuk mendesak agar kasus penyaLaporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Inspektorat Kabupaten Sukabumi
Aksi unjuk rasa Laskar Pasundan Indonesia di inspektorat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Jawa Barat25 Juli 2024, 21:22 WIB

Data Sementara BPBD: Gempa M 4,1 di Kuningan Rusak 3 Rumah dan 1 Masjid

BPBD Kabupaten Kuningan mencatat terdapat sejumlah bangunan rusak terdampak gempa darat M4,1 Kamis (25/7/2024)
Sejumlah rumah dan satu unit masjid alami kerusakan akibat gempa darat M4,1 di Kuningan. (Sumber Foto: BPBD Kuningan)
Life25 Juli 2024, 21:00 WIB

Tes Ilusi Optik: Kamu Harus Temukan Kacang Tertawa di Gambar Ini Dalam Waktu 7 Detik!

Permainan ilusi optik adalah sebuah permainan yang memanfaatkan manipulasi visual untuk menciptakan efek penipuan atau persepsi yang salah pada mata dan otak kita.
Permainan ilusi optik adalah sebuah permainan yang memanfaatkan manipulasi visual untuk menciptakan efek penipuan atau persepsi yang salah pada mata dan otak kita. (Sumber : Playbuzz/Jagran Josh).
Sukabumi25 Juli 2024, 20:26 WIB

Jika Anggaran Makan Gratis Rp7.500, Pemilik Warteg Sukabumi: Cuma Nasi, Tempe Orek atau Kentang

Tanggapi isu anggaran makan bergizi gratis dipangkas, Pemilik warteg di Sukabumi bingung tawarkan menu Rp 7.500 saat harga bahan pangan naik.
Dengan uang Rp 7.500 hanya dapat nasi dan satu lauk di warteg Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sehat25 Juli 2024, 20:00 WIB

Mengenal 4 Manfaat Kesehatan Pisang Merah yang Jarang Sekali Diketahui

Pisang merah dapat dikonsumsi langsung, diolah menjadi jus, smoothie, atau dijadikan bahan kue dan roti.
Ilustrasi - Pisang merah memiliki rasa yang lebih manis dan sedikit asam dibandingkan pisang kuning biasa. (Sumber : unsplash.com/@Ovidiu Creanga).
Science25 Juli 2024, 19:54 WIB

BMKG: Gempa Darat Guncang Kuningan dan Sekitarnya Akibat Sesar Ciremai

Gempa darat berkekuatan M4,1 di Kuningan ini menurut hasil analisa BMKG akibat aktivitas sesar Ciremai.
BMKG sebut gempa darat yang mengguncang Kuningan dan sekitarnya akibat sesar Ciremai. (Sumber : Istimewa)