12 Ciri Anak Stres Karena Memiliki Luka Batin Masa Kecil

Rabu 17 Januari 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi. Ciri Anak Stres Akibat Memiliki Luka Batin Masa Kecil (Sumber : Freepik/@8photo)

Ilustrasi. Ciri Anak Stres Akibat Memiliki Luka Batin Masa Kecil (Sumber : Freepik/@8photo)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak yang mengalami stres akibat luka batin masa kecil mungkin menunjukkan berbagai ciri yang mencerminkan dampak emosional dari pengalaman tersebut.

Luka batin masa kecil dapat berasal dari berbagai situasi, seperti perceraian orang tua, kehilangan orang yang dicintai, pelecehan, atau kekerasan.

Ada beberapa ciri yang mungkin ditunjukkan oleh anak yang mengalami stres karena luka batin masa kecil. Dirangkum dari berbagai sumber berikut ulasannya:

Ciri Anak Stres Akibat Memiliki Luka Batin Masa Kecil

  • Menunjukkan Tanda-tanda Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Dalam beberapa kasus, anak-anak yang mengalami luka batin berat dapat menunjukkan tanda-tanda PTSD. Anak yang stres akibat menahan tekanan batin kerap mengalami mimpi buruk, kilas balik, atau reaksi emosional yang kuat terhadap pemicu tertentu.

Baca Juga: 12 Ciri Anak Stres Karena Mengalami Tekanan Batin, Bund Yuk Kenali!

  • Perubahan Perilaku

Anak yang mengalami stres akibat luka batin masa kecil mungkin menunjukkan perubahan dalam perilaku mereka. Ciri-ciri anak stres karena memiliki luka batin masa kecil ini bisa mencakup perubahan menjadi lebih pendiam, agresif, atau menarik diri dari interaksi sosial.

  • Ketidakmampuan Menangani Konflik

Anak yang stres karena memiliki luka batin masa kecil mungkin kesulitan menangani konflik atau tekanan dalam kehidupan sehari-hari. Anak yang mengalami tekanan batin mungkin merespon dengan cara yang tidak sehat, seperti menarik diri atau menjadi agresif.

  • Perubahan Kesehatan Mental

Stres dari luka batin bisa berdampak pada kesehatan mental anak. Anak yang stres karena memiliki luka batin masa kecil mungkin menunjukkan tanda-tanda kecemasan, depresi, atau masalah kesehatan mental lainnya.

Baca Juga: 8 Ciri Orang Tua Stres Karena Mengalami Tekanan Batin

  • Masalah Tidur atau Makan

Anak yang mengalami tekanan batin mungkin mengalami gangguan tidur atau masalah makan sebagai respons terhadap stres emosional yang mereka alami.

  • Menarik Diri dari Aktivitas Sosial

Anak yang stres karena memiliki luka batin masa kecil mungkin menarik diri dari aktivitas sosial atau teman sebaya. Merasa sulit membina hubungan atau mempercayai orang lain termasuk ciri anak stres karena memiliki luka batin masa kecil.

  • Tidak Mempercayai Orang Lain

Anak yang mengalami tekanan batin mungkin mengalami kesulitan mempercayai orang lain atau membentuk ikatan emosional karena pengalaman luka batin.

Baca Juga: 5 Hasil Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres 2024

  • Tanda-tanda Kecemasan

Anak yang stres karena memiliki luka batin masa kecil mungkin menjadi lebih cemas atau hipervigilans terhadap lingkungan sekitar mereka. Mereka dapat merespons dengan ketakutan atau waspada yang berlebihan.

  • Merasa Bersalah atau Malu Berlebihan

Anak yang stres karena tekanan batin mungkin mengalami perasaan bersalah atau malu yang berlebihan terkait dengan pengalaman luka batin mereka.

  • Penurunan Prestasi Akademis

Stres emosional dapat memengaruhi kinerja akademis anak. Anak yang stres karena memiliki luka batin masa kecil mungkin kesulitan berkonsentrasi atau merasa tidak mampu untuk mencapai potensi penuh mereka.

Baca Juga: 10 Cara Meluluhkan Hati Orang yang Tidak Menyukai Kita

  • Gejala Fisik Tidak Jelas

Anak yang stres akibat menahan tekanan batin mungkin mengalami gejala fisik yang tidak dapat dijelaskan secara medis, seperti sakit kepala atau sakit perut kronis.

  • Kurangnya Keterampilan Coping yang Sehat

Anak yang stres karena memiliki luka batin masa kecil mungkin memiliki kurangnya keterampilan coping yang sehat dan mungkin menggunakan cara-cara yang tidak efektif atau merusak diri sendiri untuk mengatasi stres.

Penting untuk diingat bahwa setiap anak merespons luka batin masa kecil dengan cara yang unik, dan gejalanya dapat bervariasi.

Jika orang tua khawatir tentang kesejahteraan emosional anak, penting untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental atau konselor anak yang dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang diperlukan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel21 Juli 2024, 07:00 WIB

Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat & Perbedaannya dengan Gula Aren

Gula jawa juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa, sehingga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengelola kadar gula darah.
Ilustrasi. Resep Gula Jawa: Cara Membuat, Manfaat dan Perbedaan dengan Gula Aren (Sumber : Freepik/@freepik)
Science21 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 21 Juli 2024, Minggu Pagi Potensi Cerah Berawan untuk Wilayah Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Minggu Juli 2024.(Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa