5 Hasil Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres 2024

Selasa 16 Januari 2024, 15:30 WIB
Tiga pasangan calon saat Debat Pilpres 2024 pertama | Kapan Debat Capres Cawapres 2024? Ini Jadwal dan Temanya! | Foto: Instagram.com/@23faisalrahman

Tiga pasangan calon saat Debat Pilpres 2024 pertama | Kapan Debat Capres Cawapres 2024? Ini Jadwal dan Temanya! | Foto: Instagram.com/@23faisalrahman

SUKABUMIUPDATE.com - Pelaksanaan Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2024 mengundang respon yang beragam, termasuk dari lembaga survei. Informasi terbaru, Debat Cawapres 2024 kedua akan dijadwalkan pada pada Minggu (21/1/2024), setelah Debat Capres 2024 kedua digelar pada Minggu, (7/1/2024) lalu.

Di pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, ada tiga pasangan calon atau paslon yang resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Yakni, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (capres dan cawapres nomor urut 1), Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (capres dan cawapres nomor urut 2) serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (capres dan cawapres nomor urut 3).

Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres 2024 pun ramai memenuhi pemberitaan di media sosial. Edisi khusus dalam rangka pesta demokrasi Pemilu 2024, berikut kompilasi hasil survei dari 5 lembaga survei terkini yang telah dirangkum via Suara.com sejak awal Januari 2024. Simak selengkapnya!

Hasil Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres 2024

Tiga pasangan calon saat Debat Pilpres 2024 pertama | Kapan Debat Capres Cawapres 2024? Ini Jadwal dan Temanya! | Foto: Instagram.com/@23faisalrahmanTiga pasangan calon saat Debat Pilpres 2024 pertama | Foto: Instagram.com/@23faisalrahman

1. Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres Lembaga Survei Indonesia (LSI)

LSI merilis hasil survei di wilayah Jawa Timur terkait elektabilitas pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2024.

Hasilnya, elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul atas pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Baca Juga: Sujiwo Tejo Kritik Mobil Polisi Bikin Silau di Jalan Tol, Ini Respon Kapolri

Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Pemilihan sampel dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error sekitar ±1,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei yang dirilis Jumat (5/1/2024), LSI memaparkan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul di pemilih Jawa Timur dengan persentase 46,7%. Posisi kedua Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 26,6% dan posisi ketiga Anies-Cak Imin 16,2%.

Berikut survei LSI di Jawa Timur:

Responden diberi pertanyaan: Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden di antara pasangan nama berikut ini?... (%)

Hasil Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres versi Lembaga Survei Indonesia (LSI):

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 46,7%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD: 26,6%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 16,2%
  • Tidak tahu: 10,4%

2. Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres oleh Survei Polling Institute

Polling Institute merilis hasil survei elektabilitas para pasangan calon presiden dan calon wakil presiden usai debat cawapres yang lalu.

Hasilnya, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul atas paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Cak Imin (AMIN), dan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres ini digelar pada 26-28 Desember 2023 dengan melibatkan 1.246 responden. Survei dilakukan via telepon terhadap para responden. Adapun margin of error survei +/- 2,9%. Tingkat kepercayaan survei tercatat 95%.

Para responden survei ditanyakan 'jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara pasangan nama berikut ini?'. Hasilnya, Prabowo-Gibran yang paling banyak dipilih.

Baca Juga: Kapolri Terbitkan Aturan Lampu Rotator Mobil Polisi Ditutup Kaca Film 20%

Hasil Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres versi Survei Polling Institute:

3. Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres oleh Survei Indonesia Political Opinion (IPO)

Sementara itu dari hasil suvei IPO menunjukkan elektabilitas pasangan 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Rakamasih yang tertinggi dibanding dua pasangan lain.

Hanya saja, didapati posisi Prabowo-Gibran itu semakin disusul paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan, elektabilitas Prabowo dan Gibran mencapai 42,3 persen. Dedi menyebut capaian elektabilitas tertinggi itu dipengaruh meningkatnya elektabilitas Gibran secara pribadi yang menyumbang 0,8 persen.

Dedi merinci, dari capaian itu, hanya 22,3 persen yang mengaku sangat yakin terhadap paslon nomor urut 2. Sementara yang mengaku yakin 54,8 persen, tidak yakin 15,2 persen, sangat tidak yakin 3,8 persen dan 3,9 persen mengaku tidak tahu.

Dedi menyebut di posisi kedua ditempati paslon nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Jarak elektabilitas AMIN dan Prabowo-Gibran terpaut 7,9 persen.

Capaian elektabilitas AMIN selisih 7,9 persen dari paslon 02 yakni 34,5 persen.

Sebanyak 34,2 persen responden di antaranya mengaku sangat yakin kepada AMIN, kemudian 47,3 persen mengaku yakin, 15 persen tidak yakin, 2,1 persen sangat tidak yakin dan 1,4 persen mengaku tidak tahu.

Baca Juga: Data Internal PT KAI Diduga Dibobol Hacker dan Dijual, Ini Penjelasan Manajemen

Adapun pada posisi terakhir ditempati paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan 21,5 persen. Dedi menyebut posisi bontot ini dipengaruhi juga oleh elektabilitas Mahfud yang disebut turun tajam yakni sebesar 3,4 persen.

Dari perolehan 21,5 persen itu, responden yang mengaku sangat yakin 26,1 persen. Kemudian 48,3 persen responden mengaku yakin, 16 persen tidak yakin, 3,5 persen sangat tidak yakin dan 5,8 persen mengaku tidak tahu.

Survei IPO dilakukan sejak 1 Januari hingga 7 Januari 2024. Jumlah responden mencapai 1.200 orang dengan kriteria telah memiliki hak pilih atau berusia di atas 17 tahun.

Metode survei menggunakan multistage random sampling dan pembagian kuesioner secara langsung. Margin of error sekitar 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

4. Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres oleh Lembaga Survei Nasional (LSN)

LSN merilis survei elektabilitas tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024.

Seperti lembaga survei sebelumnya, hasil dari LSN juga menyebutkan elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul atas dua paslon lainnya.

Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres ini digelar pada 28 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 dengan melibatkan 1.420 responden dari dari 38 provinsi. Para responden diambil secara acak sederhana.

Pengumpulan data survei dilakukan dengan metode telepon. Adapun margin of error survei +/- 2,6% dengan tingkat kepercayaan 95%.

LSN menanyakan kepada responden 'seandainya saat ini dilaksanakan pemilihan presiden (pilpres) dan hanya diikuti tiga pasangan, manakah yang anda pilih dari ketiga paslon presiden dan wakil presiden berikut ini?'. Hasil survei menunjukkan Prabowo-Gibran unggul atas paslon Anies Baswedan-Cak Imin dan paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca Juga: Heboh Banyak Lembaga Survei Mendaftar ke KPU untuk Pemilu 2024, Ini Datanya

Hasil Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres versi Lembaga Survei Nasional (LSN):

5. Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres oleh Survei Politika Research and Consulting (PRC)

PRC merilis hasil survei terkini elektabilitas capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Hasilnya, elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul atas pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) serta Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres ini digelar 20-27 Desember 2023 terhadap 1.200 responden. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia (WNI) minimal berusia 17 tahun.

Survei dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan supervisi berlapis oleh supervisor pusat, koordinator area, koordinator lapangan, call check, dan tim cleaning. Pemilihan sampel dilakukan dengan multistage random sampling dengan margin of error sekitar ±2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: 9 Ciri Orang Memiliki Alter Ego, Apakah Kamu Termasuk?

Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting Rio Prayogo mengatakan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul di persentase 42,4%. Posisi kedua ditempati Anies-Cak Imin dengan 28% kemudian posisi ketiga Ganjar-Mahfud MD dengan 21,8%.

"Kita menggunakan simulasi kertas suara yang mirip dengan spesimen di KPU. Jawabannya adalah pasangan 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ada di peringkat pertama 42,4%, Anies-Muhaimin 28,0%, Ganjar Pranowo dan Mahfud di 21,8%," kata Rio dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (5/1/2024).

Hasil Survei Elektabilitas Capres dan Cawapres versi Survei Politika Research and Consulting (PRC):

  • Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 42,4%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 28%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud MD 21,8%
  • Rahasia/belum menentukan pilihan 5,0%
  • Tidak tahu 2,8%

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya
Science06 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Mei 2024, Yuk Cek Dulu Langit di Awal Pekan!

Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua).
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)