11 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Mudah Mengalami Stres, Yuk Hindari!

Selasa 26 Desember 2023, 21:15 WIB
Ilustrasi - Tanpa disadari ada beberapa kebiasaan kecil yang menjadi penyebab kamu gampang terkena stres. (Sumber : pexels.com/@Liza Summer)

Ilustrasi - Tanpa disadari ada beberapa kebiasaan kecil yang menjadi penyebab kamu gampang terkena stres. (Sumber : pexels.com/@Liza Summer)

SUKABUMIUPDATE.com - Stres adalah respons alami tubuh terhadap tuntutan atau tantangan. Ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk pekerjaan, hubungan, keuangan, dan kesehatan. Stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kamu.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab stres, termasuk sering melakukan kebiasaan kecil. Tanpa disadari, kebiasaan kecil ini membuat kamu lebih gampang terkena stres dan mengganggu kesehatan mental.

Berikut adalah 11 kebiasaan kecil yang dapat membuat kamu lebih rentan terhadap stres:

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

1. Menunda-nunda

Menunda-nunda adalah kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan stres karena membuat kamu merasa kewalahan dan tertekan. Ketika kamu menunda-nunda, kamu harus mengerjakan tugas-tugas penting di menit-menit terakhir, yang dapat membuat kamu merasa stres dan cemas.

2. Terlalu Perfeksionis dalam Hidup

Perfeksionisme merupakan kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan stres karena membuat kamu merasa tidak pernah puas dengan hasil kerja kamu. Ketika kamu perfeksionis, kamu cenderung menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengerjakan tugas-tugas, yang dapat membuat kamu merasa stres dan tertekan.

3. Selalu Berpikir Negatif

Berpikir negatif termasuk kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan stres karena membuat kamu fokus pada hal-hal negatif dalam hidup kamu. Ketika kamu berpikir negatif, kamu cenderung merasa cemas dan khawatir, yang dapat menyebabkan stres.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sederhana untuk Menghilangkan Stres, Hidup Kembali Bahagia!

4. Memiliki Ekspektasi yang Tidak Realistis

Memiliki ekspektasi yang tidak realistis ialah kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan stres karena membuat kamu merasa kecewa ketika harapan kamu tidak terpenuhi. Ketika kamu memiliki ekspektasi yang tidak realistis, kamu cenderung merasa stres dan frustrasi, yang dapat menyebabkan stres.

5. Tidak Cukup Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, kecemasan, dan kesulitan konsentrasi. Ketika kamu tidak cukup tidur, kamu akan merasa lelah dan sulit berpikir jernih, dan hal ini dapat menyebabkan stres.

6. Tidak Mampu Berkata Tidak

Kebiasaan kecil selanjutnya tidak mampu berkata tidak yang menyebabkan stres karena membuat kamu merasa kewalahan dan tertekan. Ketika kamu tidak mampu berkata tidak, kamu cenderung mengambil terlalu banyak tanggung jawab, yang dapat membuat kamu merasa.

Baca Juga: 11 Tanda Seseorang Mengalami Lelah Mental, Kamu Merasakannya Juga?

7. Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan stres karena membuat kamu merasa tidak puas dengan diri kamu sendiri. Ketika kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, kamu cenderung merasa inferior dan tidak berharga, yang dapat menyebabkan stres.

8. Selalu Merasa Bersalah

Selalu merasa bersalah menjadi kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan stres karena membuat kamu merasa tidak nyaman dengan diri kamu sendiri. Ketika kamu merasa bersalah, kamu cenderung menyalahkan diri sendiri atas hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan, yang dapat menyebabkan stres.

9. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein dan Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dan alkohol memang menjadi kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan stres karena membuat kamu merasa gelisah dan cemas. Kafein dan alkohol dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, yang dapat menyebabkan stres.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Mengalami Lelah Batin, Apa Kamu Salah Satunya?

10. Tidak makan makanan yang sehat

Makan makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental kamu. Ketika kamu makan makanan yang tidak sehat, kamu akan merasa letih dan lesu, dan hal ini dapat menyebabkan stres.

11. Terlalu Lama Menonton TV

Menonton TV memang bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bersantai dan melepas penat. Namun, jika dilakukan terlalu lama, menonton TV dapat menjadi kebiasaan kecil yang membuatmu mudah mengalami stres.

Ketika kamu menonton TV, kamu hanya duduk diam dan menerima informasi yang disajikan. Hal ini dapat membuatmu merasa lelah dan tidak berenergi.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Wanita Sederhana yang Sangat Berkelas di Mata Pria

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:59 WIB

Polisi Ungkap Alasan Tak Autopsi Mayat Wanita yang Ditemukan di Sungai Cicatih Sukabumi

Mayat wanita setengah telanjang, berinisal EKS (25 tahun), warga Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, yang ditemukan meninggal dunia di Sungai Cicatih tidak dilakukan autopsi
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa