10 Ciri Orang Stres Akibat Belum Dapat Pekerjaan, Kamu Salah Satunya?

Minggu 24 Desember 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi - Stres akibat belum mendapatkan pekerjaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan ekonomi, tekanan sosial dan tekanan psikologis. (Sumber : pexels.com/@Eman Genatilan).

Ilustrasi - Stres akibat belum mendapatkan pekerjaan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan ekonomi, tekanan sosial dan tekanan psikologis. (Sumber : pexels.com/@Eman Genatilan).

SUKABUMIUPDATE.com - Stres karena belum dapat pekerjaan adalah hal yang wajar dialami oleh sebagian orang. Stres ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tingginya persaingan di dunia kerja, ketidaksesuaian antara kualifikasi dan pekerjaan yang dilamar, atau kondisi ekonomi yang sedang sulit.

Stres akibat belum mendapatkan pekerjaan mungkin bisa dialami oleh siapa saja termasuk kamu sendir. Stres akibat belum mendapatkan pekerjaan dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang.

Berikut adalah 10 ciri orang stres karena belum dapat pekerjaan:

Baca Juga: 12 Alasan Dibalik Generasi Muda Sekarang Gampang Terkena Stres dan Depresi

1. Sering Merasa Cemas dan Khawatir

Cemas dan khawatir adalah salah satu gejala stres yang paling umum. Orang yang stres akibat belum mendapatkan pekerjaan akan sering merasa cemas dan khawatir tentang masa depan mereka.

Mereka mungkin khawatir tentang bagaimana mereka akan memenuhi kebutuhan hidup mereka, bagaimana akan membayar tagihan, dan bagaimana aka mendukung keluarga mereka.

2. Mudah Tersinggung dan Marah

Stres dapat membuat seseorang lebih mudah tersinggung dan marah. Orang yang stres akibat belum mendapatkan pekerjaan mungkin akan lebih mudah tersinggung oleh hal-hal kecil, dan mereka mungkin akan lebih mudah marah.

Hal ini dapat menyebabkan konflik dengan orang lain, baik di tempat kerja, di rumah, maupun di lingkungan sosial.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Stres Karena Masalah Hidupnya Sudah Terlalu Berat

3. Merasa Lelah dan Tidak Bersemangat

Stres dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental. Orang yang stres akibat belum mendapatkan pekerjaan mungkin akan merasa lelah sepanjang hari, dan mereka mungkin akan sulit untuk berkonsentrasi. Mereka mungkin juga merasa tidak bersemangat untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai.

4. Memiliki Gangguan Tidur

Stres dapat mengganggu tidur. Orang yang stres akibat belum mendapatkan pekerjaan mungkin akan sulit untuk tidur, atau mereka mungkin akan tidur berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan yang lebih parah, dan dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

5. Makan Berlebihan atau Kurang Makan

Stres dapat menyebabkan perubahan nafsu makan. Orang yang stres akibat belum mendapatkan pekerjaan mungkin akan makan berlebihan, atau mereka mungkin akan kurang makan. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan atau penurunan berat badan yang tidak sehat.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

6. Bisa Menyebabkan Masalah Kulit

Stres dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Hal ini terjadi karena stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih rentan terhadap infeksi.

7. Memiliki Masalah Pencernaan

Stres dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sakit perut, diare, dan sembelit. Hal ini terjadi karena stres dapat memperlambat kerja sistem pencernaan.

8. Merasa Putus Asa dan Kehilangan Harapan

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan seseorang merasa putus asa dan kehilangan harapan. Orang yang merasa putus asa mungkin akan berpikir bahwa mereka tidak akan pernah mendapatkan pekerjaan, dan mereka mungkin akan kehilangan motivasi untuk mencari pekerjaan.

Baca Juga: 7 Cara Berkelas dan Elegan Saat Menghadapi Orang-orang yang Sering Meremehkan

9. Menjadi Lebih Tertutup

Stres dapat membuat seseorang menjadi lebih tertutup dan menyendiri. Mereka mungkin akan menghindari interaksi dengan orang lain karena merasa tidak nyaman atau tidak ingin membagikan perasaan mereka.

10. Ketidakmampuan untuk Menikmati Kegiatan Lain

Kesulitan menikmati kegiatan lain di luar pencarian pekerjaan karena pikiran terus-menerus terfokus pada ketidakpastian pekerjaan. Hal ini biasanya terjadi karena mereka terlalu memikirkan masa depan karena belum mendapat pekerjaan.

Jika kamu mengalami salah satu atau beberapa ciri di atas, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres akibat belum mendapatkan pekerjaan:

  • Berbicaralah dengan orang yang kamu percayai
  • Cari dukungan dari teman atau keluarga
  • Lakukan aktivitas yang kamu sukai
  • Berlatih teknik relaksasi, seperti meditasi atau yoga
  • Dapatkan bantuan profesional dari psikolog atau terapis

Mencari pekerjaan memang membutuhkan waktu dan usaha. Namun, penting untuk tetap optimis dan tidak menyerah. Dengan upaya dan dukungan dari orang-orang di sekitar kamu, kamu pasti akan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)