Mengenal Kecemasan Situasional, Berikut Gejala hingga Cara Diagnosis

Rabu 29 November 2023, 11:27 WIB
Ilustrasi kecemasan situasional. | Foto: Freepik

Ilustrasi kecemasan situasional. | Foto: Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kecemasan situasional adalah suatu bentuk kecemasan yang terjadi sebagai respons terhadap situasi baru, asing, atau penuh tekanan. Perasaan itulah yang Anda rasakan sebelum memberikan presentasi penting di tempat kerja atau wawancara untuk pekerjaan baru. Jantung berdebar kencang, telapak tangan berkeringat, dan pernafasan menjadi pendek dan cepat.

Saat dihadapkan pada situasi di luar zona nyaman, respons alami tubuh akan muncul. Hal ini tidak ada bahaya nyata, namun hal itu tidak menghentikan tubuh untuk merespons dengan perasaan stres dan cemas. Namun, intensitasnya juga dapat bervariasi tergantung orang dan situasinya. Perasaan ini mungkin dapat dikendalikan bagi sebagian orang, namun lebih membebani bagi sebagian lainnya.

Kabar baiknya adalah ada cara untuk membuat kecemasan situasional lebih terkendali. Taktik semacam itu sering kali mencakup strategi menolong diri sendiri seperti bernapas dalam-dalam. Atau mungkin memerlukan pembicaraan dengan terapis tentang perawatan yang dapat membantu.

Baca Juga: 10 Solusi Alami untuk Kecemasan, Batasi Asupan Kafein Salah Satunya

Merasa sedikit stres atau cemas dalam menanggapi situasi yang tidak biasa adalah hal yang wajar. Saat menghadapi tantangan atau potensi ancaman, stres ini membantu mempersiapkan tubuh untuk merespons. Namun, jika terlalu banyak kecemasan juga dapat menimbulkan gejala menyusahkan yang akan membuat sulit fokus.

Akan tetapi, respons setiap orang berbeda-beda, dan gejala yang dialami mungkin berbeda-beda pula bergantung pada seberapa besar situasi tersebut memicu kecemasan. Menanggapi situasi tertentu, seseorang mungkin mengalami gejala berikut ini :

Diare
Kesulitan berkonsentrasi
Pusing
Mulut kering
Sakit kepala ringan
Peningkatan detak jantung dan pernapasan cepat
Sifat lekas marah
Ketegangan otot
Mual
Gugup
Gelisah atau gemetar
Berkeringat

Situasi seperti itu terkadang juga dapat memicu serangan panik, yaitu suatu episode kecemasan atau ketakutan yang intens. Untuk mencegah gejala-gejala ini, terkadang orang mulai menghindari situasi yang mereka tahu akan memicu respons kecemasan.

Cara Diagnosis

Kecemasan situasional tidak diakui sebagai kondisi yang berbeda dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5), panduan klinis yang digunakan dokter untuk mendiagnosis kondisi kesehatan mental.

Namun, jika gejala memenuhi kriteria tertentu, termasuk menyusahkan dan mengganggu kehidupan sehari-hari, gejala tersebut mungkin memenuhi kriteria jenis gangguan kecemasan yang dikenal sebagai fobia spesifik. Fobia spesifik melibatkan ketakutan yang tidak rasional dan intens terhadap situasi atau objek tertentu.

Jika Anda merasa mengalami kecemasan situasional, bicarakan dengan dokter. Mereka akan dapat menilai gejala dan menentukan apakah gejala tersebut berhubungan dengan kecemasan situasional atau tanda kondisi kesehatan mental lainnya, seperti fobia atau jenis gangguan kecemasan lainnya.

Dokter juga akan menanyakan pertanyaan tentang sifat, durasi, dan tingkat keparahan gejala kecemasan. Anda mungkin juga akan menjalani pemeriksaan fisik dan pengambilan darah untuk menjalankan tes laboratorium yang dapat membantu menyingkirkan kondisi medis tertentu yang mungkin menyebabkan atau berkontribusi terhadap gejala kecemasan Anda.

Sumber: Very Well Mind

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 Mei 2024, 07:05 WIB

Ibu Muda di Sukabumi Ini Sudah Sepekan Hilang, Terakhir Bilang ke Suami Mau Tukar Cincin

Berikut kronologi hilangnya Listiani, ibu muda asal Kabandungan Sukabumi yang dilaporkan sudah sepekan hilang.
Foto Listiani, ibu muda asal Kabandungan Sukabumi yang dilaporkan hilang. (Sumber : Istimewa)
Life23 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Rutinitas Sehat Pagi Hari yang Biasa Dilakukan Orang Sukses

Dengan mengadopsi beberapa atau semua kebiasaan baik di pagi hari ini, Anda bisa memulai hari dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan fondasi yang kuat untuk mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Pagi, Bisa Menurunkan Berat Badan (Sumber : Freepik)
Sehat23 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol, Langkahnya Simpel!

Jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Ilustrasi. Cara Membuat Infused Water Jeruk untuk Mengobati Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science23 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Mei 2024, Sukabumi Pagi Berawan dan Hujan Siang Hari

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 23 Mei 2024. (Sumber : Freepik/wirestock)
Sukabumi22 Mei 2024, 22:29 WIB

Mantan Ketua RT di Surade Sukabumi Tewas Saat Mengembala Kambing

Tergeletak di tengah pematang sawah, mantan ketua RT di Surade Sukabumi ditemukan tewas saat mengembala kambing.
Warga dan petugas kepolisian saat akan mengevakuasi jasad mantan ketua RT di Surade Sukabumi yang ditemukan tewas di pematang sawah saat menggembala kambing. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi22 Mei 2024, 21:31 WIB

Rawan Kecelakaan, Warga Keluhkan PJU Mati di Jalan Sukawayana Sukabumi

Padamnya sejumlah PJU di jalan Sukawayana Cikakak Sukabumi atau jalan utama Palabuhanratu-Cisolok dikeluhkan warga.
Ruas jalan nasional Palabuhanratu-Cisolok di Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi gelap gulita akibat matinya lampu PJU. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel22 Mei 2024, 21:00 WIB

6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

Yuk Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. Hindari!
Ilustrasi - Penderita asam urat. Ketahui Apa Saja Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi22 Mei 2024, 20:36 WIB

Ojol Diteriaki Culik di Sukaraja Sukabumi, Polisi Sebut Hanya Keliling dengan Anak-anak

Melihat warga lain kurang kondusif, Dendra berinisiatif melapor ke polisi.
MRA (25 tahun) saat akan diamankan oleh polisi. MRA adalah driver ojol yang diteriaki penculik di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (22/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi22 Mei 2024, 20:10 WIB

Diduga Korban Tabrak Lari, Pemotor Ditemukan Terkapar di Selokan Cisaat Sukabumi

Saat ini kasus dugaan tabrak lari ini ditangani oleh pihak kepolisian. Pemotor yang ditemukan terkapar di selokan Cisaat Sukabumi sudah diketahui identitasnya.
Tempat kejadian perkara di Jalan Nasional III, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life22 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah

Mengonsumsi makanan besar atau tinggi karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan. Aktivitas yang tergolong berat ini bisa diikuti oleh penurunan gula darah mendadak yang mengganggu tidur.
Ilustrasi. Makan Terlalu Banyak. Aktivitas Berat di Malam Hari yang Sebaiknya Dihindari Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/n-voitkevich)