9 Tips Mendampingi Pasangan dengan Gangguan Depresi, Yuk Simak

Jumat 24 November 2023, 22:54 WIB
Ilustrasi 9 Tips mendampingi pasangan dengan gangguan depresi. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi 9 Tips mendampingi pasangan dengan gangguan depresi. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Jika menjalin hubungan dengan seseorang yang mengalami depresi, kemungkinan besar Anda sedang bergumul dengan emosi yang campur aduk dan banyak pertanyaan. Misalnya, Anda mungkin bertanya-tanya:

● Seperti apa rasanya depresi pada pasangan saya?
● Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu dan mendukung mereka?
● Bagaimana saya bisa menjaga diri saya sendiri?
● Akankah gejalanya berdampak pada hubungan kita dan, jika ya, bagaimana kita bisa mengatasi masalah bersama-sama?

Semua pertanyaan ini normal dan dapat dimengerti jika ingin mendukung orang yang Anda cintai dengan kemampuan terbaik.

Meskipun pertanyaannya valid, penting juga untuk dipahami bahwa pengalaman setiap orang dengan depresi adalah unik, jadi berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu orang yang Anda cintai dan diri Anda sendiri :

1. Pelajari Lebih Lanjut Tentang Depresi
Anda dapat mendukung orang yang dicintai dengan mempelajari segala hal tentang depresi termasuk penyebab, gejala, dan pengobatannya. Tanyakan kepada dokter pasangan Anda beberapa sumber yang memberikan fakta tentang depresi, atau lakukan pencarian sendiri.

2. Pahami Arti Depresi Sebenarnya
Ada banyak mitos tentang depresi. Misalnya, depresi bukan sekadar akibat kemalasan atau kelemahan. Rasa sakit pasangan Anda mungkin tidak "hanya ada di kepalanya". Karena depresi tidak memerlukan alasan. Jika Anda tidak terbiasa dengan depresi, tentang prasangka, gagasan, dan stigma dengan mendidik diri sendiri.

Baca Juga: 12 Tips Mudah Atasi Depresi Karena Putus Cinta, Yuk Simak

Sangat penting untuk memvalidasi perasaan dan pengalaman pasangan mengenai penyakit yang sangat nyata dan berdasarkan biologis ini. Bunuh diri juga merupakan risiko depresi yang sangat nyata, jadi penting untuk menjaga lingkungan orang yang Anda cintai tetap aman seperti menghilangkan alkohol, obat-obatan, atau senjata dan menanggapinya dengan serius jika orang yang Anda cintai merasa ingin bunuh diri.

3. Praktekkan Perawatan Diri
Mengatasi depresi orang lain bisa sangat menegangkan. Tidak apa-apa jika Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri. Perawatan diri bukanlah sesuatu yang egois. Faktanya, Anda berdua akan lebih baik jika meluangkan waktu untuk menjaga pikiran, tubuh, dan jiwa dengan kebiasaan seperti:

● Makan makanan yang sehat
● Berolahraga
● Tidur yang cukup
● Berpartisipasi dalam hobi dan aktivitas yang Anda sukai
● Berdoa atau bermeditasi
● Mempraktikkan strategi relaksasi
● Menghabiskan waktu di alam
● Tetap terhubung secara sosial

Merawat diri sendiri mungkin juga berarti mengetahui kapan saatnya mengucapkan selamat tinggal. Tentu saja, keputusan ini harus dipertimbangkan dengan hati-hati (dan idealnya, didiskusikan dengan ahli kesehatan mental). Namun jika kesejahteraan atau keselamatan emosional atau fisik Anda atau anak-anak terancam, Anda mungkin perlu meninggalkannya.

4. Carilah Terapi
Ketika seseorang yang disayangi mengalami depresi, wajar saja jika mereka merasa frustasi, marah, dan kesal. Namun, sangat penting untuk tidak membiarkan perasaan ini memburuk dan berkembang. Terapis, konselor, dan kelompok dukungan tidak hanya diperuntukkan bagi penderita depresi saja. Akan tetapi, mencari bantuan profesional untuk diri sendiri dapat membantu kamu merasa didukung, melampiaskan rasa frustasi, dan membuat Anda lebih sadar akan kebutuhan emosional diri sendiri. Terapi juga dapat memberikan jawaban atas pertanyaan apa pun yang dimiliki tentang cara mengatasi depresi orang yang dicintai.

5. Selalu Berada diSisinya
Salah satu hal terpenting yang dapat lakukan untuk seseorang yang mengalami depresi adalah berada di sisinya dan mengungkapkan dukungan secara verbal. Seperti pegang erat-erat atau dengarkan saja saat mereka mengungkapkan perasaannya.

Jangan lupa untuk menawarkan membantu mereka seperti membuat janji atau melakukan beberapa pekerjaan sehari-hari yang sulit mereka lakukan. Biarkan mereka tahu bahwa Anda ada untuk mereka dengan cara apa pun yang mereka butuhkan saat mereka menjalani pemulihan.

6. Jangan Ambil Depresi Pasangan Anda Secara Pribadi
Depresi dapat membuat orang berperilaku tidak normal saat mereka merasa sehat. Mereka mungkin menjadi marah, mudah tersinggung, atau menarik diri. Mereka mungkin tidak tertarik untuk pergi keluar atau melakukan sesuatu bersama Anda seperti dulu.
Hal-hal ini bukan bersifat pribadi, dan bukan berarti pasangan Anda tidak lagi memedulikan atau memikirkan Anda. Itu adalah gejala penyakit yang memerlukan pengobatan.

7. Membantu Pekerjaan Rumah
Sama seperti ketika seseorang menderita penyakit lain, mereka mungkin merasa tidak cukup sehat untuk membayar tagihan atau membersihkan rumah. Dan. sama seperti penyakit lainnya, Anda mungkin harus mengambil alih beberapa tugas sehari-hari mereka untuk sementara sampai mereka merasa cukup sehat untuk melakukannya lagi.

8. Dorong Pasangan Anda untuk Mencari Pengobatan
Perawatan sangat penting untuk pemulihan dari depresi. Anda dapat membantu orang yang disayangi dengan membantu mereka tetap minum obat dan mengingat janji temu. Selain itu, Anda juga dapat membantu mereka dengan meyakinkan mereka bahwa meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan atau sesuatu yang memalukan.

9. Tawarkan Harapan
Tawarkan harapan pada pasangan Anda dengan mengingatkannya tentang alasannya untuk tetap hidup, apapun alasannya. Seperti anak-anak mereka, hewan kesayangan yang membutuhkan mereka, atau keyakinan mereka. Alasan-alasan ini, yang unik bagi setiap individu, dapat membantu mereka bertahan lebih lama hingga rasa sakitnya mereda.

Sumber: webmd

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official
Life05 Mei 2024, 10:00 WIB

Gangguan Tidur! 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang.
Ilustrasi - Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang. (Sumber : pexels.com/@Pixabay)
Life05 Mei 2024, 09:59 WIB

Simak 6 Cara Kerja Disiplin Lembut Berikut yang Dapat Menekankan Keselamatan Anak

Disiplin berfungsi sebagai kesempatan bagi seorang anak untuk belajar.
Ilustrasi disiplin lembut | Sumber Foto : pexela.com/@Elina Fairytale
Jawa Barat05 Mei 2024, 09:43 WIB

KOPPURI Canangkan Dana Abadi Komunitas Bersama LW Doa Bangsa

Program Dana Abadi berbasis Wakaf dan PMKH, kembali disosialisasikan oleh LW Doa Bangsa kepada KOPPURI di Gunung Puntang.
Koperasi Konsumen Pedagang Puntang Lestari (KOPPURI) canangkan dana abadi komunitas bersama Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Mei 2024, 09:00 WIB

9 Rekomendasi Sarapan Terbaik Bagi Penderita Asam Lambung (GERD)

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD).
Ilustrasi Crepes - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD). (Sumber : pexels.com/@ The Castlebar).
Sehat05 Mei 2024, 08:00 WIB

Picu Serangan, 4 Bahaya Terlalu Banyak Makan Purin untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat memiliki metabolisme yang tidak efisien dalam mengurai purin.
Ilustrasi - Serangan Asam Urat di Rumah Adalah Salah Satu Bahaya Makan Purin Berlebihan (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel05 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jawer Kotok untuk Mengobati Diabetes, 7 Langkah Simpel!

Daun Jawer Kotok memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pahit namun bisa diolah sebagai air rebusan untuk mengobati diabetes secara alami.
Ilustrasi. Daun Jawer Kotok, Bahan Air Rebusan untuk Mengobati Diabetes Secara Alami. Foto: Instagram/@gerbanghijau