4 Tips Membantu Anak Remaja Melewati Stres, Yuk Bunda Terapkan

Minggu 19 November 2023, 19:19 WIB
Ilustrasi 4 Tips Membantu Anak Remaja Melewati Stres. (Sumber : pexels.com / @shvetsproduction)

Ilustrasi 4 Tips Membantu Anak Remaja Melewati Stres. (Sumber : pexels.com / @shvetsproduction)

SUKABUMIUPDATE.com - Stres pada anak remaja merupkan hal yang tidak asing, dan hal ini dapat terjadi kapanpun akibat tekanan dari lingkungan maupun di rumah.

Ketika Anda dan anak remaja rukun atau sedang menghadapi tantangan, maka penting untuk menunjukkan bahwa rasa cinta serta kasih sayang, mendukung mereka, sehingga mengingatkan diri sendiri betapa Anda saling mencintai satu sama lain. Berikut beberapa tip untuk membantu anak melewati masa-masa sulit ketika mengalami stres :

1. Dorong Anak Remaja Anda untuk Mengungkapkan Perasaannya, antara lain dengan cara :

● Temukan cara untuk menghubungi anak remaja Anda : Tanyakan kepadanya bagaimana hari mereka dan apa saja yang dilakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak mereka untuk bergabung bersama Anda dalam suatu tugas, seperti memasak makan malam, sehingga Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk mengobrol tentang kesehariannya.
● Ingatkan Sang Anak Bahwa Anda Ada Untuknya : Apapun yang terjadi, bahwa Anda ingin mendengar perasaan dan pemikirannya.
● Penting Untuk Mengenali dan Memahami Emosi yang Mereka Alami : Meskipun terasa tidak nyaman. Misalnya, Anda dapat menjawab “Saya mengerti” atau “kedengarannya seperti situasi yang sulit” atau “masuk akal” ketika mereka berbagi cerita tentang apa yang telah terjadi atau dirasakannya.
● Perhatikan Hal Yang Tidak Disukai : Cobalah untuk memperhatikan dan memuji mereka atas sesuatu yang mereka lakukan dengan baik bahkan sesuatu yang sangat sederhana.

2. Luangkan Waktu Untuk Mendukung Anak

Orang tua dapat melakukan hal-hal berikut:
● Bekerjasamalah dalam menetapkan rutinitas baru dan menetapkan tujuan harian yang dapat dicapai karena keadaan dapat berubah seiring dengan perubahan konteks.
● Masa remaja berarti kemandirian, maka dari itu, cobalah memberi anak waktu dan ruang yang tepat untuk menyendiri dan mengambil lebih banyak tanggung jawab. Membutuhkan ruang adalah bagian normal dari pertumbuhan.
● Temukan beberapa cara supaya dapat mendukung dan mendorong anak untuk beristirahat dari tugas sekolah, pekerjaan rumah, atau aktivitas lain yang mungkin mereka lakukan, atau untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai dan menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Jika anak remaja merasa frustasi, bekerjalah bersama mereka untuk bertukar pikiran tentang beberapa solusi terhadap masalahnya. Cobalah untuk tidak mengambil alih dan memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan.

Baca Juga: Anak Stres Akibat Psikologis Bermasalah? Bunda Perhatikan 15 Ciri Ini!

3. Atasi konflik Dengan Anak

Supaya terhindar dari konflik dengan anak, orang tua dapat melakukan hal-hal berikut ini :
● Dengarkan pandangan anak dan cobalah menyelesaikan masalah dengan tenang. Karena, dengan memiliki masalah semua orang bisa stres, terutama anak remaja.
● Jangan pernah membicarakan suatu masalah ketika sedang marah. Maka dari itu ada baiknya menjauh, tarik napas, dan tenangkan diri. Setelah itu, Anda dapat membicarakannya dengan anak remaja ketika situasinya sudah tenang.
● Hindari perebutan kekuasaan. Bagaimanapun sulitnya dunia saat ini, akan tetapi berempatilah dengan keinginan anak remaja Anda untuk mengambil kendali di saat-saat yang menakutkan, daripada mencoba melawan atau mengalahkannya.
● Bersikap jujur ​​dan transparan kepada anak remaja, dengan memberitahu mereka bahwa Anda juga mengalami stres ekstra dan bagaimana Anda merasa tersesat, tidak yakin, atau takut. Dan memberi contoh bagaimana Anda menghadapi perasaan sulit, hal ini dapat membantu mereka mengetahui bahwa perasaan mereka baik-baik saja.
● Jika terjadi konflik, luangkan waktu untuk merenungkan bagaimana Anda dan anak remaja Anda dapat menyelesaikan konflik tersebut. Anda dapat mendiskusikan refleksi ini dengan anak remaja Anda, sehingga mereka dapat melihat bagaimana Anda memproses ide.

4. Luangkan Waktu Untuk Merawat Diri Sendiri

Banyak hal yang harus ditangani oleh orang tua atau pengasuh. Anda juga membutuhkan perhatian dan dukungan untuk diri sendiri. Seperti perawatan diri juga merupakan cara yang baik untuk memberikan contoh perawatan diri kepada anak remaja Anda.

Sumber : UNICEF

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Life05 Mei 2024, 18:30 WIB

Konsistensi Adalah Kuncinya, 5 Teknik dan Ide Disiplin Anak yang Bisa Bunda Terapkan

Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif.
Ilustrasi - Ada berbagai teknik disiplin tentang yang bisa Anda terapkan pada anak yang dimana hal ini dapat berdampak positif. (Sumber : pexels.com/@PNW Production).
Life05 Mei 2024, 18:00 WIB

Amalan dan Doa yang Dianjurkan Sebelum Menunaikan Ibadah Haji, Jemaah Harus Tahu!

Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci.
Ilustrasi - Ada beberapa amalan dan doa yang dianjurkan dikerjakan oleh jemaah haji sebelum berangkat ke tanah suci. | (Sumber : kemenag.go.id)