10 Cara Menerapkan Work Life Balance, Yuk Lakukan Agar Lebih Bahagia

Kamis 12 Oktober 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi. 10 Cara Menerapkan Work Life Balance, Yuk Lakukan Agar Lebih Bahagia (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. 10 Cara Menerapkan Work Life Balance, Yuk Lakukan Agar Lebih Bahagia (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com -Work life balance merupakan konsep yang mengacu pada keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi seseorang.

Hal ini mencakup upaya untuk menjaga agar pekerjaan tidak mengambil alih seluruh hidup seseorang sehingga masih ada waktu, energi, dan perhatian yang cukup untuk kehidupan di luar pekerjaan, seperti keluarga, kesehatan, rekreasi, dan hobi.

Work life balance menekankan pada kesejahteraan fisik, emosional, dan psikologis seseorang. Jika seseorang terlalu terfokus pada pekerjaan dan tidak memiliki cukup waktu untuk bersantai atau berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman, ini dapat mengarah pada stres, kelelahan, dan masalah kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga: Mengenal Prinsip Work Life Balance, Penting Bagi Pekerja

Sebaliknya, jika seseorang tidak cukup berkomitmen terhadap pekerjaan mereka, ini juga dapat berdampak pada karir mereka.

Lalu bagaimana cara menerapkan work life balance dalam kehidupan sehari-hari agar lebih bahagia? Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan work life balance.

1. Atur Prioritas

Identifikasi apa yang paling penting dalam hidup Anda termasuk keluarga, kesehatan, hobi, atau waktu pribadi. Ketika Anda mengetahui prioritas Anda, Anda dapat mengatur jadwal dan keputusan Anda berdasarkan hal-hal tersebut.

2. Tetapkan Batasan

Menerapkan work life balance bisa dengan menetapkan batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi. Cobalah untuk tidak membawa pekerjaan ke rumah atau mengganggu waktu bersantai Anda dengan pekerjaan.

Baca Juga: 9 Tanda Quarter Life Crisis, Merasa Cemas Akan Masa Depan

3. Atur Jadwal yang Seimbang

Cobalah untuk mengatur jadwal kerja yang seimbang, yang memungkinkan Anda untuk memiliki cukup waktu untuk keluarga, teman-teman, hobi, dan rekreasi. Ini mungkin melibatkan membagi waktu Anda dengan bijak antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

4. Manfaatkan Cuti dan Hari Libur

Manfaatkan cuti reguler dan manfaatkan hari libur untuk merenung, bersantai, dan melakukan aktivitas yang Anda nikmati di luar pekerjaan juga bisa menjadi salah satu cara menerapkan work life balance.

5. Pahami Tantangan Tertentu

Jika pekerjaan Anda membutuhkan lebih banyak waktu atau fleksibilitas, bicarakan dengan atasan Anda atau cari cara untuk mengatasi tantangan tersebut. Ini mungkin melibatkan negosiasi mengenai jam kerja atau tugas.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Pura-pura Bahagia Demi Menutupi Masalah

6. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja. Terkadang, teknologi dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih efisien, sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk kehidupan pribadi.

7. Berbicara dengan Keluarga dan Teman

Jalin komunikasi yang baik dengan keluarga dan teman-teman Anda. Mereka mungkin dapat memberikan dukungan dan pemahaman dalam usaha Anda mencapai work life balance.

8. Pentingnya Waktu untuk Diri Sendiri

Ingatlah untuk menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Ini dapat mencakup meditasi, olahraga, atau kegiatan lain yang membantu Anda merilekskan diri dan merenung.

Baca Juga: 8 Ciri-ciri Anak yang Tidak Bahagia Karena Terlalu Sering Dimarahi

9. Belajar Kata "Tidak"

Terkadang, Anda harus mengatakan "tidak" terhadap tawaran atau permintaan yang dapat mengganggu work life balance Anda.

10. Evaluasi dan Sesuaikan

Lakukan evaluasi berkala terhadap work life balance Anda. Jika Anda merasa terlalu terbebani oleh pekerjaan atau hidup pribadi, pertimbangkan untuk membuat perubahan dalam rutinitas atau prioritas Anda.

Ingatlah bahwa work life balance adalah upaya yang berkelanjutan, dan pendekatan yang efektif dapat bervariasi dari individu ke individu. Yang terpenting adalah menjaga kesadaran terhadap keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda serta berkomitmen untuk mencapainya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Fashion20 Mei 2024, 20:00 WIB

Cantik dan Menutup Aurat, 10 Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers

Dengan mengikuti standar fashion kekinian, hijabers dapat tampil modis, nyaman, menutup aurat dan tetap cantik sesuai dengan nilai-nilai kesopanan yang dipegang.
Ilustrasi. Cantik dan Menutup Aurat, Standar Fashion Kekinian yang Cocok untuk Hijabers (Sumber : Pexels.com/BaTik)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 19:45 WIB

Daftar ke PPP, Deden Deni Berpeluang Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin secara resmi mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) untuk maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2024).
Deden Deni Wahyudin (Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi mendaftar calon bupati / wakil bupati di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin